Apakah di rumah kamu memiliki balkon? Sudahkah, kamu memanfaatkan balkon yang kamu punya dengan maksimal? Balkon adalah teras lantai atas pada bangunan bertingkat. Pada umumnya, balkon berfungsi sebagai sarana tambahan untuk menikmati pemandangan di luar rumah. 

Tidak ada ukuran spesifik untuk balkon, kamu bisa membuat balkon dengan menyesuaikan ukuran rumah. Kediaman yang memiliki balkon, akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Jika kamu belum memaksimalkan fungsi balkon kamu, yuk, simak manfaat membuat balkon di rumah!

1. Memaksimalkan sinar matahari yang masuk

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di RumahArchitecture Art Designs

Jika balkon yang kamu miliki cukup besar, intensitas cahaya yang masuk juga semakin banyak. Hal ini baik untuk menjaga kesegaran udara di dalam rumah, membuat pergantian udara lebih maksimal, serta membuat ruangan terlihat lebih besar.

2. Memperluas area pandang

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di RumahWisata Tempatku

Adanya balkon tidak hanya membuat ruangan terlihat lebih luas, kamu juga bisa memperluas area pandang. Kamu bisa menikmati pemandangan yang tersaji dari balkon sambil bersantai. Kamu juga bisa memperhatikan aktivitas yang terjadi di sekitar rumah kamu.

3. Memberikan manfaat untuk kesehatan yang berpotensi memperpanjang usia

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di RumahPixabay

Manfaat membuat balkon di rumah salah satunya untuk berjemur. Kamu bisa memanfaatkan balkon untuk berjemur di pagi hari sambil berolahraga ringan. Berjemur dan berolahraga dapat meningkatkan sistem imun tubuh kamu, sehingga berpotensi memperpanjang usia kamu karena usia kesehatan yang lebih lama.

4. Area berkebun di rumah

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di Rumahbalconygardenweb.com

Jika kamu tidak memiliki tanah untuk berkebun, kamu bisa berkebun di balkon. Selain menghemat tempat, berkebun di balkon akan membuat suasana menjadi asri. Jika balkon yang kamu punya terlalu sempit, kamu bisa menggantinya dengan tanaman gantung. Berkebun di balkon juga membuat tanaman mendapat sinar matahari cukup. Hal ini baik untuk pertumbuhan tanaman kamu.

5. Area untuk berkumpul

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di RumahGetty Images/patrickheagney

Salah satu manfaat membuat balkon di rumah adalah untuk berkumpul. Jika balkonmu luas, tambahkan kursi dan meja untuk bersantai. Jika masih tersisa banyak ruang, kamu bisa menambahkan alat barbecue, untuk membuat acara di balkon. 

6. Tempat berolahraga

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di Rumahpacificgarden.co.id

Sambil berjemur di pagi hari, kamu bisa melakukan olahraga ringan di balkon. Isi balkonmu dengan peralatan olahraga di tempat yang terlindung dari sinar matahari langsung. Hal ini untuk semakin memotivasi dirimu berada di balkon sambil berolahraga.

7. Sebagai tempat bermain

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di Rumahwww.wartabromo.com

Balkon bisa kamu manfaatkan sebagai tempat bermain anak-anak atau hewan peliharaan. Selain meningkatkan aktivitas fisik anak-anak, hewan peliharaan kamu juga tidak stres karena terus-menerus berada di dalam rumah. Tetap lakukan pengawasan kepada anak-anak dan hewan peliharaan kamu, ya!

8. Tempat menjemur pakaian

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di Rumah99.co

Salah satu manfaat membuat balkon di rumah, sebagai tempat menjemur pakaian. Balkon adalah tempat yang mendapatkan paparan sinar matahari paling banyak. Pakaian kamu akan cepat kering jika dijemur di balkon. Agar terlihat rapi, hindari menjemur di pagar. Kamu bisa menggunakan jemuran lipat untuk menggantung pakaian.

9. Meningkatkan produktivitas

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di Rumahthespruce.com

Saat bosan dan jenuh melakukan aktivitas di dalam rumah, kamu bisa beralih ke balkon. Kamu bisa bekerja dan belajar di balkon agar merasakan suasana baru, serta dapat meningkatkan kreativitas otak. Dengan ini, rasa bosan dan jenuh kamu bisa hilang, sehingga kamu bisa lebih produktif ke depannya.

10. Mempercantik rumah

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di RumahFurnizing

Balkon akan menambah nilai estetika rumah kamu. Memiliki balkon, akan menonjolkan kesan mewah dan berkelas, serta membuat tampilan depan rumah kamu terlihat lebih dinamis. Jika ingin menjual rumah kamu, balkon yang apik mampu memberikan nilai tambah pada hunian.

11. Meningkatkan perlindungan rumah

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di RumahRukita

Salah satu manfaat membuat balkon di rumah, dapat meningkatkan perlindungan, lho! Area di bawah balkon akan teduh dan tidak terpapar sinar matahari langsung, serta terlindungi dari cipratan air hujan. Kamu bisa menambahkan kursi di area bawah balkon untuk bersantai di siang hari.

12. Sebagai pembatas level rumah

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di Rumahwww.desain.id

Adanya balkon rumah, dapat dijadikan penanda antara lantai atas dan bawah. Kehadiran balkon dapat mempertegas skala bangunan, semakin besar balkon yang kamu bangun, artinya semakin besar luas rumah yang kamu miliki.

13. Sebagai tempat beristirahat

Bisa memperpanjang Usia, Ini 13 Manfaat Membuat Balkon di Rumahwww.lemkayu.net

Salah satu manfaat balkon di rumah, tentu saja untuk bersantai. Kamu bisa menambahkan kasur gantung atau hammock untuk beristirahat sejenak, sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Tambahkan jaring, agar tidak ada serangga yang mengganggu, saat sedang beristirahat. Wah, menarik ya!

Itulah manfaat membuat balkon di rumah. Sesuaikan ukuran balkon dengan rumah yang kamu tempati, agar tetap apik dan sedap dipandang. Kalau balkon rumah kamu, sudah dimanfaatkan untuk apa saja, nih? 

Baca Juga: 5 Cara Mudah Ciptakan Desain Taman Cantik Minimalis di Balkon

Baca Juga: 10 Inspirasi Desain Balkon Cantik di Lahan Sempit

Baca Juga: 10 Tips Feng Shui Taman di Rumah, Agar Bawa Hoki Berlimpah