Tujuan merawat bunga bermacam-macam, salah satunya untuk mempercantik halaman serta menyebarkan aroma harumnya di pekarangan rumah. Meskipun ada banyak bunga indah yang tidak memiliki aroma, namun kecantikannya akan membuat siapa saja betah memandang. 

Dari sekian banyak jenis bunga, ada beberapa bunga yang memiliki aroma menyerupai buah. Bunga-bunga ini biasa dijadikan bahan baku parfum dan minyak aroma terapi. Penasaran ada jenis bunga apa saja? Inilah jenis bunga beraroma buah yang bisa ditanam di pekarangan rumah.

1. Geranium

Dijadikan Bahan Baku Parfum, 5 Bunga ini Memiliki Aroma Seperti Buahcrocus.co.uk

Geranium merupakan tumbuhan yang memiliki bunga dengan aroma seperti buah apel dan stroberi. Habitat asli tumbuhan ini berasal dari Afrika Selatan, bunganya memiliki berbagai macam kelopak mulai dari putih, merah muda dan ungu. Khusus untuk jenis pelargonium odoratissimum dan fringed apple, keduanya memiliki aroma apel yang kuat.

2. Freesia

Dijadikan Bahan Baku Parfum, 5 Bunga ini Memiliki Aroma Seperti BuahPIXABAY/MANFREDRICHTER

Memiliki aroma seperti buah stroberi, jenis bunga freesia disimbolkan sebagai kemurnian dan kepercayaan. Bunga freesia akan tumbuh dan mekar dengan baik dalam cuaca yang sejuk. Selain wanginya yang kuat, bunga freesia seringkali dijadikan bunga potong, karena memiliki warna kelopak yang cantik seperti biru, ungu, oranye, merah muda dan merah.

3. Magnolia

Dijadikan Bahan Baku Parfum, 5 Bunga ini Memiliki Aroma Seperti BuahUnsplash/Danielle Comer

Magnolia merupakan jenis bunga yang akan cepat tumbuh di musim semi. Memiliki sekitar 304 spesies, bunga magnolia memiliki aroma seperti buah pisang. Ukuran dari pohon magnolia mulai dari 4 meter hingga 24 meter, tergantung jenis yang ditanam. Dari kejauhan, bunga ini mirip seperti bunga sakura yang tumbuh di Jepang.

4. Sedap malam

Dijadikan Bahan Baku Parfum, 5 Bunga ini Memiliki Aroma Seperti BuahSHUTTERSTOCK/CRYSTALFOTO

Bunga sedap malam memiliki aroma seperti anggur, yang membuat siapa saja senang menghirupnya. Uniknya, bunga yang berasal dari Meksiko ini akan mekar di malam hari dan pertumbuhannya hanya mencapai 45 cm. Memiliki kelopak yang indah serta aroma yang harum, bunga ini sering digunakan sebagai dekorasi pada acara-acara penting.

5. Brown boronia

Dijadikan Bahan Baku Parfum, 5 Bunga ini Memiliki Aroma Seperti Buahnativeplantproject.com.au

Jenis bunga yang memiliki aroma seperti buah selanjutnya adalah brown boronia. Memiliki aroma seperti buah markisa, bunga ini banyak tumbuh di Australia Barat. Brown boronia akan tumbuh ideal di tanah dengan kelembapan sedang mendekati kering, yang bisa bertumbuh hingga satu meter.

Itulah beberapa jenis bunga beraroma seperti buah-buahan yang cocok ditanam di rumah. Selain harum, aroma yang dihasilkan akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Oleh karena itu, banyak orang memilih jenis bunga di atas untuk ditanam di pekarangan.

Baca Juga: Kaya Manfaat, Ini Cara Merawat & Mengonsumsi Bunga Telang di Rumah

Baca Juga: Inilah 8 Jenis Bunga Potong yang Mampu Bertahan Lebih dari Seminggu

Baca Juga: Rekomendasi 7 Bunga Kelopak Putih, untuk Percantik Rumah Kamu