Menyajikan jalan cerita yang menarik, menghibur dan sering kali sulit ditebak, terasa relate dengan kehidupan sehari-hari, menjadi beberapa alasan mengapa drama Korea memiliki banyak penggemar. Selain itu, banyak drama Korea yang mencuri perhatian berkat original soundtrack atau OST yang ikonik, sehingga menjadikan drama tersebut semakin populer. Dari sekian banyak drama Korea yang telah tayang, inilah soundtrack drama Korea paling populer sepanjang masa!

1. "Paradise" oleh T-MAX - OST Boys Over Flower

https://www.youtube.com/embed/WoOQmzyW4YI

Sudah dapat didengar luas sejak tahun 2009, lagu “Paradise” yang dinyanyikan oleh T-MAX akan membuat siapa saja mengingat adegan ikonik dalam drama Boys Over Flowers. Kembali viral berkat media sosial TikTok, “Paradise” sudah banyak dinyanyikan oleh penyanyi lain.

2. "Dream High" oleh Taecyeon, Wooyoung, Suzy, Kim Soo-hyun & JOO - OST Dream High

https://www.youtube.com/embed/TWHYicm0LJo

Dream High merupakan drama berlatar sekolah menengah yang dibintangi oleh banyak bintang papan atas, mulai dari SUZY, IU, Kim Soo Hyun hingga Taecyeon. Sebagai lagu pembuka, “Dream High” di aransemen oleh J.Y. Park, serta dinyanyikan langsung oleh para pemeran utama.

3. “First Love” oleh Tiger Jk feat Punch - OST Pinocchio

https://www.youtube.com/embed/z5PrNI3sVBk

Lagu yang easy listening dengan lirik yang penuh cinta, membuat siapapun yang mendengar lagu ini menjadi semangat. Tidak ada keraguan dengan menjadikan “First Love” sebagai lagu pembuka untuk drama Pinocchio, terbukti sampai kini lagu “First Love” masih tetap menjadi kesukaan penggemar.

4. “For You” oleh EXO-CBX - OST Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

https://www.youtube.com/embed/JvjWy4saR08

Dinyanyikan oleh Chen, Baekhyun dan Xiumin EXO, “For You” berhasil ditonton lebih dari 78 kali di kanal YouTube resmi Stone Music Entertainment. Selain karena lagunya yang easy listening, ditambah suara para member EXO yang merdu dan powerfull, serta lirik lagu yang penuh makna, “For You” sangat mewakili drama Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo.

5. “Always” oleh Yoon Mi Rae - OST Descendant of the Sun

https://www.youtube.com/embed/aE0eV2YR51k

Sebagai lagu pembuka, music video “Always” cukup menggambarkan jalan cerita drama Descendant of the Sun. Sebagai penyanyi R&B, Yoon Mi Rae berhasil membuat pendengar terus terngiang-ngiang setiap potongan adegan dari drama Descendant of the Sun. 

6. “This Love” oleh Davichi - OST Descendant of the Sun

https://www.youtube.com/embed/XyzaMpAVm3s

Bukan hanya satu, drama Descendant of the Sun memiliki banyak soundtrack populer yang sayang untuk dilewatkan. Dengan genre ballad romantis, “This Love” yang dinyanyikan oleh Davichi ini menggambarkan kisah romansa empat tokoh utamanya. 

7. “Stay with Me” oleh Punch feat Chanyeol - OST Goblin

https://www.youtube.com/embed/pcKR0LPwoYs

Selain dramanya yang memiliki banyak penggemar, OST untuk drama Goblin pun tidak kalah populer. Video musik untuk lagu ini telah menembus lebih dari 350 juta penonton di YouTube resmi Stone Music Entertainment. Tidak jarang, banyak penyanyi maupun content creator yang melakukan cover lagu ini.

8. “Start Over” oleh Gaho - OST Itaewon Class

https://www.youtube.com/embed/O0StKlRHVeE

Dibawakan oleh solois muda, produser sekaligus penulis lagu, Gaho berhasil membuat video musik “Start Over” meraih lebih dari 83 juga penonton. Tabuhan drumnya membuat suasana hati menjadi lebih semangat untuk menjalani hari. Memiliki banyak penggemar, “Start Over” berhasil menduduki posisi pertama di Melon daily chart.

9. “Future” oleh Red Velvet - OST Start-Up

https://www.youtube.com/embed/GTcM3qCeup0

Dengan lirik yang penuh dengan rasa optimisme, “Future” membuat pendengarnya menjadi lebih percaya diri. Sebagai lagu pembuka, “Future” yang dibawakan oleh Red Velvet ini, mampu menggambarkan semangat para tokoh dalam drama Start-Up.

10. “Aloha” oleh Jo Jung Suk - OST Hospital Playlist

https://www.youtube.com/embed/3DOkxQ3HDXE

“Aloha” sangat populer di kalangangan penggemar drama Hospital Playlist sejak pertama kali penayangannya. Klip“Aloha” berhasil membuat penggemar tersenyum, karena mengingat kembali kesibukan dan kedekatan kelima dokter dalam drama Hospital Playlist. Dengan nada dan lirik yang easy listening, tidak sulit untuk jatuh cinta dengan lagu ini.

11. “I Give You My Heart” oleh IU - OST Crash Landing On You

https://www.youtube.com/embed/euI-C1YONaU

Selain dramanya yang populer, soundtrack drama Crash Landing On You juga berhasil dicintai para penggemar. Salah satu OST yang paling populer adalah “I Give You My Heart” yang dinyanyikan oleh solois IU.

Setelah perilisannya, lagu ini berhasil memecahkan rekor all kill karena menduduki peringkat satu chart realtime dan harian pada situs streaming online Melon, GENIE, Bugs, Soribada, FLO hingga iChart.

Itulah daftar OST drama Korea paling populer sepanjang masa. Dengan nada yang menyentuh ditambah lirik mendalam, penambahan soundtrack dalam drama bertujuan membuat penonton semakin hanyut ke dalam emosi tiap adegan yang sedang ditayangkan.

Baca Juga: Popbela's Playlist: 10 Soundtrack Terbaik dari K-Drama Favoritmu 

Baca Juga: Tak Perlu Repot Cari Soundtrack Film, Spotify Meluncurkan Netflix Hub 

Baca Juga: Penuh Penghayatan! 8 Soundtrack Drama Korea yang Dinyanyikan Chen EXO