Buah mangga atau mempelam merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Mangga, termasuk buah yang memiliki banyak jenis atau varietas, mulai dari mangga alpukat, mangga madu, mangga manalagi dan berbagi jenis lainnya. 

Buah mangga mengandung vitamin C, B6, A, E, B5 dan K, serta mengandung zat gizi penting seperti tembaga, folat, niasin, kalium, riboflavin, mangan, tiamin, magnesium dan antioksidan. Kandungan dalam buah mangga, baik untuk menjaga kesehatan mata, mencegah kanker dan diabetes, mengurangi risiko penyakit jantung, serta mendukung kesehatan kulit. 

Agar mangga terasa nikmat, kamu perlu menunggu mangga matang dengan sempurna. Namun, jika kamu sudah terlanjur membeli mangga yang masih setengah matang, inilah cara membuat mangga lebih cepat matang yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber.

1. Merendam mangga di dalam beras

7 Cara Jitu Membuat Mangga Lebih Cepat Matang dengan Sempurnaparenting.firstcry.com

Cara ini sudah dilakukan sejak zaman dulu. Jika kamu memiliki mangga setengah matang, kamu bisa merendamnya dengan beras selama beberapa hari. Beras akan membantu mengeluarkan gas etilen pada mangga, sehingga proses pematangannya lebih cepat. Kamu bisa mengeceknya setiap 12 jam sekali, agar mangga tidak terlalu matang atau busuk.

2. Meletakkan mangga di ruangan gelap

7 Cara Jitu Membuat Mangga Lebih Cepat Matang dengan Sempurnakitchenofindonesia.com

Selain merendam mangga di dalam beras, kamu bisa membantu mangga mempercepat pengeluaran gas etilen, dengan meletakkannya di tempat yang gelap dan tertutup rapat. Usahakan menaruh mangga dalam satu wadah, serta hindari ruangan dengan paparan sinar matahari langsung. Dalam beberapa hari, mangga akan matang dan memiliki rasa yang lebih lezat.

3. Membungkusnya dengan kertas

7 Cara Jitu Membuat Mangga Lebih Cepat Matang dengan Sempurnawikihow

Salah satu cara membuat mangga matang lebih cepat, adalah dengan membungkusnya dengan kertas. Membungkus dengan kertas, dapat menyimpan suhu hangat yang dibutuhkan oleh buah, untuk mempercepat proses buah menjadi matang. Kamu perlu menghindari pembungkusan dengan plastik, karena dapat mencegah udara segar masuk, sehingga mempengaruhi tingkat kematangan buah.

4. Menyimpan mangga dengan buah yang sudah matang

7 Cara Jitu Membuat Mangga Lebih Cepat Matang dengan Sempurnawww.freepik.com

Menyimpan mangga dengan buah yang sudah matang, adalah salah satu cara membuat mangga lebih cepat matang. Ketika kamu mencampur mangga mentah dengan mangga yang sudah matang, akan terjadi reaksi kimia, yang mempercepat kematangan pada mangga.

5. Meletakkan mangga pada suhu ruang

7 Cara Jitu Membuat Mangga Lebih Cepat Matang dengan SempurnaPexels_Morris Lowery Jr

Kamu bisa menaruh mangga yang belum matang dengan sempurna pada satu wadah. Kemudian, kamu letakkan mangga pada tempat yang kering dengan suhu ruang. Hal ini dapat membuat mangga matang lebih cepat. Mangga akan matang sekitar 2-3 hari kemudian.

6. Membungkus mangga dengan daun ketela

7 Cara Jitu Membuat Mangga Lebih Cepat Matang dengan Sempurnasupplybunny.com

Cara membuat mangga lebih cepat, adalah dengan membungkusnya dengan daun ketela. Prosesnya cukup cepat dan mudah, kamu hanya perlu meletakkan mangga mentah dan daun ketela dalam satu wadah. Setelah tertutup, simpan di dalam suhu ruang. Lakukan pengecekan secara berkala setiap 12 jam sekali. Mangga akan matang sekitar 1-2 hari. 

7. Menggunakan karbit

7 Cara Jitu Membuat Mangga Lebih Cepat Matang dengan SempurnaiStock

Penggunaan karbit atau kalsium karbida, akan mempercepat proses buah menjadi matang. Caranya cukup mudah;

  • Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan karbit secukupnya, pelepah pisang dengan panjang 10-12 cm.
  • Kemudian, bungkus karbit ke dalam pelepah pisang, lalu ikat dengan kuat.
  • Selanjutnya, kamu dapat membungkus mangga dengan karbit yang sudah dimasukkan ke dalam pelepah pisang.
  • Tunggu 1-2 hari agar mangga matang.

Itulah cara jitu membuat mangga lebih cepat matang dengan sempurna. Saat sudah matang, kamu perlu menghindari menaruh mangga di dalam kulkas. Suhu kulkas akan membuat tekstur buah berubah dan menawarkan rasa dari mangga. Jika terpaksa, kamu bisa menggunakan plastic wrap, untuk menutup wadah yang kamu gunakan untuk menaruh mangga. 

Baca Juga: Musim Mangga, Olah Jadi 3 Resep Minuman dan Dessert Segar, Yuk!

Baca Juga: Kaya Akan Serat, Ini 5 Manfaat Buah Plum yang Ampuh untuk Diet

Baca Juga: Berfungsi untuk Detox, Ini 5 Buah yang Bisa Kamu Konsumsi Rutin