Siapa bilang menjadi gamers hanya membuang-buang waktu? Bagi sebagian orang, bermain games identik dengan sifat kekanak-kanakan dan nggak berguna. Tak hanya membatasi waktu bermain, mereka (atau mungkin kamu) bahkan melabeli para gamers sebagai orang pemalas. Stop berpikir seperti itu, Bela. Nyatanya games justru dapat meningkatkan karier kamu. Bukan saja sebagai alat penyalur hobi atau resfreshing semata, kamu bisa belajar hal ini dengan memainkannya:

Percaya Nggak Main Games Bisa Bikin Sukses di Dunia Kerja?
 
Memainkan berbagai jenis games mulai dari puzzle, teka-teki, hingga peperangan, tentu memiliki tujuan yang sama yaitu menang dan berhasil menyelesaikan misi yang diberikan. Untuk mencapainya, kamu tentu harus bisa memutar otak agar dapat menyusun strategi yang baik. Tanpa sadar, kamu akan melatih kemampuan memecahkan masalah dengan efektif yang berguna di kehidupan karier.
 
Percaya Nggak Main Games Bisa Bikin Sukses di Dunia Kerja?
 
Saat kamu melakukan kesalahan yang membuatmu kalah dalam bermain games, kamu tentu akan mencari strategi baru dan tidak akan mengulanginya kembali. Kebiasaan ini akan terbawa saat kamu menemukan masalah yang dihadapi oleh perusahaan. Selain cepat tanggap untuk menyelesaikannya, kamu juga tak akan kesulitan bila menemukan masalah yang sama.
 
Percaya Nggak Main Games Bisa Bikin Sukses di Dunia Kerja?
 
Selain meningkatkan hubungan pertemanan, bermain games yang melibatkan orang lain tentu akan melatih kerjasama yang baik. Kamu dituntut untuk tidak egois dan saling membantu teman agar dapat mengalahkan musuh bersama. Bila diterapkan di dunia kerja, kamu tentu tidak akan kesulitan untuk bekerja dalam tim demi kemajuan perusahaan.
 
Percaya Nggak Main Games Bisa Bikin Sukses di Dunia Kerja?
 
Setiap permainan memiliki jenis tantangan yang berbeda-beda. Saat kamu berhasil menyelesaikan sebuah permainan, tentu akan mendapat kepuasan dan rasa ingin tahu untuk memenangkan permainan lain yang lebih sulit. Ambisi ini tentu berguna bagi kehidupan karier kamu, di mana kamu tidak akan mudah menyerah meski diberi tanggung jawab yang semakin sulit. Siap-siap dipercaya oleh bos kamu untuk mendapat tanggung jawab yang lebih besar ya, Bela.
 
Percaya Nggak Main Games Bisa Bikin Sukses di Dunia Kerja?
 
Saat memenangkan permainan dengan cara yang curang, rasanya permainan akan menjadi tidak seru dan membosankan. Tidak heran bila banyak pemain games, yang cenderung menikmati tantangan dan kesulitan dengan jerih payah sendiri. Dengan cara seperti ini, kamu tentu akan terbiasa untuk bersaing secara sehat dengan rekan kantor untuk mendapatkan kepercayaan dan membuktikan keahlian di depan atasanmu.

Nah Bela, terbukti kan bahwa bermain games dapat memiliki manfaat untuk kehidupan karier kamu. Namun, bukan berarti kamu justru menghabiskan waktu untuk bermain games dan melupakan tanggung jawabmu ya. Lalu, games apa yang sudah kamu mainkan hari ini?

 

BACA JUGA: Kembangkan Pengetahuanmu Dengan Membaca 3 Buku Non Fiksi Ini