Uang merupakan suatu hal yang cukup kompleks untuk dibahas. Tanpa uang, kita sebagai makhluk hidup tentunya nggak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari baik kebutuhan primer maupun sekunder. Dalam mengatur kebutuhan yang melibatkan uang, sudah pasti kita sangat berhati-hati dalam menggunakannya. Nah, tahu nggak sih, Bela ternyata ada dua tipe orang dalam hal cara mereka mengatur keuangan, yaitu hemat dan pelit.

Kalau sekilas mungkin hemat dan pelit itu agak mirip sifatnya karena sama-sama memiliki kehati-hatian dalam hal menggunakan uang. Tapi ternyata ada yang membedakan lho dari dua tipe orang ini. mau tahu apa aja sih perbedaannya? Langsung kepoin aja yuk, Bela!

1. Hemat dan pelit tentu sama-sama suka menabung, bedanya kalau hemat ia nggak akan merugikan orang lain.

5 Hal Ini Buktikan Kalau Hemat dan Pelit Itu Berbeda
lafrankieagency.com
 

Orang hemat dan pelit memiliki satu kesamaan yang nggak bisa dipungkiri, yaitu uang. Namun, bedanya dengan hemat, orang pelit cenderung memaksakan kehendak supaya uangnya tetap dalam jumlah yang sama. Cara yang dia lakukan biasanya meminta bahkan memohon sesuatu kepada orang lain dengan alasan ia sedang dalam keadaan kekurangan, padahal itu semua hanya alasan saja supaya dia nggak merasa rugi.

2. Orang hemat lebih mempertimbangkan kualitas, sedangkan pelit lebih mempertimbangkan harganya

5 Hal Ini Buktikan Kalau Hemat dan Pelit Itu Berbeda
theglamandglitter.com
 

Orang hemat emang paling cerdik. Ia lebih suka membeli barang dengan harga mahal tapi mampu awet dalam jangka panjang ketimbang barang murah namun mudah sekali rusak. Dengan melakukan hal tersebut, orang hemat nggak perlu repot lagi untuk membeli kembali barang yang sama karena hal itu sama saja dengan pemborosan.

3. Orang pelit menyimpang uangnya tanpa tujuan, sedangkan orang hemat mengalokasikan tabungannya untuk investasi

5 Hal Ini Buktikan Kalau Hemat dan Pelit Itu Berbeda
money.usnews.com
 

Nah, perbedaan selanjutnya antara orang pelit dan hemat terletak pada cara mereka menabung. Orang pelit selalu menyimpan uangnya setiap bulan dengan tanpa tujuan apapun. Biasanya orang pelit menabung karena ia sangat merasa ketakutan akan kekurangan di kemudian hari. Lain halnya dengan orang hemat, ia akan menabung untuk membangun masa depan dengan cara melakukan investasi ke beberapa bisnis. Sehingga uang yang ia investasikan bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan. Hebat kan?

4. Orang pelit selalu meminimalis keperluan yang ada, sedangkan orang hemat memprioritaskan keperluan apa yang harus ia beli

5 Hal Ini Buktikan Kalau Hemat dan Pelit Itu Berbeda
brit.co
 

Yap, ini lah yang paling membedakan antara orang pelit dan hemat. Orang pelit sebisa mungkin akan mengurangi keperluannya sehingga uang yang ia keluarkan kan pun nggak banyak. Beda banget sama orang hemat, orang hemat justru memprioritaskan kebutuhan apa yang wajib dibeli. Sehingga dengan cara ini ia tahu mana yang wajib dibeli dan mana yang tidak.

5. Orang pelit selalu merasa keberatan untuk mengeluarkan uang. Sedangkan orang hemat tidak

5 Hal Ini Buktikan Kalau Hemat dan Pelit Itu Berbeda
heraldscotland.com
 

Orang pelit memang selalu berpikir dua kali untuk mengeluarkan uang. Ia selalu beralasan tidak memiliki cukup uang untuk hal tersebut. Padahal sebenarnya ia berbohong agar uangnya tetap aman dan nggak berkurang sama sekali.

BACA JUGA: 10 Perbedaan yang Menandakan Kamu Sombong atau Penuh Percaya Diri​