Semut merupakan salah satu serangga yang kehadirannya sering kali mengganggu, sebab, tidak jarang semut datang berbondong-bondong dalam jumlah banyak.

Untuk mengusir semut yang mengganggu, kamu dapat menggunakan cairan pembasmi serangga. Namun, cairan tersebut dapat membuat siapa saja yang menghirupnya akan merasa kurang nyaman seperti pusing atau mual. 

Oleh karena itu, kamu bisa menanam tanaman hias yang ampuh untuk mengusir semut di rumah. Penasaran ada tanaman apa saja? Yuk, simak informasi ini sampai selesai.

1. Lavender

9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumahistockphoto.com/id/foto/lavender-bunch

Aroma yang dikeluarkan bunga lavender tidak disukai oleh banyak serangga termasuk semut. Sebab, lavender mengandung linalool dan lynalyl yang sering digunakan sebagai bahan dasar lotion. Tanaman ini juga cocok diletakkan di dalam rumah, karena memiliki bunga yang cantik dan mudah dirawat. 

2. Rosemary

9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumahwww.freepik.com/oxanadenezhkina

Tanaman yang mampu mengusir semut selanjutnya adalah rosemary. Selain berfungsi membuat masakan lebih sedap, rosemary ini ampuh mengusir semut di segala cuaca.  Aroma daun rosemary mirip seperti minyak telon, sehingga membuat semut dan serangga lain enggan mendekat.

3. Thyme

9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumahwww.freepik.com/lanass

Thyme merupakan salah satu tanaman herbal yang cukup dikenal dunia. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah, daun thyme biasa dimanfaatkan untuk membuat masakan lebih sedap. Namun, aroma dari tumbuhan ini tidak disukai oleh semut, jika kamu meletakkannya di dalam rumah, semut dan serangga lainnya tidak berani mendekat.

4. Marigold

9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumahwww.freepik.com/camomileleyla

Memiliki kelopak bunga kuning cerah dengan banyak manfaat, tidak heran jika bunga marigold membutuhkan banyak perhatian. Tanaman ini memerlukan suhu hangat dengan paparan sinar matahari yang cukup agar tetap sehat. Meskipun kelopaknya cantik, marigold mengeluarkan aroma tidak sedap yang ampuh mengusir semut. 

5. Krisan

9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumahwww.freepik.com/geargodz

Cocok ditanam dengan iklim Indonesia yang tropis, krisan mampu mengusir semut, nyamuk, kecoa, hingga kutu. Kandungan pyrethrum dalam tanaman ini merupakan pestisida alami yang mampu menolak kehadiran serangga. Dengan bentuknya yang indah dan khas, tanaman ini cocok diletakkan di dalam rumah.

6. Mint

9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumahwww.freepik.com/poringdown

Bibit tanaman mint akan mudah tumbuh jika ditanam menggunakan pot. Aromanya yang kuat dan khas dapat dimanfaatkan untuk mengusir semut, lalat, nyamuk dan jenis serangga lainnya. Tanaman ini mudah ditemukan di Eropa, Asia, Afrika, Australia dan Amerika Utara dan biasa digunakan sebagai bahan makanan, minuman, pasta gigi hingga permen.

7. Tansy

9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumahwww.freepik.com/darkwisper

Sebagai salah satu tanaman beracun, tansy dapat digunakan sebagai pengusir semut alami. Tanaman ini juga tidak memerlukan sinar matahari langsung, sehingga cocok jika diletakkan di dalam ruangan.

Selain itu, tansy mengandung minyak atsiri dan bahan aktif thujone yang bisa menjadi racun untuk manusia, apabila digunakan dalam dosis tidak tepat. Jika tidak sengaja menelan zat kimia dalam tanaman tansy, hal ini dapat menyebabkan peningkatan saliva dan aliran darah ke jaringan di mulut, perut, usus dan panggul.

8. Citronella geranium

9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumahhgtv.com/outdoors/flowers-and-plants

Tanaman ini menghasilkan semacam minyak yang berbau seperti minyak serai yang pasti ampuh untuk mengusir semut. Ketika memiliki tanaman ini di dalam pot, kamu hanya perlu meletakkannya di sudut ruangan dekat jendela untuk mengusir gerombolan semut.

9. Lemon balm

9 Tanaman Hias yang Ampuh Mengusir Semut dari Rumahwww.freepik.com/user16766420

Lemon balm atau yang memiliki nama lain Melissa Officinalis, merupakan tanaman herbal beraroma lemon yang juga mampu mengusir semut. Aroma lemon yang kuat dari tanaman ini mengandung senyawa yang dibenci semut. Selain itu, tanaman ini dapat membantu mengurangi insomnia, mengurangi peradangan dan rasa sakit.

Itulah jenis tanaman hias yang ampuh mengusir semut di rumah. Kamu bisa memanfaatkan tanaman hias ini sebagai benteng untuk menghalau datangnya semut yang mengganggu. 

Baca Juga: 10 Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Pewangi Alami Ruangan, Aromanya Segar!

Baca Juga: Yuk, Berkebun! 8 Bibit Tanaman Sayuran yang Mudah Dirawat untuk Pemula

Baca Juga: Bikin Segar Mata, Ini 7 Tanaman Berwarna Oranye yang Cerah