Semalam, tepatnya 8 Juni 2022 jam 22:30 KST atau 20:30 WIB, Insider menjadi drama comeback Kang Ha Neul di tahun ini. Drama tersebut sukses menampilkan transformasi Kang Ha Neul dari anak magang peradilan menjadi narapidana berbahaya, lengkap dengan rambut cepak. 

Insider mengisahkan balas dendam karakter Kang Ha Neul atas ketidakadilan saat melakukan aksi penyamaran di penjara. Sebuah situasi tidak terduga mempertemukan karakter Kang Ha Neul dengan orang-orang yang haus kekuasaan. 

Ancaman dan provokasi meningkat, karakter Kang Ha Neul berupaya mencari cara untuk menjatuhkan mereka. Siapakah yang berniat jahat dengan karakter Kang Ha Neul? Misi apa yang diemban karakter Kang Ha Neul di Insider? Penasaran, kan. Intip ulasannya di bawah ini. 

1. Kang Ha Neul memainkan kepribadian 'ganda'

7 Fakta Drama Korea 'Insider', Kang Ha Neul Bersiap Balas DendamHancinema.net

Di dunia seni peran, Kang Ha Neul dikenal sebagai aktor yang berani keluar dari zona nyaman dengan memainkan puluhan karakter berbeda. Kali ini, sang aktor membuat penonton takjub lewat kepribadian bertolak belakang yang ia mainkan di Insider.

"Rasanya seperti sedang membaca skenario. Ini adalah kisah yang membuat saya mengantisipasi ending-nya. Saya juga penasaran dengan sutradara Min Yeon Hong, yang dikatakan memimpin set dengan menyenangkan dan lancar. Saya sangat senang bisa merasakan hal ini di lokasi syuting," tutur Kang Ha Neul saat wawancara dengan Osen.  

Kang Ha Neul memerankan karakter bernama Kim Yo Han. Ia memiliki sikap dan sifat yang saling bertolak belakang. Satu sisi, Kim Yo Han adalah anak magang yang teliti dan rapi. Namun di sisi berbeda, Kim Yo Han juga seorang narapidana berbahaya dengan ekspresi yang sulit ditebak alias poker face. 

2. Sutradara memercayai akting Kang Ha Neul

7 Fakta Drama Korea 'Insider', Kang Ha Neul Bersiap Balas DendamHancinema.net

Terpilihnya Kang Ha Neul sebagai sosok sentral di drama ini bukan tanpa alasan. Min Yeon Hong, sutradara Insider secara khusus mengungkapkan bahwa ia memang menginginkan Kang Ha Neul sejak awal. Sebabnya, hanya Kang Ha Neul yang bisa melakukan 'keadilan' untuk Insider.

"Saya sangat percaya kepada Kang Ha Neul. Ini merupakan karya yang tidak akan pernah ada tanpa dia, karena setiap aksinya dipenuhi dengan keterampilan dan semangat yang tidak tertandingi," ungkap sang sutradara. 

Selain itu, Min Yeon Hong menuturkan bahwa Kang Ha Neul dan Kim Yo Han adalah satu kesatuan yang sulit dipisahkan, karena sang aktor banyak memikirkan bagaimana ia bisa selaras dengan karakter tersebut. 

3. Pertempuran Heo Sung Tae dan Kang Ha Neul

7 Fakta Drama Korea 'Insider', Kang Ha Neul Bersiap Balas DendamHancinema.net

Sukses dengan peran antagonis di Squid Game, Heo Sung Tae kembali memainkan citra seorang penjahat di drama Insider. Ia berperan sebagai Yoo Byung Wook, seorang jaksa korup yang terlibat dalam aksi penipuan dan menutupi kejahatan para pengusaha dengan uang.

Sebagai imbalan, ia menerima bagian dari setiap aksi kejahatan yang dilakukan. Sebelum menjadi jaksa korup, Yoo Byung Wook mempunyai reputasi baik sebagai pelamar termuda yang lulus ujian pengacara. 

Keuntungan ini membuat Byung Wook sukses di tahap awal kariernya. Namun, aksi jahat terhalang oleh sosok anak magang bernama Kim Yo Han. Demi mencegah hal yang tidak diinginkan, Byung Wook menjalankan misi untuk menyingkirkan Kim Yo Han. 

4. Digarap layaknya film layar lebar

7 Fakta Drama Korea 'Insider', Kang Ha Neul Bersiap Balas DendamHancinema.net

Bagaimana hasilnya jika sebuah drama digarap dengan skala film layar lebar? Mungkin, hanya sutradara Min Yeon Hong yang bisa menjawab. Tim produksi menggarap Insider dengan skala film layar lebar dan memperhatikan detail pada set penjara, yang menjadi lokasi utama dari drama tersebut. 

"Saya mengumpulkan banyak gambar dari imajinasi saya, karena ada banyak ruang di penjara yang tidak ada dalam kenyataan, berbeda dari penjara yang selama ini kita lihat hingga saat ini. Lantaran, ini bukan hal yang sering digambarkan dalam drama, maka semua staf sepakat bahwa Insider seperti sebuah film," tutur Min Yeon Hong. 

Sang sutradara juga memuji chemistry yang terjalin antar aktor-aktris di lokasi syuting. Beberapa ide hebat dibagikan dan digunakan dalam alur cerita. Kedekatan para pemeran membuat pendalaman karakter terasa sempurna dan luar biasa. 

5. Melibatkan perang otak dan psikologis tingkat tinggi

7 Fakta Drama Korea 'Insider', Kang Ha Neul Bersiap Balas DendamHancinema.net

Drama Insider menggabungkan genre cukup berat, yaitu aksi, kriminal, dan thriller. Kim Yo Han, seorang anak magang di peradilan yang menyusup ke dunia perjudian sebagai 'Orang Dalam' demi menyingkap dalang dari jaksa korup. 

Instruksi penyamaran ini, Kim Yo Han terima dari proposal rahasia atasan. Kehidupannya pun berubah drastis saat ia masuk ke dalam penjara. Ia bertemu Soo Yeon, Yoon Byung Wook, dan Jang Sung Oh yang membuat misi 'damai' menjadi permainan penuh taktik. 

Latar belakang penjara dan mengungkap sisi buruk manusia yang serakah menjadi elemen tambahan menarik buat ditonton. Apalagi, perjuangan Kim Yo Han di jeruji besi melibatkan perang otak dan psikologis tingkat tinggi. 

6. Didukung dengan pemeran berkualitas

7 Fakta Drama Korea 'Insider', Kang Ha Neul Bersiap Balas DendamHancinema.net

Bergabung bersama Kang Ha Neul dan Heo Sung Tae, ada Lee Yoo Young, Kang Young Seok, hingga Kim Sang Ho yang turut meramaikan drama Ini. Lee Yoo Young berperan sebagai Oh Soo Yeon, sosok pengusaha perempuan yang berpengaruh di dunia bisnis lewat koneksi dan uang. 

Saat menyadari aspek luar biasa Kim Yo Han, Soo Yeon tertarik untuk memanfaatkan Kim Yo Han demi mencapai tujuannya. Jaksa Mok Jin Hyung diperankan oleh Kim Sang Ho, ia merupakan atasan dari Kim Yo Han, yang menugaskannya melakukan aksi penyamaran. Terakhir, Kang Young Seok memainkan karakter Jang Sun Oh. 

7. Menguak sisi gelap penjara

7 Fakta Drama Korea 'Insider', Kang Ha Neul Bersiap Balas DendamHancinema.net

Saat drama berlatar tempat di dalam penjara, maka sebagian besar transaksi ilegal dan korupsi terjadi. Fenomena ini yang dilihat Min Yeong Hong sebagai sebuah kesempatan emas untuk memperlihatkannya kepada publik. 

"Insider adalah drama bergenre kompleks, karena menyentuh balas dendam, persahabatan, pengkhianatan, mimpi, hingga keadilan. Saya berharap drama ini bisa membuat penonton menikmatinya sepanjang 16 episode ," ungkap sang sutradara. 

Itulah serba-serbi drama Korea, Insider yang dibintangi Kang Ha Neul. Sudah menonton episode perdananya, Bela?

https://www.youtube.com/embed/HpOicLnE33o

Baca Juga: 'D.P.' is Back! Netflix Mengumumkan Daftar Pemeran Season 2

Baca Juga: Baru Tayang, Drama Korea 'Eve' Sudah Menerima Kritikan Publik

Baca Juga: 7 Penjara Paling Aneh di Dunia, Ada yang Bisa Ajak Keluarga Juga!