7 Manfaat Menanam Serai di Rumah, Bisa Mengusir Nyamuk!

Bisa Mengusir Ular, Ini 7 Manfaat Menanam Serai di Rumah

Ternyata serai banyak khasiatnya, lho!

Bisa Mengusir Ular, Ini 7 Manfaat Menanam Serai di Rumah

Serai atau lemongrass adalah tanaman herbal yang bisa kamu tanam sendiri di rumah. Jika biasanya serai digunakan sebagai penguat rasa pada sup, kaldu, tumis, serta batangnya bisa kamu gunakan sebagai pengganti tusuk sate, ternyata ada manfaat lainnya, lho!

Untuk kamu yang berniat menambah tanaman di rumah, kamu bisa menanam serai sebagai beragam kebutuhan. Apa saja? Inilah manfaat menanam serai di rumah.

1. Membantu mengusir nyamuk

Bisa Mengusir Ular, Ini 7 Manfaat Menanam Serai di Rumah99.co

Serai mengandung minyak citronella dan memiliki aroma khas yang menyegarkan. Aroma dari serai ini nggak disukai nyamuk. Selain menambah koleksi tanaman kamu, menanam serai akan menghambat penyebaran nyamuk di sekitar rumah. Keutamaan serai lainnya, adalah mampu ditanam di segala kondisi. Kamu bisa menanam serai menjelang musim hujan untuk mengusir nyamuk, yang ingin masuk ke dalam rumah.

2. Mencegah iritasi kulit

Bisa Mengusir Ular, Ini 7 Manfaat Menanam Serai di Rumahhalodoc.com

Kandungan minyak citronella pada serai mampu mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit. Kamu cukup mengoleskannya ke area kulit yang gatal. Serai akan meredam kemerahan dan gatal-gatal, yang timbul dengan sensasi hangat di kulit. Hindari penggunaan serai di area sekitar mata dan daerah sensitif lainnya.

3. Mencegah ular masuk ke rumah

Bisa Mengusir Ular, Ini 7 Manfaat Menanam Serai di RumahUnsplash/ravipatelravipatel

Selain nyamuk, ular juga tidak menyukai aroma kuat yang dihasilkan serai. Selain bau, ular tidak menyukai tekstur daun serai yang kasar karena akan melukai sisiknya. Kamu bisa mempercantik taman kamu dengan menanam serai, tanpa perlu khawatir dengan kedatangan ular.

4. Dimanfaatkan sebagai obat herbal

Bisa Mengusir Ular, Ini 7 Manfaat Menanam Serai di RumahiStock

Salah satu manfaat menanam serai di rumah, kamu bisa menggunakan serai sebagai obat herbal. Penyakit seperti mag dan batuk bisa diobati dengan air rebusan serai. Saat sedang batuk, kamu bisa merebus dua gelas air ditambah dengan 50 gram daun serai kering. Minum air rebusan serai 3x sehari untuk mengusir batuk. Jika sakit mag sedang kambuh, kamu bisa merebus dua gelas air ditambah 40 gram serai. Minum 2x sehari untuk mengurangi sakit.

5. Mengurangi ketombe di kulit kepala

Bisa Mengusir Ular, Ini 7 Manfaat Menanam Serai di RumahIllustrasi Ildar Abulkhanov

Sebelum menggunakan minyak serai di kulit kepala, kamu perlu memastikan tidak memiliki alergi dengan minyak serai. Kamu bisa mencoba uji sensitivitas, dengan mengoleskan minyak di atas permukaan tangan dan lihat hasilnya selama 1 jam. Jika tidak terjadi iritasi, kamu bisa menggunakannya untuk kulit kepala. 

Kamu cukup mengoleskan minyak serai di rambut, 15 menit sebelum mandi lalu bilas dengan air mengalir. Minyak serai akan membantu mengurangi proses pelepasan stratum  korneum (bagian kulit paling atas), menyeimbangkan produksi minyak dan mengurangi rasa gatal.

6. Membantu mengatasi jerawat

Bisa Mengusir Ular, Ini 7 Manfaat Menanam Serai di Rumahhalodoc.com

Manfaat menanam serai di rumah yang bisa kamu rasakan yaitu, membantu mengatasi jerawat. Serai mengandung anti bakteri dan anti mikropobia sebagai obat infeksi kulit. Kandungan minyak atsiri pada serai mengandung limonene yang mampu mengatasi peradangan dan melumpuhkan bakteri. Kandungan ini berguna untuk mengobati jerawat akibat infeksi dari kotoran.

7. Detoksifikasi tubuh

Bisa Mengusir Ular, Ini 7 Manfaat Menanam Serai di RumahGetty Images

Serai dapat diolah menjadi minuman yang berkhasiat membersihkan tubuh dari zat-zat beracun. Meminum teh serai dapat merangsang efek diuretic pada tubuh. Efek diuretic akan membantu melancarkan buang air kecil, yang bermanfaat untuk mengeluarkan kelebihan cairan dan natrium. Kamu bisa minum teh serai saat merasa kembung atau susah buang air kecil.

Itulah manfaat menanam serai di rumah untuk kamu. Selain perawatannya mudah, banyak khasiat yang bisa kamu rasakan, mulai dari kesehatan sampai terhindari dari hewan berbahaya. Jangan ragu untuk menanam serai, ya!

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Hias Daun yang Akan Mempercantik Halaman Rumah

Baca Juga: 7 Tips Menanam dan Merawat Tanaman Rosemary agar Tetap Sehat

Baca Juga: Banyak Manfaat Kesehatan, Ini 6 Cara Menanam Jahe di Rumah 

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator

Episode 7 'Mendua' Viral, Ternyata Ada Peran Intimacy Coordinator

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Kenali 9 Perbedaan iPhone 14 dan iPhone 13, Tertarik Upgrade?

Kenali 9 Perbedaan iPhone 14 dan iPhone 13, Tertarik Upgrade?