8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumah

8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumah

Dibutuhkan kesabaran selama prosesnya

8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumah

Kamu baru saja mengadopsi kucing? Belum memiliki pengalaman merawat seekor kucing? Tidak perlu khawatir ketika kamu memutuskan untuk memiliki hewan peliharan di rumah, terutama kucing. Hewan ini memiliki sifat manja yang bikin kamu nggak bisa jauh-jauh dari mereka. 

Namun, ada beberapa kucing yang sulit didekati sehingga sulit mengajaknya bermain. Jika kucing kamu termasuk yang masih sulit didekati, inilah cara menjinakkan kucing peliharaan di rumah yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber. Yuk, coba praktikkan di rumah! 

1. Kucing perlu waktu untuk beradaptasi

8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumahpopbela.com/AyuUtami

Pindah ke lingkungan yang baru, tentu membuat kucing harus kembali beradaptasi dan mengenal sekitarnya. Ini bukanlah hal mudah, perubahan tempat tinggal akan menimbulkan perasaan tidak nyaman, bahkan dapat menyebabkan trauma. Berilah hewan peliharaan kamu waktu untuk dapat menyesuaikan diri, biasanya kucing butuh waktu sampai dua minggu agar merasa aman dan nyaman.

2. Jangan langsung dimandikan

8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumahfreepik.com/natalliaboroda

Harus beradaptasi di lingkungan baru adalah hal berat untuk seekor kucing, agar tidak membuatnya semakin stres dan tertekan, jangan langsung memandikannya. Setidaknya, berikan waktu minimal 1 minggu untuknya beradaptasi. Saat kucing sudah merasa mulai tenang, baru mandikan secara perlahan.

3. Tunggu sampai kucing mendekat duluan

8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumahfreepik.com/anastasiyay

Kucing adalah hewan dengan rasa penasaran yang tinggi. Kucing suka mengendus sesuatu yang asing, jadi tidak mengherankan saat melihatnya mengendus-endus rumah barunya. Saat ingin mengajaknya bermain, pancinglah rasa ingin tahu kucing agar hewan ini mendekat duluan. Berilah perhatian dan usapan pada tubuhnya untuk menunjukkan rasa sayang kamu kepadanya.

4. Menyediakan makanan kesukaan kucing

8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumahwww.catbreedslist.com

Salah satu cara menjinakkan kucing adalah dengan memancing mereka menggunakan makanan. Lakukan hal ini secara rutin untuk meningkatkan rasa percaya kucing kepada pemiliknya. Jangan lupa, perhatikan nutrisi hewan peliharaan kamu agar tetap sehat dan aktif.

5. Suara yang keras dapat mengganggu kucing

8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumahfreepik.com

Selama proses adaptasi, kucing akan mudah merasa ketakutan dan cemas jika mendengar suara yang terlalu keras. Saat merasa terancam, hewan ini akan langsung kabur dan mencari tempat bersembunyi. Jika mereka sedang dalam mode ketakutan, jangan memaksa mereka dengan menggendongnya. Kamu cukup berada di sisinya tanpa perlu menyentuh tubuhnya agar kucing merasa terlindungi.

6. Berilah ruang untuk kucing bergerak

8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumahfreepik.com

Agar kucing jinak dan mau diajak bermain, penting sekali memahami perasaannya, Bels. Jika kucing sedang merasa takut, cemas, serta ingin bersembunyi, berikanlah mereka waktu dan tempat untuk menenangkan diri. Jika kamu terlalu memaksanya, kucing bisa menjadi galak karena insting melindungi dalam diri mereka bangkit.

7. Manjakanlah kucing dengan mengusap tubuhnya

8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumahfreepik.com/max4e

Termasuk hewan yang manja, kucing senang jika diperhatikan. Luangkan waktu untuk bermain dan menggendongnya. Kamu bisa mengajak kucing bermain-main dengan cahaya dan tali. Perlakuan ini akan membuat kucing merasa disayang dan meningkatkan rasa percaya kepada pemiliknya. Jika sudah mulai akrab, cobalah ajak kucing kamu jalan-jalan.

8. Berikan obat penenang jika diperlukan

8 Cara Menjinakkan Kucing Peliharaan di Rumahfreepik.com/tenner001

Kucing akan mudah marah jika merasa takut dan tidak nyaman. Apabila sudah lebih dari dua minggu dan kucing masih sulit beradaptasi dengan lingkungan baru, kamu bisa memberikannya obat penenang seperti catnip, semprotan feromon, atau suplemen. Jika ragu-ragu, ajaklah ke dokter hewan agar mendapatkan perawatan.

Itulah beberapa cara untuk menjinakkan kucing peliharaan di rumah. Dibutuhkan kesabaran selama prosesnya, bahkan ada yang membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan sampai kucing terbiasa.

Menurut Becky Robinson, pendiri Alley Cat Allies, hampir semua kucing bisa dijinakkan, namun dibutuhkan kesabaran ekstra, perhatian, serta pemenuhan kebutuhan alami kucing agar hewan berkaki empat ini tidak stres.

Baca Juga: 8 Penjelasan Ilmiah Kenapa Kucing Suka Bermain dengan Kardus

Baca Juga: Perlu Dicermati! Ini 11 Ciri-Ciri Kucing Mau Mati 

Baca Juga: Awas Penyakit Menular! Ini 5 Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Guinness World Records Sebut Lisa BLACKPINK Cetak 3 Rekor Dunia!

Guinness World Records Sebut Lisa BLACKPINK Cetak 3 Rekor Dunia!

trending

Trending

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

7 Aksi Pamer Payudara di Atas Catwalk Terviral

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Inspiration

Review 'Mangkujiwo 2': Hidup dari Dendam, Darah, dan Dusta

Review 'Mangkujiwo 2': Hidup dari Dendam, Darah, dan Dusta