Kamar mandi di rumah kamu kecil, atau terlihat berantakan karena salah penataan? Tata letak dan penggunaan material yang tepat. mampu memengaruhi tampilan dari kamar mandi kamu lebih sempit, luas, atau estetik.

Masalahnya, jika kamar mandi sempit, tentu bingung bagaimana melakukan penataan yang tepat, agar ruangan ini terlihat lebih luas. Jika kamu merasa bingung, Popbela sudah menyiapkan tips paduan supaya kamar mandi kamu terlihat lebih luas dan estetik. Disimak, ya!

1. Memerhatikan sudut ruang

10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih LuasDekoruma

Jika kamu memiliki kamar mandi yang sempit, perhatikan sudut ruang kamar mandi yang kamu gunakan. Kamu bisa menaruh rak gantung untuk menyimpan peralatan mandi atau barang lainnya. Selain memperluas ruang dengan menambahkan rak, kamar mandi akan terlihat lebih rapi. 

2. Menentukan ukuran toilet

10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih LuasThe Spruce

Kamu bisa menyesuaikan ukuran toilet yang kamu gunakan dengan besar ruang yang ada. Ukuran toilet yang terlalu besar akan mempersempit ruang gerak kamu. Selain itu, menaruh toilet besar pada ruang yang sempit akan menghilangkan kesan rapih dan indah.

3. Gunakan pancuran ketimbang bak mandi

10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih Luastheplumbette.com

Apakah kamar mandi kamu masih menggunakan bak? Nah, untuk memperluas ruangan, bagaimana jika kamu membongkarnya dan mengganti bak dengan ruang shower yang tidak memakan tempat? Ditambah lagi, kamar mandi kamu bisa terlihat jauh lebih estetik, bukan?

4. Pilih wastafel yang menempel di dinding

10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih Luasbuilder.id

Tidak hanya penggunaan rak dinding, penggunaan wastafel yang menempel di dinding turut membuat ruang yang sempit terlihat lebih luas. Tidak ada ruang kosong di balik wastafel, sehingga sedikit ruang ekstra bisa memengaruhi keleluasaan kamu bergerak.

5. Gunakan cermin lebar

10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih LuasBTN Property

Penggunaan cermin yang lebar akan memberi efek memperluas ruangan hingga dua kali lipat. Cermin akan memantulkan cahaya dan objek yang berada di depannya. Ini bagus diterapkan pada ruang kecil agar terlihat lebih luas. Kamu bisa menaruh cermin besar di atas wastafel dan melihat perbedaannya!

6. Menghilangkan pintu shower

10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih Luashomify

Pintu shower akan membuat kamar mandi terlihat elegan dan berfungsi memberi ruang untuk mandi dan toilet. Namun, jika kamar mandi kamu berukuran kecil sebaiknya tidak memasang pintu shower. Pintu akan membuat kamar mandi kamu semakin sempit. Sebaliknya, ganti saja dengan tirai yang bisa kamu singkap setelah selesai mandi.

7. Menghindari motif

10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih LuasMedcom.id

Hindari penggunaan motif pada dinding atau lantai kamar mandi. Motif akan membuat ruangan terlihat penuh dan terasa sempit. Sebagai solusinya, kamu bisa menonjolkan tekstur material dengan warna polos pada dindiing atau lantai. Hal ini akan membuat kamar mandi kamu terlihat elegan dan mewah. 

8. Menggunakan warna yang sama dalam satu ruang

10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih Luasrumah123

Jika dengan motif ruangan bisa terlihat penuh, begitu pula dengan penggunaan beragam warna. Penggunaan warna netral akan membuat kamar mandi kamu terlihat lebih elegan. Kamu bisa menggunakan satu warna untuk dinding, ubin, hingga plafon, untuk menghasilkan kesan ruangan yang lebih luas. 

9. Manfaatkan bagian belakang pintu

10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih Luasblibli.com

Kamu bisa memasang gantungan baju di belakang pintu. Gantungan baju sebaiknya diletakkan di belakang pintu agar tidak terlihat dari sisi luar saat pintu di buka. Selain menghemat ruang, hal ini juga akan membuat ruangan terlihat rapi. 

10. Menggunakan cahaya natural

10 Tips Agar Kamar Mandi Kamu Terlihat Lebih Luasrumah.com

Memanfaatkan cahaya matahari, akan membuat ruang kamar mandi kamu terasa lebih luas dan nyaman. Dengan jendela, kamu bisa mendapatkan kesan kamar mandi yang lebih luas dan elegan, serta tidak perlu merasa silau karena cahaya lampu. 

Itulah tips agar kamar mandi kamu terlihat lebih luas. Kira-kira, kamu sudah menerapkan yang mana saja nih, buat kamar mandi di rumah? 

Baca Juga: Potret Kucing yang Selalu Kepo Aktivitas Manusia di Kamar Mandi

Baca Juga: 9 Trik Desain Kamar Mandi Menjadi Surga untuk Menyendiri

Baca Juga: 13 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis Modern