Kamu memiliki kamar tidur yang sempit dan nggak nyaman? Sering kali, kamar yang sempit membuat kesal penghuninya karena tidak dapat menaruh banyak barang dan hiasan. Namun, kamar tidur yang sempit bukan berarti tidak nyaman, lho! 

Dengan mengatur tata letak dan meminimalkan mebel yang kamu gunakan, akan membuat kamar kamu yang sempit menjadi terasa lebih luas dan nyaman. Penasaran? Yuk, disimak sampai habis! Inilah cara mendekorasi kamar tidur yang sempit agar terasa luas.

1. Meletakkan perabotan mepet ke dinding

Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa Luasid.pinterest.com

Cara mendekorasi kamar tidur yang sempit agar terasa luas pertama, adalah dengan meletakkan perabotan yang besar seperti kasur, meja belajar, hingga lemari, agar mepet ke dinding. Hal ini akan menghemat ruang di dalam kamar, sehingga kamar kamu akan terasa lebih luas.

2. Memasang cermin

Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa Luasid.pinterest.com

Memasang cermin di dalam kamar, akan membuat kamar kamu terasa lebih terang dan luas, akibat pemantulan cahaya. Usahakan menghindari pemasangan cermin dengan bingkai yang lebar. Alih-alih menghemat ruang, hal tersebut akan membuat kamar kamu semakin sempit.

3. Menggunakan satu warna

Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa Luasadseneca.com

Cara mendekorasi kamar tidur yang sempit agar terasa lebih luas, dengan memerhatikan warna cat yang digunakan. Sebaiknya, kamu menggunakan warna cerah, serta menghindari campuran banyak warna pada dinding, untuk menghindari kesan berantakan. Kamu bisa menggunakan warna netral seperti abu-abu, putih dan warna pastel.

4. Menghindari menggantung hiasan yang besar

Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa LuasSHUTTERSTOCK_PHOTOGRAPHEE.EU

Kamu suka menggantung hiasan besar seperti pigura di dalam kamar? Sebaiknya, kamu menggantinya dengan ukuran yang lebih kecil, agar tidak memakan ruang pada dinding. Perhatikan juga komposisi, tata letak dan bentuk pigura, agar mata nyaman saat memandangnya.

5. Menggunakan seprai motif polos

Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa LuasDok. Internet

Saat mendekorasi kamar tidur yang sempit agar terasa lebih luas, perhatikan juga motif seprai yang kamu gunakan. Menggunakan seprai dengan motif mencolok dan berwarna-warni, akan menimbulkan kesan penuh. Kamu bisa menggantinya dengan motif polos yang berwarna cerah.

6. Menata mebel dalam kamar

Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa Luasqhomemart.com

Agar kamar kamu terasa lebih luas, kamu bisa menata mebel secara vertikal. Secara psikologis, penataan secara vertikal akan menghasilkan kesan luas dan menghindari kesan sempit. Sebaiknya, gunakan lemari atau rak dengan model tinggi ramping, dibanding dengan model yang lebar dan pendek.

7. Pencahayaan yang cukup

Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa Luaspinterest.co.uk

Pencahayaan yang baik akan meningkatkan rasa nyaman di dalam kamar. Saat mendekorasi kamar tidur yang sempit agar terasa lebih luas, jangan menutupi cahaya yang ingin masuk ke dalam kamar. Saat pagi hari, kamu bisa memanfaatkan cahaya alami dari jendela. Di malam hari, kamu bisa memanfaatkan cahaya lampu untuk menerangi kamar. 

8. Menggunakan mebel multifungsi

Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa Luasid.pinterest.com

Kamu bisa menggunakan furniture yang multifungsi untuk menghemat ruang pada kamar. Contohnya, dengan menggunakan ranjang yang memiliki laci multifungsi di bawahnya, sehingga kamu tidak perlu menambahkan lemari di dalam kamar. Kamu juga bisa menggunakan meja rias sekaligus nakas, yang ditaruh di samping tempat tidur, untuk menaruh benda-benda seperti ponsel dan kacamata.

9. Menambahkan rak dinding

Inilah 9 Cara Mendekorasi Kamar Tidur yang Sempit Agar Terasa Luaswww.kamartidur.com

Kamu bisa menggunakan rak dinding untuk, mendekorasi kamar tidur yang sempit agar terasa lebih luas. Rak dinding akan menghemat ruang di dalam kamar, serta dapat kamu manfaatkan untuk penyimpanan barang, atau hanya sekadar tempat menaruh hiasan dinding agar lebih rapi.

Itulah cara mendekorasi kamar tidur yang sempit agar terasa luas. Selain menghemat ruang, kamu juga bisa menghemat bujet dan tenaga saat harus bersih-bersih kamar. Yuk, coba diterapkan di kamar kamu, biar nggak sumpek lagi!

Baca Juga: Menurut Feng Shui, 7 Warna Kamar Tidur Ini Membawa Energi Positif

Baca Juga: Cocok Buat Dekorasi, Ini 7 Produk Lampu Kamar yang Unik dan Estetik

Baca Juga: 10 Tips Feng Shui Kamar Tidur yang Bawa Hoki, Ubah Pelan-Pelan, Yuk!