Menata rumah dengan feng shui, bisa memperlancar masuknya energi positif ke daalam kehidupan di rumah, yang memengaruhi kesuksesan, kekayaan dan kesehatan. Ukuran rumah dan halaman bukan masalah besar. Kamu bisa menerapkan feng shui tidak hanya di dalam rumah, tapi juga bisa menerapkan feng shui untuk taman kamu. 

Sebelum menerapkan feng shui, kamu perlu memahami 'bagua' atau peta energi. Kamu juga perlu memahami lima elemen dalam feng shui. Untuk kamu yang ingin menata taman, inilah 10 tips menata taman menurut feng shui yang bisa kamu terapkan, agar hokimu mengalir deras.

1. Menggunakan seluruh elemen feng shui pada taman rumah, untuk mencapai keseimbangan

10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki BerlimpahDigital Marketing Property

Dalam menciptakan keseimbangan energi, kamu perlu memasukkan lima elemen feng shui ke dalam taman. Lima elemen feng shui adalah kayu, tanah, api, logam, serta air.

  • Untuk elemen kayu, kamu bisa menambahkan pohon yang rindang.
  • Selanjutnya elemen api, kamu bisa mengatur agar taman kamu tersiram cahaya matahari dengan baik.
  • Untuk elemen tanah, kamu bisa menambahkan batuan kecil atau pot keramik di taman.
  • Tambahkan bunga dengan kelopak putih untuk melengkapi elemen logam.
  • Terakhir, kamu bisa menambahkan air mancur kecil untuk melengkapi elemen air.

2. Menambahkan jalan setapak

10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki BerlimpahRumah.com

Jika taman kamu cukup untuk di buat jalan setapak, maka buatlah dengan bentuk melengkung. Dalam cerita rakyat Tiongkok, roh jahat biasanya berjalan di jalan yang lurus. Untuk mengusir roh jahat dan energi negatif, kamu harus membuat jalan yang berkelok-kelok dalam menerapkah salah satu arahan feng shui dalam taman rumah.

3. Jangan biarkan cabang pohon menyentuh rumah

10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki Berlimpah99.co

Taman kamu memiliki pohon besar yang rindang? Jangan biarkan ranting pohon menyentuh jendela rumah kamu, ya! Menurut feng shui penataan taman rumah, ranting pohon akan membuat cahaya matahari sulit masuk rumah. Hal ini dipercaya akan mengurangi energi positif yang akan masuk ke rumah.

4. Hindari pengelompokkan tanaman dalam jumlah genap

10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki Berlimpahpopmama.com

Tips feng shui untuk menata taman kamu selanjutnya berkaitan dengan tanaman. Jika di taman kamu terdapat beberapa jenis tanaman, hindari mengelompokkannya dalam jumlah genap. Kamu bisa mengelompokkan tanaman kamu dengan jumlah satu kelompok tiga atau lima jenis tanaman.

5. Tanam tanaman hias yang membawa hoki

10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki BerlimpahRingtimes Banyuwangi

Menurut feng shui, kamu bisa menanam tanaman dengan warna yang cerah untuk taman kamu. Beberapa tanaman dianggap membawa hoki bagi pemiliknya, antara lain anggrek, krisan, lotus, magnolia putih dan pinus. Berikan pupuk agar tanaman kamu tumbuh subur, ya.

6. Menggunakan kursi taman dari kayu

10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki Berlimpahpixabay

Salah satu tip feng shui untuk menata taman rumah kamu, adalah dengan mengatur kursi taman. Jika luas taman kamu cukup untuk menambahkan kursi, sebaiknya gunakan kursi berbahan kayu. Kamu bisa menaruh kursi di pojok kiri taman rumah, dipercaya hal ini bisa memberikan kesuburan dan kekayaan pada taman. 

7. Beri taman cahaya lampu

10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki BerlimpahDekoruma

Pemberian cahaya dan penataan cahaya dapat membawa unsur positif ke dalam taman. Energi positif akan membawa keuntungan bagi pemilik taman. Jika taman rumah kamu kecil, cukup gunakan satu lampu yang bisa menerangi setiap sudut taman.

8. Tambahkan air mancur

10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki BerlimpahRumah123.com

Jika di taman kamu terdapat kolam ikan, sebaiknya tambahkan juga air mancur mini. Kehadiran air mancur dapat membawa energi positif untuk taman kamu. Suara gemericik air akan membawa ketenangan. Kamu bisa menaruh air mancur di sudut utara, timur, atau tenggara taman. Menurut feng shui untuk taman rumah, ketiga sudut tersebut berhubungan dengan kekayaan, karier dan kesehatan dari pemiliknya.

9. Lonceng angin

10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki Berlimpah99.co

Menurut feng shui, menaruh lonceng angin di pintu masuk arah taman akan membawa ketentraman dan mengundang banyak energi positif. Di sisi lain, lonceng angin memiliki arti membangun sebuah keluarga yang damai dan harmonis. 

Kamu juga perlu memerhatikan jenis lonceng angin yang ingin dipasang. Hindari penggunaan lonceng yang memiliki suara gaduh. Karena, suara gaduh akan membawa energi negatif. 

10. Jangan menempatkan pagar terlalu dekat

10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki BerlimpahDekoruma

Pagar dibangun untuk meningkatkan keamanan rumah. Menurut feng shui, jangan membangun pagar yang terlalu dekat dengan pintu rumah. Atur jarak yang cukup antara pagar rumah dengan pintu depan.

Jika memungkinkan, kamu bisa membangun pagar yang terbuat dari bambu. Menurut filosofi feng shui, bambu mampu menyeimbangkan fleksibilitas yang tinggi, akan membuat suasana terasa lebih natural, serta menangkal energi negatif dari luar rumah.

Itulah 10 tips feng shui untuk kamu yang ingin menata taman di rumah. Simpel dan pastinya akan membuat taman rumah kamu makin apik. Jangan lupa diterapkan di taman rumah kamu, ya!

Baca Juga: 17 Tips Feng Shui untuk Ruang Tamu yang Sehat dan Nyaman

Baca Juga: 10 Kesalahan Interior Rumah Menurut Feng Shui

Baca Juga: 7 Hiasan Rumah yang Bisa Membawa Energi Negatif menurut Feng Shui