Melakoni peran Lee Junho di Extraordinary Attorney Woo, rupanya melambungkan nama dan karier Kang Tae Oh. Bersama rekan sejawatnya, Park Eun Bin, ia masuk dalam daftar aktor Korea paling banyak dicari berdasarkan indeks mingguan Good Data

Kang Tae Oh bukan aktor pendatang baru, ia sudah lama berkecimpung di dunia hiburan Korea Selatan. Chemistry-nya bersama Park Eun Bin di Extraordinary Attorney Woo sukses membius penikmat drama Korea. Berkat peran itu pula, Kang Tae Oh dijuluki sebagai The Next Rising Korean Actors, lho.  

Namun di tengah puncak kariernya, Kang Tae Oh dikabarkan akan menjalani wajib militer dalam waktu dekat. Benarkah demikian? Buat kamu yang baru terpesona dengan aktor tampan satu ini, kenalan lebih dalam dengan fakta menarik Kang Tae Oh di bawah ini. 

1. Alumnus dari Universitas Konkuk

10 Fakta Kang Tae Oh, Aktor Muda yang Bersiap Wajib MiliterInstagram.com/kto940620

Kang Tae Oh lahir di Incheon pada 20 Juni 1994. Ia menempuh pendidikan di SMA Jakjeon dan menamatkan pendidikan di Universitas Konkuk jurusan Film, satu kampus dengan Lee Min Ho, Song Kang, hingga Kim Hye Yoon.

Selepas kuliah, ia tidak langsung memulai karier sebagai seorang aktor. Paras tampannya malah muncul di video musik Hello Venus berjudul Venus pada 2012 silam. Kemudian, ia memulai debut sebagai idol K-pop di 5urprise, yang beranggotakan Seo Kang Joon, Gong Myung, Yoo Il, Kang Tae Oh dan Lee Tae Hwan di Fantagio Entertianment pada 2013. 

2. Kang Tae Oh bukan nama asli sang aktor

10 Fakta Kang Tae Oh, Aktor Muda yang Bersiap Wajib MiliterInstagram.com/kto940620

Tidak banyak orang yang tahu bahwa nama Kang Tae Oh adalah nama panggung. Aktor muda ini memiliki nama lahir Kim Yoo Hwan dengan tinggi badan 179 cm. Laki-laki berzodiak gemini ini mempunyai satu orang kakak laki-laki dan gemar berolahraga. 

Bersama 5urprise, Kang Tae Oh membuktikan kemampuannya di dunia tarik suara. Suara merdu Kang Tae Oh pernah menghiasi drama Korea, My First First Love. Bahkan, ia jago bermain piano. Bakat terselubungnya itu pernah ditunjukkan Kang Tae Oh saat menghadiri undangan di Vietnam, ia menyanyikan lagu "From My Heart" sambil bermain piano. 

3. Selalu mendapatkan peran second lead

10 Fakta Kang Tae Oh, Aktor Muda yang Bersiap Wajib MiliterInstagram.com/kto940620

Sekitar tahun 2013, Kang Tae Oh menjajal dunia akting melalui web drama berjudul After School: Lucky or Not sebagai Kang Tae Poong yang tayang di NaverTV. Tak lama setelah itu, ia muncul sebagai anak Ma Ae-Ri di Miss Korea pada 2014 silam. 

Hampir setiap tahun, Kang Tae Oh aktif muncul di layar kaca. Dilihat dari portofolionya, ia telah membintangi lebih dari 15 drama dan film Korea hingga saat ini. Sayangnya, Kang Tae Oh selalu mendapatkan peran second lead dalam drama yang dibintangi.

4. Pernah cross-dressing dan ciuman sesama jenis

10 Fakta Kang Tae Oh, Aktor Muda yang Bersiap Wajib MiliterInstagram.com/kto940620

Masih ingat dengan karakter Cha Yeol Moo di Tale of Nokdu (2019)? Di drama tersebut, Kang Tae Oh sangat totalitas dalam berperan. Ia tidak ragu untuk melakukan cross-dressing (memakai busana lawan jenis) dan ciuman sesama jenis dengan Jang Dong Yoon yang berpura-pura menjadi perempuan. 

"Aku tidak merasa keberatan melakukan hal itu. Waktu SMA, aku pernah cross-dressing untuk sebuah acara. Aku sering mendengar dari banyak orang bahwa diriku cantik. Jadi, ibuku sering mendandaniku dengan baju cantik saat masih kecil," ujar Kang Tae Oh seperti dilansir dari Soompi. 

Sementara beradegan ciuman, sang aktor mengaku bahwa itu adalah adegan ciuman pertamanya dalam drama sejarah. 

5. Memilih fokus di jalur akting

10 Fakta Kang Tae Oh, Aktor Muda yang Bersiap Wajib MiliterInstagram.com/940620

Tahun 2020 menjadi awal baru bagi Kang Tae Oh sebagai seorang aktor. Ia resmi keluar dari Fantagio Entertainment dan memilih fokus di jalur akting. Lepas dari Fantagio, Kang Tae Oh bergabung di Man of Creation, agensi yang didirikan oleh mantan managernya. 

Ia satu agensi dengan rekannya di 5urprise, yaitu Seo Kang Joon dan Lee Tae Hwan. Karier akting Kang Tae Oh perlahan meningkat dengan membintangi banyak drama Korea seperti Run On (2020), Doom At Your Service (2021), Thirty Nine (2022), hingga Extraordinary Attorney Woo (2022).

Bertahun-tahun dinobatkan sebagai second lead, kesabaran Kang Tae Oh membuahkan hasil. Ia berkesempatan memerankan karakter utama laki-laki di Extraordinary Attorney Woo bersama Park Eun Bin. Di drama inilah, masa keemasan Kang Tae Oh tercipta. 

6. Menyabet penghargaan bergengsi

10 Fakta Kang Tae Oh, Aktor Muda yang Bersiap Wajib MiliterInstagram.com/kto940620

Salah satu prestasi membanggakan dari aktor muda satu ini adalah ia pernah menyabet penghargaan Impressive Actor di VTV Awards (2015) dan Rising Star Award di Asia Artist Awards (2017) berkat perannya di drama You Are Too Much

Aktingnya di Tale of Nokdu juga menyita perhatian publik dan masuk tiga nominasi. Ia berhasil membawa pulang trofi penghargaan Best New Actors di KBS Drama Awards (2019). 

7. Senang menghabiskan waktu di rumah

10 Fakta Kang Tae Oh, Aktor Muda yang Bersiap Wajib MiliterInstagram.com/kto940620

Dalam sebuah wawancara dengan Singles Korea, Kang Tae Oh mengaku ia lebih senang menghabiskan waktu di rumah. 

"Belakangan, aku sibuk syuting dan melakukan banyak hal. Aku juga sering tidur larut malam. Jadi, saat bangun tidur, aku ingin kembali ke kasur lagi dan tidur selama 5 menit," ungkap Kang Tae Oh. 

Jika tidak ada pekerjaan, ia memilih tidur dan bersantai di rumah. Ternyata, Kang Tae Oh sama kayak kita, suka rebahan di kasur juga. Bedanya, cuma di isi rekening aja, nih. 

8. Sempat deg-degan menjalani syuting Run On

10 Fakta Kang Tae Oh, Aktor Muda yang Bersiap Wajib MiliterInstagram.com/kto940620

Sebelum bertemu Park Eun Bin, Kang Tae Oh lebih dulu memiliki kisah 'romansa' bersama Sooyoung 'SNSD' di drama Korea, Run On. Dalam drama tersebut, ia berlakon sebagai Lee Young Hwa, seorang mahasiswa seni yang terlibat hubungan romantis dengan Seo Dan Ah (Sooyoung 'SNSD').

Kang Tae Oh mengakui bahwa kisah romantis itu sempat membuat hatinya berdebar. Pasalnya selama berakting, ia selalu mendapat alur cerita yang bertepuk sebelah tangan. 

"Ini sangat hebat. Kebanyakan akting aku selalu naksir atau bertepuk sebelah tangan. Sangat mengasyikkan di Run On, aku memiliki romansa timbal balik pertamaku," ujar Kang Tae Oh. 

Beradu akting dengan Sooyoung membuat Kang Tae Oh belajar banyak hal. Menurutnya, karakter Young Hwa terasa hidup berkat pendalaman karakter bersama Sooyoung 'SNSD'.

9. Kang Tae Oh pernah berkunjung ke Indonesia

10 Fakta Kang Tae Oh, Aktor Muda yang Bersiap Wajib MiliterInstagram.com/kto940620

Menariknya, Kang Tae Oh pernah berkunjung ke salah satu kota di Indonesia, yaitu Medan. Ia bersama Kim Min Seok dan Sungyeol 'INFINITE' melakukan syuting untuk acara Law of The Jungle pada 2017 lalu. 

Di acara tersebut, Kang Tae Oh menginap di hutan dan melakukan keseharian layaknya orang di pedalaman, seperti memanjat pohon kelapa dan mencuci pakaian di sungai. 

10. Extraordinary Attorney Woo menjadi drama terakhir sebelum wajib militer

10 Fakta Kang Tae Oh, Aktor Muda yang Bersiap Wajib MiliterInstagram.com/kto940620

Ditinggal pas lagi sayang-sayangnya memang menyakitkan, ya. Kang Tae Oh akan istirahat sejenak dari dunia akting setelah menyelesaikan drama Extraordinary Attorney Woo. 

"Drama ini telah menjalani proses syuting sejak awal Desember tahun lalu. Aku telah bekerja keras selama 6-7 bulan. Semua laki-laki Korea Selatan harus memenuhi kewajiban untuk wajib militer. Saya belum memiliki perasaan khusus, hanya karena drama ini menjadi pekerjaan saya sebelum berangkat wajib militer," ucap Kang Tae Oh saat konferensi pers Extraordinary Attorney Woo

Tampaknya, penggemar harus sedikit bersabar untuk menantikan proyek akting terbaru Kang Tae Oh pasca Extraordinary Attorney Woo. Meski begitu, jadwal dan tempat wajib militer Kang Tae Oh belum diumumkan secara resmi. 

Bagaimana sudah lebih mengenal Kang Tae Oh saat ini? Apakah menurutmu Kang Tae Oh dapat mengikuti jejak aktor lainnya sebagai The Next Rising Korean Actors, Bela? 

Baca Juga: Tak Disangka, Staf Drama Bocorkan Sifat Asli Park Eun Bin

Baca Juga: Deretan Karakter Ikonik Park Eun Bin di Berbagai Dramanya

Baca Juga: 'Extraordinary Attorney Woo', Kisah Penderita Asperger yang Jenius