Pagi hari awan mendung sudah menggantung. Tampaknya hujan deras akan mengguyur sepanjang hari. Rasanya malas untuk terbangun dan memulai aktivitas. Udara lembap, macet, becek, hingga sulit menemukan publik transportasi membuat mood langsung drop. Rasanya ingin terus mengeluh kenapa hujan datang dan membuat susah. Stop menyalahkan cuaca, sebenarnya hujan bisa lho menjadi hal yang menyenangkan!

Kamu bisa lebih produktif saat bekerja

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Senang Meski Hari Sedang Hujanunsplash.com

 

Tahu nggak sih, menurut penelitian yang dilakukan Harvard pada tahun 2012, para pekerja di salah satu bank milik Jepang, menyelesaikan proyek lebih cepat saat hari sedang mendung dibandingkan saat cuaca cerah. Hal ini terjadi karena kita akan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dan nggak terganggu dengan keinginan melakukan berbagai aktivitas lain yang bisa kamu lakukan di luar. Selain nggak melewati batas deadline, kamu juga bisa lebih cepat pulang setelah pekerjaan selesai bukan?

Hujan nggak se-gloomy yang kamu pikirkan

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Senang Meski Hari Sedang Hujanunsplash.com

 

Cuaca mendung memang kerap membuat kamu merasa suram dan malas untuk beraktivitas. Namun nyatanya, menurut Paul Dolan, seorang profesor dari Londong School of Economics pelajar yang tinggal di daerah dengan cuaca serah sepanjang hari nggak lebih bahagia dari pelajar yang tinggal di area dengan curah hujan yang lebih tinggi. Lagipula, hujan nggak perlu menjadi alasan untuk membuat kamu berhenti beraktivitas bukan?

Kamu bisa menikmati wangi daun dan tanah setelah reda

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Senang Meski Hari Sedang Hujanunsplash.com

 

Setelah hujan turun, kamu bisa menikmati udara yang bersih dan damai. Samar-samar kamu bisa menghirup wangi dedaunan yang basah dan tanah yang lembab untuk membuat kamu merasa lebih tenang. Coba deh jalan-jalan di sekitar pekarangan rumah. Kamu bisa melihat objek foto bagus seperti bulir air di dedaunan untuk diunggah di media sosialmu!

Kalori tubuh lebih mudah terbakar saat cuaca dingin

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Senang Meski Hari Sedang Hujanunsplash.com

 

Saat cuaca dingin, semangkuk bakso dengan kuah yang hanya mungkin akan terasa nikmat. Daripada hanya bermalas-malasan dan menumpuk lemak, ada baiknya kamuh beraktivitas dan melakukan latihan ringan di dalam ruangan. Saat cuaca dingin, kalori akan lebih mudah terbakar dan berfungsi untuk menghangatkan tubuh.

Saat yang tepat untuk mendekatkan diri dengan keluarga

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Senang Meski Hari Sedang Hujanunsplash.com

 

Bila malas keluar rumah, kamu bisa memanfaatkan cuaca hujan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Coba ingat-ingat, kapan hari terakhir kamu berkumpul lengkap dan bercanda tawa bersama bila nggak ada hari besar? Coba deh ajak masak atau makan bersama sambil bercerita kehidupan masing-masing. Kamu akan merasakan suasana hangat meski di tengah dinginnya hari, Bela.

BACA JUGA: Ini Alasan Kenapa Eropa Sangat Dingin Bagi Orang Indonesia