Dibintangi oleh Lee Jung Jae dan Park Hae Soo, drama Korea Squid Game masih menjadi bahan pembicaraan warganet. Bukan hanya alur ceritanya yang mencekam, tetapi juga kualitas akting dari salah satu pemerannya, yakni Wi Ha Joon. 

Berperan sebagai mata-mata dalam drama Korea Squid Game, warganet dibuat terpana dengan ketampanan dari Wi Ha Joon. Bahkan, warganet Indonesia menjuluki aktor muda yang tengah viral ini dengan sebutan 'Mas Wi'. Padahal, wajahnya saja tampak hanya sedikit-sedikit di serial ini. 

Lantas, seperti apa latar belakang Wi Ha Joon di dunia hiburan Korea Selatan? Pesona apa yang dimiliki Wi Ha Joon hingga menyihir kaum perempuan lewat aktingnya di drama Korea Squid Game?

Buat kamu yang penasaran dengan Wi Ha Joon, bintang Squid Game yang lagi viral ini, intip fakta menariknya di sini, ya

1. Memulai debut akting sejak 2012

10 Fakta Wi Ha Joon, Bintang 'Squid Game' yang Tengah ViralInstagram.com/wi__wi__wi

Aktor kelahiran 1991 ini pertama kali terjun ke dunia seni peran lewat sebuah film pendek pada 2012 berjudul Peace in Them. Sama seperti aktor pemula pada umumnya, Wi Ha Joon memulai aktingnya sebagai pemeran pendukung saat berusia 24 tahun. 

Sejak saat itu, berbagai peran, Wi Ha Joon ambil. Beberapa film telah dibintangi oleh pemilik golongan darah B ini. Mulai dari Bad Guys Always Die (2015), Coin Locker Girl (2015), Eclipse (2016), Goodbye Mr Black (2016), The Chase (2017), Anarchist from Colony, (2017), Gonjiam: Haunted Asylum (2018), hingga Midnight (2021)

2. Melejit lewat perannya di film horor

10 Fakta Wi Ha Joon, Bintang 'Squid Game' yang Tengah ViralEn.yna.co.kr

Meski telah debut akting sejak lama, tapi nama Wi Ha Joon baru dikenal publik sejak membintangi film bergenre horor, Gonjiam: Haunted Asylum pada 2018. Dalam film tersebut, Wi Ha Joon berperan sebagai seorang YouTuber bernama Han Joon. 

Han Joon yang memiliki kanal horor, merasa tertantang untuk ikut masuk ke dalam rumah sakit. Bersama timnya, kanal horor Han Joon melakukan siaran langsung di rumah sakit yang terkenal dengan kisah mistisnya tersebut. 

3. Memiliki senyum manis nan memikat

10 Fakta Wi Ha Joon, Bintang 'Squid Game' yang Tengah ViralInstagram.com/wi___wi___wi

Saat berakting di film Gonjiam: Haunted Asylum, ketampanan Wi Ha Joon sudah mencuri perhatian warganet, meski belum setenar saat ini. Gaya rambut berponi disertai senyum manisnya yang khas, menjadi salah satu ciri khas dan pesona Wi Ha Joon.. 

4. Sering beradu akting dengan aktor ternama lain

10 Fakta Wi Ha Joon, Bintang 'Squid Game' yang Tengah ViralSoompi.com

Satu agensi dengan Son Ye Jin di MSTeam Entertainment, tak mengherankan jika Wi Ha Joon kerap beradu akting dengan para aktor ternama lainnya seperti Lee Jong Suk, Jung Hae In, Hwang In Yeop, Lee Sung Kyung, hingga Lee Je Hoon.

Wi Ha Joon berperan dalam drama Korea bergenre romantis berjudul Something in the Rain (2018) yang dibintangi oleh Jung Hae In dan Son Ye Jin. Lalu, ia beradu akting dengan Lee Sung Kyung dan Choi Sooyoung di film komedi, Miss & Mrs. Cops (2019). Sementara dengan Lee Je Hoon, Wi Ha Joon dipertemukan dalam film kolosal berjudul Anarchist from Colony (2017). 

5. Aktif berakting

10 Fakta Wi Ha Joon, Bintang 'Squid Game' yang Tengah ViralKoreaboo.com

Sejak debut, Wi Ha Joon telah membintangi kurang lebih sembilan judul film dan sembilan judul drama. Menariknya, hampir sebagian film yang ia bintangi tayang bersamaan di tahun yang sama dengan peran yang berbeda, yakni Bad Guys Always Die dan Coin Locker Girl di tahun 2015. Selang dua tahun kemudian, Wi Ha Joon kembali tampil di The Chase dan Anarchist from Colony. 

Bahkan, saat membintangi drama Korea Squid Game, ia juga berperan sebagai Do Shik di film terbaru berjudul Midnight bersama Jan Ki Joo. Film Midnight (2021) berkisah tentang hubungan seorang pembunuh dengan perempuan tunarungu.

6. Pernah masuk nominasi Baeksang Art Awards

10 Fakta Wi Ha Joon, Bintang 'Squid Game' yang Tengah ViralPinterest.com

Berawal dari peran kecil hingga berhasil menyabet peran utama membuktikan jika kemampuan Wi Ha Joon dalam berakting memang berkualitas. Bahkan, ia pernah masuk nominasi Best New Actor di acara Baeksang Art Awards 2019

Ia terpilih masuk nominasi karena kepiawaiannya dalam memainkan karakter Ji Seo Joon di drama Korea Romance is a Bonus Book. Di drama tersebut, ia beradu akting dengan Lee Jong Suk dan Lee Na Young. 

7. Spesialisasi drama Korea bergenre thriller

10 Fakta Wi Ha Joon, Bintang 'Squid Game' yang Tengah ViralInstagram.com/wi__wi__wi

Sebelum ketenarannya di drama Korea Squid Game, Wi Ha Joon identik memainkan peran di drama atau film bergenre thriller. Di film terbarunya, Wi Ha Joon sukses berperan sebagai pelaku pembunuhan berantai bermuka dua di film dengan ekspresi yang tak terduga. 

Namun, kemunculannya di drama Korea bergenre romantis membuat sosok Wi Ha Joon terlihat berbeda dan tampak lemah lembut. Adapun beberapa drama Korea romantis yang dibintangi oleh Wi Ha Joon, antara lain 18 Again, Romance is a Bonus Book, dan Something in the Rain.

8. Senang dengan anak kecil dan hobi berolahraga

10 Fakta Wi Ha Joon, Bintang 'Squid Game' yang Tengah ViralKdramastar.com

Saat tampil di layar kaca atau layar lebar, ekspresi Wi Ha Joon boleh terlihat 'sangar'. Namun, di kehidupan nyata, ia merupakan pribadi yang senang berinteraksi dengan anak kecil. Kamu bisa melihat interaksi menggemaskan Wi Ha Joon bersama keponakannya di akun Instagram pribadinya (@wi__wi__wi). 

Selain itu, Wi Ha Joon juga gemar berolahraga. Terlihat dari aktivitasnya yang senang pergi ke gym dan ia bagikan di akun media sosial. Pantas rasanya jika aktor berzodiak Leo ini memiliki badan atletis dan terpilih menjadi sampul majalah laki-laki, Men's Health

9. Pernah mengisi soundtrack drama

10 Fakta Wi Ha Joon, Bintang 'Squid Game' yang Tengah ViralInstagram.com/wi__wi__wi

Nggak hanya pandai berakting dan berbadan atletis, tapi Wi Ha Joon memiliki kualitas lain yang dijamin membuat kaum perempuan terkagum-kagum dengan aktor muda ini, yakni ia juga bisa bernyanyi. 

Bakat bernyanyinya pernah Wi Ha Joon tunjukkan saat mengisi soundtrack drama Matrimonial Chaos (2018) yang dibintangi oleh Son Seokgu, Lee El, Cha Tae Hyun dan sederet pemain lainnya. Ia menyanyikan lagu berjudul "Maybe It's too Late." Paket lengkap banget, kan.

10. Akan beradu akting bersama Lee Dong Wook

10 Fakta Wi Ha Joon, Bintang 'Squid Game' yang Tengah ViralBerbagai sumber

Selepas dari drama Korea Squid Game, kamu tetap masih bisa melihat akting Wi Ha Joon di layar kaca. Pasalnya, ia dikonfirmasi bermain drama Korea bersama Lee Dong Wook berjudul Bad and Crazy yang tayang di tvN. Rencananya, drama ini tayang di akhir tahun 2021.

Mengusung genre thiller-fantasy, Wi Ha Joon berperan sebagai tokoh bernama K, karakter yang ada dalam diri Soo Yeol (Lee Dong Wook). Dalam drama tersebut, ia akan berjuang untuk menegakkan keadilan dalam menumpas kasus korupsi. Tak jauh berbeda dengan perannya sebagai polisi di Squid Game, nih!  

Nah, itulah deretan fakta menarik mengenai Wi Ha Joon yang tengah membius kaum perempuan lewat aksinya di Squid Game. Apakah kamu turut mengagumi sosoknya saat ini, Bela?

Baca Juga: 7 Fakta Jung Ho Yeon, Si "Scene Stealer" di 'Squid Game'

Baca Juga: 10 Fakta 'Squid Game' yang Mungkin Kamu Nggak Tahu, Ada Latar Gamelan?

Baca Juga: Berkonsep Sama, Sutradara 'Squid Game' Plagiat 'As The Gods Will'?