Cara Naimma Aljufri Belajar Bahasa Jawa: Dengar Lagu Hingga Beli Buku

Naimma Aljufri belajar Jawa untuk perannya sebagai Bu Rohana

Cara Naimma Aljufri Belajar Bahasa Jawa: Dengar Lagu Hingga Beli Buku

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Nama Srimulat memang tak asing di Tanah Air. Namun, sebagai bagian dari kelompok Gen Z saya pun tak banyak mengetahui tentang Srimulat. Baru ketika Srimulat: Hil yang Mustahal hadir, saya berkenalan dengan grup lawak paling legendaris yang bubar di tahun 1989 ini. 

Kini, masih disutradarai oleh Fajar Nugros, film Srimulat kedua siap tayang serentak pada akhir November mendatang. Dibintangi oleh pemain yang sama dengan film pendahulunya, Srimulat: Hidup Memang Komedi mengisahkan Srimulat yang datang dari Jawa untuk tampil di TVRI.

Uniknya, para pemain film Srimulat banyak yang masih masuk sebagai kelahiran Gen Z. Untuk mendalami karakter masing-masing, tak jarang kekurangan sumber video menjadi tantangan yang mereka alami. Salah satunya dialami oleh Naimma Aljufri yang berperan sebagai Rohana. 

Sulitnya mencari sumber video

Berkesempatan wawancara khusus bersama Naimma Aljufri untuk perannya sebagai Rohana dalam film terbaru Srimulat, ia menjelaskan jika sulit menemukan sumber video yang memperlihatkan Rohana saat sedang bermain di atas panggung.

"Fun fact aku juga susah banget cari sourcenya Bu Rohana. Aku paling dikit. Cuma ada satu video di YouTube yang (ngomong) 'tidak', aku cuma bisa denger suaranya dari situ," kisahnya. 

Belajar bahasa Jawa untuk pendalaman peran

Tumbuh di tengah keluarga yang mostly menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari, kewajiban berbahasa Jawa sepanjang film Srimulat: Hidup Memang Komedi jadi tantangan untuk Naimma Aljufri. Dibantu Erick Estrada, Naimma belajar bahasa Jawa mulai dari aksen, pelafalan, hingga akhirnya lancar. 

"Akhirnya yang pertama kali aku lakuin itu dengerin lagu-lagu Jawa. Abis aku dengerin terus aku artiin satu-satu. Terus aku sampai beli buku Papak Bahasa Jawa untuk cari tahu apa sih yang harus dicari tahu pertama-tama," ungkapnya. 

Lucunya, meski sudah berusaha keras, Naimma Aljufri mengungkapkan jika masih ada kata yang sulit untuk dilafalkannya saat berakting sebagai sosok Bu Rohana. 

"Aku nggak bisa ngomong 'wae' malah kayak 'why'. Tapi karena karakter aku centil jadi disaranin untuk ngomong 'wae' pake nada bule," ungkapnya sambil tertawa.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here