Indonesia Millennial & Gen-Z Summit 2022 (IMGS 2022) resmi digelar pada Kamis, (29/09/2022) di The Tribrata, Jakarta Selatan. Menghadirkan Alina Darmadi sebagai salah satu pembicara di panggung Female is Future, pembahasan mengenai hal positif dari kepemimpinan perempuan di industri yang lebih banyak dikuasai laki-laki wajib kamu simak. Penasaran seseru apa? Check this out!

#IMGS2022: Hal Positif dari Kepemimpinan Perempuan ala Alina DarmadiPopbela.com/Aisyah Banowati

Bekerja di industri fintech yang lebih banyak pekerja laki-laki dibandingkan perempuan, Alina Darmadi mengaku bersyukur karena tempatnya bekerja, GoTo Financial—terutama jajaran pemimpinnya—cukup balance. Lantas, apakah gender dan kepemimpinan itu berpengaruh? 

“Bukan saya yang bilang, tapi ada penelitian yang membuktikan bahwa suatu perusahaan yang memiliki kepemimpinan yang inklusif, gender inklusif, itu memiliki keuntungan sekitar 47% lebih tinggi, memiliki value to share ya lebih dari 40% lebih tinggi dan sebagainya,” tuturnya. 

#IMGS2022: Hal Positif dari Kepemimpinan Perempuan ala Alina DarmadiPopbela.com/Aisyah Banowati

Menjadi seorang ibu sekaligus menjabat sebagai Head Of Corporate Communications at GoTo Financial, Alina secara tidak langsung menjabarkan keuntungan adanya perempuan dalam jajaran kepemimpinan suatu perusahaan. 

“Saya pikir, tentu secara fisiologis perempuan dan laki-laki itu berbeda, kalau didominasi oleh laki-laki tidak ada yang membelance pertimbangan-pertimbangan. Mungkin lebih detail, mungkin lebih jangka panjang, mungkin lebih you know? Connecting the dots. Biasanya kan kalau cowok lempeng aja, tapi tetep harus ada yang mengimbangi hal-hal itu, supaya keputusan yang diambil perusahaan itu lebih holistik pertimbangannya," tuturnya.

#IMGS2022: Hal Positif dari Kepemimpinan Perempuan ala Alina DarmadiPopbela.com/Aisyah Banowati

Membicarakan mengenai privilege, Alina menuturkan jika dirinya bukan 'anak siapa-siapa'.“Saya mau meluruskan ke teman-teman yang mempunyai pemikiran seperti itu ‘anak siapa’, privilege itu bisa di-create. Saya bukan anak siapa-siapa, kuliah juga cuma di UI saja (maksudnya lokal). We can create our impact. Kita create, kita punya karya. Jadi, teman-teman di sini yang mikir ‘oh itu privilege? Ya, privilege itu kita yang create.”

Menurutnya, sebagai seorang perempuan kita punya banyak kelebihan yang perlu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Kelebihan dalam membaca situasi dan lebih sensitif gitu, kita bisa mengukur temperatur ruangan. Manfaatkanlah kemampuan yang tidak dimiliki dari si cowok itu untuk kita masuk and a set our idea, a set our concept, dan segala macam. Jangan pernah merasa kecil, jangan pernah ngerasa malu, jangan pernah kita merasa inferior,” tutupnya. 

Menjelang makan siang, IMGS 2022 diberhentikan sejenak. Namun, kamu nggak perlu khawatir, sebab keseruan IMGS 2022 masih akan berlanjut sampai sore nanti. See you!

Baca Juga: #IMGS2022: Yura Yunita dan Tantangannya Sebagai Musisi Perempuan

Baca Juga: #IMGS2022: Kisah Sonia Basil jadi Womenpreuner hingga Content Creator 

Baca Juga: IMGS 2022 Gaungkan Semangat Kolaborasi Bagi Generasi Muda Tanah Air