Kepopuleran anime tidak pernah padam. Sebab, banyak produksi film dan serial anime yang berhasil meraih rating tinggi. Film anime pertama dirilis pada tahun 1986 yang diproduksi oleh Studio Ghibli berjudul Castle in the Sky.

Belum jauh kita berada di tahun 2022, sudah terdapat jajaran film anime yang berhasil tembus box office di berbagai negara. Melansir dari Box Office Mojo, inilah jajaran anime terbaik sepanjang masa, meskipun daftar ini harus diperbaharui seiring berjalannya waktu.

1. Pokémon: The First Movie - Mewtwo Strikes Back (1998)

https://www.youtube.com/embed/egDYQSUEsHg

Masih menempati posisi pertama selama hampir satu dekade, Pokémon: The First Movie hadir di bawah arahan sutradara Kunihiko Yuyama. Berhasil meraih pendapatan lebih dari Rp2 triliun, Pokémon: The First Movie - Mewtwo Strikes Back mengisahkan seorang ilmuwan yang membuat kloning Pokémon hasil dari penemuan fosil Mythical Pokémon bernama Mewtwo.

Kehadiran Mewtwo adalah wujud pertentangan hukum alam, sehingga membuatnya terbunuh di tangan ciptaannya sendiri. Mewtwo yang diliputi kemarahan menyadari jika asal usulnya tidak jelas, membuat dirinya mulai membenci manusia dan berusaha membalas dendam. 

2. Demon Slayer the Movie: Mugen Train (2020)

https://www.youtube.com/embed/bFwdl2PDAFM

Film yang juga merupakan sekuel langsung dari serial animasi Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba ini diproduksi oleh studio animasi Jepang, Ufotable. Banyak mendapat pujian dari penonton maupun kritikus, film ini berhasil meraup keuntungan sebesar Rp5.1 triliun dari seluruh dunia. 

Demon Slayer the Movie: Mugen Train berfokus pada petualangan Tanjiro dan kawan-kawannya dalam misi memburu iblis. Bersama Pilar Api, Kyojuro Rengoku, mereka bertarung melawan iblis yang telah menyiksa banyak orang dan membunuh banyak pemburu iblis yang menentangnya.

3. Pokémon the Movie 2000 (1999)

https://www.youtube.com/embed/_XnPp0hFgCI

Setahun setelah kesuksesan film pertamanya, Pokémon the Movie 2000 masih mempercayakan Kunihiko Yuyama sebagai sutradara. Bersama Michael Haigney sebagai pengisi suara, film ini berhasil mengantongi keuntungan sebanyak Rp1,9 triliun.

Pokémon the Movie 2000 hadir untuk kembali membawa penonton berpetualang di dunia  Pokémon. Ash dan kawan-kawan sedang dalam perjalanan melalui Orange Islands, namun tidak menyadari bahaya yang mengintai di perairan yang tenang itu.

4. Dragon Ball Super: Broly (2018)

https://www.youtube.com/embed/FHgm89hKpXU

Dragon Ball Super: Broly disutradarai oleh Tatsuya Nagamine, serta ditulis oleh Akira Toriyama selaku penulis asli manga Dragon Ball. Di bawah studio animasi Toei Animation, film yang berdurasi 100 menit ini berhasil mengantongi keuntungan sebanyak Rp1,64 triliun. Sukses mendominasi box office Jepang, film ini akan menampilkan pertarungan seru antara Goku dengan seorang Saiyan baru bernama Broly setelah berakhirnya Tournament of Power.

5. Jujutsu Kaisen 0: The Movie (2021)

https://www.youtube.com/embed/eGSL-l95VXw

Hadir sebagai prekuel dari serial Jujutsu Kaisen, film yang diangkat dari manga karangan Gege Akutami ini berhasil meraih rating 8.7 di IMDb. Di garap oleh studio animasi MAPPA, Jujutsu Kaisen 0: The Movie mengajak Megumi Ogata sebagai pengisi suara Yuta Okkotsu, Kana Hanazawa sebagai Rika Orimoto, Yuichi Nakamura sebagai Satoru Gojo, hingga Takahiro Sakurai sebagai Suguru Geto.

Jujutsu Kaisen 0: The Movie berkisah mengenai seorang anak SMA penyendiri bernama Yuta Okkutsu yang mendapat kutukan dari teman masa kecilnya, Rika. Semenjak berubah menjadi roh kutukan, Rika tidak pernah melepas diri dari Yuta. Bertemu dengan salah satu penyihir terkuat saat ini, Satoru Gojo, dirinya pun mulai belajar mengendalikan kekuatan Rika.

6. Yu-Gi-Oh!: The Movie - Pyramid of Light (2004)

https://www.youtube.com/embed/nLsHpu2MSQ4

Film berdurasi 102 menit ini digarap oleh studio animasi Studio Gallop dan 4Kids Entertainment. Mengajak Hatsuki Tsuji sebagai sutradara, Yu-Gi-Oh!: The Movie - Pyramid of Light diangkat dari film pertama, Yu-Gi-Oh!

Mengisahkan Anubis, orang jahat dari Mesir Kuno yang pernah dikalahkan oleh Atem, kini datang dan menuntut balas. Menggunakan kekuatan dari Millenium Item ke-8, Anubis datang untuk menghancurkan Yugi sang Raja Permainan agar dapat menguasai dunia.

7. The Secret World of Arrietty (2010)

https://www.youtube.com/embed/VlMe7PavaRQ

Film animasi Jepang produksi Studio Ghibli ini disutradarai oleh Hiromasa Yonebayashi. Diangkat dari buku The Borrowers karya Mary Norton, jalan cerita film ini ditulis oleh Hayao Miyazaki dan Keiko Niwa.

Berhasil masuk ke dalam jajaran film box office, The Secret World of Arrietty berhasil meraih banyak penghargaan, salah satunya 34th Japan Academy Prize 2011 untuk kategori Animation of the Year. 

Mengisahkan petualangan Arrietty, seorang gadis liliput yang tergolong sebagai The Borrowers atau peminjam. Pada hari pertama misinya, Arrietty dan ayahnya harus tertangkap basah saat sedang meminjam gula dan tisu. Lantas, apakah kehidupan Arrietty dan keluarganya akan baik-baik saja?

8. Pokémon 3 the Movie: Spell of the Unown (2000)

https://www.youtube.com/embed/SEqstQn0sag

Film ketiga Pokémon ini telah sukses besar seperti dua film pendahulunya. Sebelum rilis, film ini didahului oleh film pendek berdurasi 20 menit berjudul, Pikachu & Pichu. Masih di bawah arahan sutradara Kunihiko Yuyama, Pokémon 3 the Movie: Spell of the Unown mengisahkan perjalanan Ash dan teman-teman setianya ke kota pegunungan Greenfield. Di sini, mereka akan bertemu dengan Unown,  Pokémon paling misterius dari Pokémon yang pernah mereka temui sebelumnya.

9. Ponyo (2008)

https://www.youtube.com/embed/CsR3KVgBzSM

Film animasi besutan Studio Ghibli, Ponyo, disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Dikenal juga dengan judul Ponyo on the Cliff by the Sea, film ini mengisahkan persahabatan antara bocah laki-laki berusia 5 tahun, Sosuke, dan ikan kecil bernama Ponyo yang sangat ingin menjadi manusia. Dibintangi oleh Tomoko Yamaguchi, Kazushige Nagashima hingga Yuki Amami, Ponyo menjadi salah satu box office terlaris di Amerika Serikat.

10. My Hero Academia: Heroes Rising (2019)

https://www.youtube.com/embed/ezHmHHt0B78

Sebuah film tentang pahlawan super, My Hero Academia: Heroes Rising merupakan film yang diangkat dari manga My Hero Academia karya Kōhei Horikoshi. Diproduksi oleh studio anime Bones, film ini mendapat arahan langsung dari Kenji Nagasaki. 

Berdurasi 104 menit, My Hero Academia: Heroes Rising mengisahkan petualangan murid U.A Academy Class 1-A saat mengunjungi Pulau Nabu. Di tempat yang terlampau damai ini, mereka diserang oleh penjahat. Bersama-sama, mereka harus menyatukan kekuatan, terutama untuk menaklukkan pemimpin mereka, Nine.

Itulah deretan anime terbaik sepanjang sejarah yang berhasil masuk ke dalam jajaran film box office. Dahulu, anime disiarkan hanya melalui televisi, kini kamu dapat menonton anime melalui berbagai situs streaming film.

Tertarik menontonnya, Bela?

Baca Juga: 10 Film Anime Terbaik Sepanjang Masa, Bisa Ditonton Bareng Keluarga

Baca Juga: Punya Kekuatan Super, Ini 7 Anime Seru Wajib Tonton

Baca Juga: Penuh Ketegangan! Ini Jalan Cerita 'Attack on Titan' Season 1-4