Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah guna untuk memajukan Indonesia melalui pendanaan pendidikan kepada generasi muda Indonesia yang berprestasi. Untuk bisa mendapatkan beasiswa ini pun nggak mudah. Diperlukan kesiapan yang matang serta perjuangan yang akan kamu rasakan ketika bersaing demi beasiswa yang satu ini. Nah, tahun ini LPDP kembali lagi membuka kesempatan untuk anak muda yang ingin mencoba peruntungannya untuk mendapatkan beasiswa melalui lembaga ini.

Buat kamu nih yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon awardee beasiswa LPDP, ini kebijakan baru beasiswa LPDP di tahun 2018. Penasaran kan? Keep on reading, Bela!

Ini  Nih yang Harus Kamu Tahu Seputar Beasiswa LPDP 2018!
tokkoro.com
 

Nah, di beasiswa LPDP terdapat pembaharuan daftar perguruan tinggi tujuan tahun 2018. Daftar ini pun dibagi menjadi dua yaitu, program reguler dan program afirmasi. Untuk perguruan tinggi luar negeri program reguler diambil dari daftar perguruan tinggi luar negeri berperingkat Top 20 dari 3 pemeringkat internasional yaitu, Quacquarelli Symonds (QS), Times Higher Education (THE), dan Academic Rangking of World University (ARWU) dan juga ditambah lagi dengan Top 10 program studi.

Untuk program afirmasi, beasiswa yang diberikan diambil dari Top 200 universitas dari daftar 3 pemeringkat internasional seperti yang ditetapkan program reguler di atas dan ditambah lagi dengan Top 50 program studi. Buat kamu yg ingin tahu daftar perguruan tinggi luar negeri beasiswa LPDP tahun 2018, bisa dilihat disini ya, Bela!

Ini  Nih yang Harus Kamu Tahu Seputar Beasiswa LPDP 2018!
tokkoro.com
 

Ada yang baru juga nih dari program beasiswa LPDP di tahun 2018 ini. Buat masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi dalam pembiayaan beasiswa awardee nantinya, bisa banget nih melalui program CO-Funding. Jika kamu memilih mekanisme ini, penerima beasiswa akan bersama-sama membiayai pendidikannya dengan LPDP (sharing cost) berupa biaya kuliah, biaya hidup, serta living cost selama mengenyam pendidikan.

Ini  Nih yang Harus Kamu Tahu Seputar Beasiswa LPDP 2018!
tokkoro.com
 

Pada tahun 2018 ini, LPDP mengeluarkan jenis beasiswa baru. Beasiswa ini berupa beasiswa afirmasi yang ditujukkan kepada PNS, TNI, POLRI, serta Santri (Info beasiswa khusus santri menyusul). Beasiswa khusus ini pun harus diusulkan dari masing-masing instansi.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan beasiswa LPDP, persiapan apa saja yang sudah siapkan? Yuk, berbagi cerita dengan Popbela!

BACA JUGA: Jangan Takut untuk Apply Beasiswa ke Luar Negeri! Lihat Daftar Penyedianya Dulu Saja, Yuk​