Kehadiran hewan peliharaan di rumah akan membuat suasana terasa lebih hangat dan ramai. Menghabiskan waktu dengan hewan yang kita sayang dapat menghibur dan menciptakan suasana hati yang positif.

Namun, memelihara hewan memiliki risiko terkena masalah kesehatan jika tidak dirawat dengan baik. Hewan dapat menjadi sarana penularan virus, kuman, atau parasit yang menyebabkan penyakit.

Untuk itu, penting sekali menjaga kebersihan dan kenyamanan di rumah. Yuk, simak beberapa tips untuk mewujudkan rumah yang aman dan nyaman buat hewan peliharaan!

1. Selalu pastikan peralatan makan bersih dan steril

5 Tips Ciptakan Rumah Nyaman dan Sehat untuk Hewan Kesayanganistockphoto.com/TatyanaGl

Bukan hanya manusia, kebersihan makanan yang masuk ke dalam tubuh hewan juga perlu dijaga. Pastikan peralatan makan hewan peliharaan selalu bersih dan steril agar bebas dari bakteri dan virus. Sedikit tips, peralatan makanan harus dicuci secara berkala menggunakan air panas dan sabun. 

Untuk memiliki hewan peliharaan yang sehat, pemilik harus memperhatikan asupan yang akan diberikan kepada hewan. Makanan yang baik, berkualitas, dan mengandung gizi seimbang akan membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan.  

Perhatikan juga tekstur makanan yang kamu berikan, apakah sesuai dengan kesukaan dan kebutuhannya. Selain itu, kamu dapat memberikan vitamin dan obat cacing khusus hewan yang sesuai dengan kondisi serta kebutuhan.

2. Jaga kebersihan rumah dari bulu yang rontok

5 Tips Ciptakan Rumah Nyaman dan Sehat untuk Hewan Kesayanganistockphoto.com/portfolio/Solovyova

Bermain bersama akan membuat hewan peliharaan senang dan tidak stres. Namun, tidak jarang bulu-bulu mereka rontok sehingga mengotori karpet dan lantai. Bulu hewan yang berserakan ini dapat membawa bahaya bagi kesehatan tubuh.

Untuk itu, wajib menjaga rumah agar tetap bersih dengan rajin menyapu dan mengepel lantai—disarankan menggunakan vacuum cleaner. Selain itu, penggunaan air purifier akan membantu menyaring udara agar tetap sehat, sehingga mengurangi risiko terpaparnya virus dari hewan.

3. Pantau aktivitas dengan pet cam

5 Tips Ciptakan Rumah Nyaman dan Sehat untuk Hewan Kesayanganandroidauthority.com/best-pet-camera

Di sela-sela kesibukan bekerja, tentunya kita tidak bisa seharian penuh mengawasi hewan peliharaan. Namun, terkadang timbul rasa khawatir jika hewan kesayangan kita bermain sendirian tanpa ada yang mengawasi.

Untuk itu, kamu dapat memasang pet cam atau kamera CCTV di tempat-tempat mereka biasa bermain. Melalui kamera, kamu dapat mengawasi hewan peliharaan untuk memastikannya tetap aman.

4. Jaga kebersihan hewan setelah beraktivitas di luar rumah

5 Tips Ciptakan Rumah Nyaman dan Sehat untuk Hewan Kesayanganhelpguide.org/articles

Tidak dapat dipungkiri jika hewan peliharaan bisa saja menjadi perantara virus dan bakteri yang berbahaya. Maka, sangat penting untuk menjaga kebersihan hewan dengan rajin merawat dan memandikannya.

Saat memandikannya, gunakan sabun dan sampo khusus hewan dengan tingkat pH yang sesuai. Jangan lupa sikat gigi dan gunting kuku jika milik mereka mulai memanjang. Terakhir, sisir bulu agar terhindar dari kutu. 

Bukan hanya saat memandikannya, setelah beraktifitas di luar rumah pun jangan biarkan hewan peliharaan masuk dengan kaki kotor. Bersihkan telapak kaki, agar rumah kamu tetap bersih dan hewan peliharaan terjaga kesehatannya.

5. Bersihkan kandang secara berkala

5 Tips Ciptakan Rumah Nyaman dan Sehat untuk Hewan Kesayanganid.pinterest.com/MadisonWard3104

Salah satu kewajiban bagi pemilik hewan adalah menjaga kebersihan kandang atau alas tidurnya. Membersihkan kandang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan hewan dan pemilik. Di sisi lain, kandang yang kotor dapat membuat hewan mudah stres. Setidaknya, bersihkan kandang 2x sehari untuk meminimalisir penyebaran penyakit dan virus.

Rumah yang bersih akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi siapa saja yang tinggal di dalamnya. Bermain bersama hewan peliharaan juga akan terasa lebih menyenangkan. Yuk, jaga kebersihan rumah dan hewan peliharaan agar terhindar dari virus dan penyakit!

Baca Juga: Mudah dan Efektif! Ini 7 Tips Mengatasi Bau Hewan Peliharaan di Rumah

Baca Juga: 5 Kunci Membangun Ikatan yang Kuat dengan Hewan Peliharaan

Baca Juga: 7 Hal Paling Berbahaya yang Harus Dijauhkan dari Hewan Peliharaan