Surat Al-Qadr artinya kemuliaan. Berjumlah 5 ayat, Al-Qadr merupakan surah ke-97 dalam Alquran yang masuk pada golongan surat Makkiyah. Nama Al-Qadr sendiri diambil dari ayat pertama surat ini yang berbunyi "qadr".

Surat ini menjelaskan mengenai suatu malam yang sangat mulia, yang mana penuh kebaikan di dalamnya. Saking mulianya, tidak ada yang mengetahui kapan persisnya malam ini akan hadir. Namun, dalam hadis dijelaskan bahwa Lailatul Qadar akan datang pada malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

1. Surat Al-Qadr dan terjemahannya

Dapat Menyembuhkan Sakit, Berikut Kandungan & Keutamaan Surat Al-Qadrfreepik.com

إِنَّآ أَنزَلْنَٰهُ فِى لَيْلَةِ ٱلْقَدْرِ

inna anzalnahu fi lailatil-qadr

Artinya: Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam kemuliaan,

وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ

wa ma adraka ma lailatul-qadr

Artinya: dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?

لَيْلَةُ ٱلْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

lailatul-qadri khairum min alfi syahr 

Artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan,

تَنَزَّلُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ وَٱلرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ

tanazzalul-mala ikatu war-ruhu fiha bi izni rabbihim, ming kulli amr

Artinya: pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan,

سَلَٰمٌ هِىَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ ٱلْفَجْرِ

salamun hiya hatta matla’il-fajr

Artinya: malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

2. Makna di balik 1000 bulan

Dapat Menyembuhkan Sakit, Berikut Kandungan & Keutamaan Surat Al-Qadrstock.adobe.com/BillionPhotos.com

Malam Lailatul Qadar selalu dijelaskan sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan, mengapa demikian? Menurut riwayat dari Mujahid, Allah SWT menurunkan surat ini setelah seorang hamba di zaman Bani Israil beribadah di malam hingga pagi hari, serta berjuang melawan musuh selama seribu bulan.

Melihat ketangguhannya, Allah kemudian menurunkan surah Al-Qadr. Adapun hadis yang menjelaskan mengenai perjuangan pemuda tersebut. “Malam Lailatul Qadar masihlah lebih baik daripada seribu bulan yang dilakukan lelaki Bani Israil tersebut. Di mana ia tidak pernah meletakkan senjatanya.” (Tafsir Mujahid, halaman 740)

3. Kandungan dalam surat Al-Qadr

Dapat Menyembuhkan Sakit, Berikut Kandungan & Keutamaan Surat Al-Qadristockphoto.com/Dogan Kutukcu

Surat Al Qadar yang berjumlah 5 ayat ini menjelaskan mengenai keistimewaan suatu malam, yaitu Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar merupakan satu malam yang pahalanya lebih baik daripada malam 1000 bulan. Pada malam ini, Allah SWT akan memberikan banyak kebaikan bagi hambanya yang beribadah dan berdoa kepada-Nya. 

Diketahui, Alquran juga diturunkan pada malam Lailatul Qadar, itulah mengapa banyak umat muslim yang menyambut dengan gembira kedatangan malam ini. Atas izin Allah SWT, para malaikat akan turun ke bumi untuk mengatur segala urusan, termasuk permintaan hamba kepada Sang Pencipta. Pada malam ini, Allah SWT akan memberikan kesejahteraan bagi umatnya hingga batas matahari terbit.

4. Keutamaan surat Al-Qadr

Dapat Menyembuhkan Sakit, Berikut Kandungan & Keutamaan Surat Al-Qadristockphoto.com/omairhq

Menjadi salah satu surah yang tercatat di dalam Alquran, surat Al-Qadr memiliki banyak keutamaan bagi kamu yang rajin membacanya. Melansir dari situs Orami, beberapa keutamaannya, yaitu:

  • Pada salah satu hadis, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Qadr, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadan dan menghidupkan malam Al-Qadr.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 613). Merujuk pada hadis tersebut, dapat disimpulkan jika siapa saja yang membaca surat Al-Qadr akan mendapat pahala sama besar seperti orang berpuasa. 
  • Pada suatu hadis juga dijelaskan bahwa siapa saja yang membaca surah Al-Qadr selepas berwudu sebanyak 1x, maka Allah SWT memberi pahala untuknya seperti beribadah selama 50 tahun. Jika membacanya 2x, maka pahalanya seperti yang diberikan kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Musa. Jika membacanya 3x, maka si pembaca boleh memilih pintu surga mana yang ingin mereka masuki tanpa dihisab dan diazab. 
Dapat Menyembuhkan Sakit, Berikut Kandungan & Keutamaan Surat Al-Qadrdepositphotos.com/egypix
  • Imam Ja’far ash-Shadiq menjelaskan, “Barang siapa yang sakit, hendaknya ia mengambil bejana baru, kemudian diisi air oleh dirinya sendiri, lalu membacakan pada air itu surah Al-Qadr secara tartil sebanyak 30 kali, kemudian air itu diminum, dibuat wudu dan diusapkan pada bagian yang sakit, insyaallah dalam waktu tiga hari Allah akan menyembuhkannya dari penyakit itu.” 
  • Saif bin Amirah dari seorang lelaki, dari Abi Ja’far berkata, “Barangsiapa yang membaca surah Al-Qadr dengan suara keras, maka ia seperti orang yang mengayunkan pedangnya di jalan Allah SWT dan barangsiapa yang membacanya dengan suara pelan (rahasia), maka ia seperti orang yang mengalir ruhnya di jalan Allah SWT. Dan barangsiapa yang membacanya sepuluh kali, maka diampuni seribu dosanya.” (Al-Kafi, Juz 2 - 454).

Itulah terjemahan, kandungan dan keutamaan surat Al-Qadr yang membawa berkah bagi siapa saja yang membacanya. Jangan lupa dibaca ya, Bela.

Baca Juga: Dikerjakan 10 Malam Terakhir, Niat & Tata Cara Salat Lailatul Qadar

Baca Juga: Salat Sunah yang Bisa Dilakukan untuk Mengisi Malam Lailatul Qadr

Baca Juga: Dalil Tentang Keutamaan dan Ketentuan Sahur