Setiap tahunnya, Festival de Cannes akan mengundang para profesional dari industri perfilman, bintang internasional, hingga aktor yang sedang naik daun untuk bertemu dalam satu acara penghargaan. Tahun ini, Festival Cannes akan memasuki perayaan ke-75 yang berlangsung mulai tanggal 17 Mei hingga 28 Mei 2022, di UGC Normandie, Paris. 

Pada Kamis (14/04/2022), Festival de Cannes telah mengumumkan secara resmi lineup jajaran film yang akan berkompetisi untuk berbagai kategori. Untuk pertama kalinya dalam lima tahun, dua film Korea terpilih untuk bersaing memperebutkan Palme d’Or—hadiah tertinggi untuk sutradara terbaik. Selain itu, ada film debut dari sutradara Lee Jung Jae yang juga aktor dari Squid Game, masuk ke dalam kategori di luar kompetisi, Midnight Screenings Sections. Berikut daftarnya!

1. Decision to Leave

Tayang Perdana, 3 Film Korea ini Masuk Festival Film Canneshancinema.net

Disutradarai langsung oleh Park Chan Wook, Decision to Leave merupakan film misteri yang diproduksinya setelah rehat dari dunia film sejak perilisan The Handmaiden (2016). Mengusung genre drama, mystery, crime dan thriller, Decision to Leave ditulis bersama dengan Jeong Seo Kyeong, yang sebelumnya juga pernah membuat karya bersama, yakni, I’m a Cyborg, but That’s OK (2006), Thirst (2009) dan The Handmaiden (2016).

Tayang Perdana, 3 Film Korea ini Masuk Festival Film Cannesscreendaily.com

Decision to Leave mengisahkan seorang detektif (Park Hae Il) yang jatuh cinta kepada tersangka utama dalam investigasi kasus pembunuhan (Tang Wei). Mendapat kesempatan untuk bersaing memperebutkan Palme d’Or, nama Park Chan Wook telah dikenal meluas berkat kemenangannya yang membawa Jury Prize Cannes Film Festival 2009 untuk film Thirst, serta kontribusinya sebagai sutradara dalam serial BBC, Little Drummer Girl (2018).

2. Broker

Tayang Perdana, 3 Film Korea ini Masuk Festival Film Cannesvibemedia.id

Dibintangi oleh sederet pemeran papan atas Korea, seperti IU, Song Kang Ho hingga Lee Joo Young, film Broker akan berkompetisi untuk penghargaan Palme d’Or bersama film Decision to Leave.

Hirokazu Koreeda merupakan sutradara Jepang yang menggarap langsung film ini. Menjadi film debutnya di bioskop Korea, Hirokazu pernah memboyong penghargaan Palme d’Or untuk film Shoplifters (2018) dan memenangkan Jury Prize Cannes Film Festival 2013 untuk film Like Father Like Son.

Tayang Perdana, 3 Film Korea ini Masuk Festival Film Cannesthegioidienanh.vn

Broker mengisahkan tentang tempat di mana orang-orang dapat meninggalkan bayi mereka tanpa identitas. Peran broker adalah mencari dan menemukan orang tua baru untuk bayi yang ditinggalkan, serta membuat kesepakatan khusus dengan orang tua baru mereka. Akan tayang perdana pada festival film Cannes, sutradara Hirokazu mengaku telah membuat rencana untuk film ini sejak lima tahun yang lalu, lho!

3. Hunt

Tayang Perdana, 3 Film Korea ini Masuk Festival Film Cannesmobile.twitter.com/LeeJungJae12

Melebarkan sayap menjadi seorang sutradara, Lee Jung Jae berhasil menyelesaikan film pertamanya Hunt. Aktor Squid Game ini mengusung genre spy action untuk film perdananya. Hunt bercerita tentang seorang agen BIN yang berusaha mengungkapkan kebenaran di balik munculnya mata-mata Korea Utara. 

Menjadi sutradara sekaligus pemeran, Lee Jung Jae juga mengajak sahabatnya, aktor Jung Woo Sung, untuk mengambil peran. Akan diputar pertama kali dalam ajang Festival Film Cannes 2022, Hunt masuk ke bagian non-kompetitif, Midnight Screenings Sections.

Itulah deretan film Korea terbaik yang berhasil masuk dalam ajang Festival Film Cannes 2022. Mana nih, yang paling kamu tunggu penayangannya?

Baca Juga: Merambah Eropa, Deretan Drama Korea Ini Tayang di Canneseries 2022

Baca Juga: Fakta Menarik 'Turning Red', Film Animasi Asia Pertama Garapan Pixar

Baca Juga: Jadi Film DC Terpanjang, ini 7 Fakta 'The Batman' yang Harus Kamu Tahu