IDN Media kembali menggelar acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) pada 29-30 September 2022 di The Tribrata, Jakarta setelah sempat tertunda karena adanya pandemi COVID-19. Kali ini, IMGS 2022 menghadirkan lebih dari 50 pembicara inspiratif yang menguasi berbagai bidang masing-masing, mulai dari politik, bisnis, ekonomi, budaya, media, sosial, olahraga, teknologi, sampai kepemimpinan millennial dan generasi Z.

Hari pertama Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 di salah satu stage, yakni Talent Trifecta, membahas mengenai apa itu sebenarnya livestream di era masa kini.

Dengan tiga pembicara ahli, yaitu Rado Ardian (CEO of NOICE), Ogie Baringbing (Head of Live Streaming Lazada Indonesia), dan Bangpen (Content Creator & Streamer) yang memberikan pandangannya masing-masing mengenai livestream.

1. Livestream punya hal unik

#IMGS2022: Bicara Live Streaming dengan Para AhlinyaDok. IDN Media

Di era saat ini, inovasi media sudah makin meluas dan berkembang, salah satunya dengan adanya live streaming. Platform ini bukan hanya menjadi tempat sebagai saluran penyiaran saja, tetapi sebagai suatu alat yang menjadi penghubung dari berbagai sudut pandang.

Dengan kegunaannya tersebut, Rado Ardian sebagai CEO of NOICE berpendapat jika live streaming memiliki dua keunikan yang membuktikan kelebihannya.

"Keunikannya itu, pertama ketika konten yang dibawakan benar-benar memiliki value yang tinggi, maka livestream sangat berguna untuk itu. Kedua, di mana livestream ini bisa mengubah sesuatu yang tidak ada menjadi nyata," ujarnya.

2. Livestream sudah tak ada batas!

#IMGS2022: Bicara Live Streaming dengan Para AhlinyaDok. IDN Media

Livestream selalu saja berhubungan dengan media sosial. Hal menariknya, market and business dapat memanfaatkan platform tersebut sebagai branding di masa kini.

Bagi Ogie Baringbing, hal ini sangat menguntungkan. Terlebih saat pandemi COVID-19, Live menjadi salah satu fitur yang sangat berguna untuk mendongkrak peluang ekonomi menjadi meningkat karena waktunya yang tak terbatas.

"Livestream tidak ada batasannya, di mana orang lain bisa berinteraksi kapan pun dengan mudah," ujar Ogie.

3. Kemudahan dengan adanya livestream

#IMGS2022: Bicara Live Streaming dengan Para AhlinyaDok. IDN Media

Dengan adanya livestream di era teknologi saat ini, tentu sangat memudahkan para konten kreator dalam mencari engagement. Sebab, yang terpenting adalah bagaimana nilai branding seseorang dalam livestream tersebut. 

Bangpen beranggap bahwa hal itu benar, ia pun berpesan jika yang paling utama bagi seorang konten kreator ketika melakukan siaran langsung, yakni kenyamanan viewers ketika melihatnya. 

"Mencari engagement itu tidak sulit sekarang, yang penting adalah nilai branding dan kenyamanan penonton saat melihat konten kalian," tutur Bangpen.

Yup! Itu dia pandangan dari ketiga ahli livestream di bidangnya masing-masing. Untuk kamu yang penasaran apa saja yang ada di acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022, tunggu keseruan pembahasan lainnya, ya!

Baca Juga: #IMGS2022: Hal Positif dari Kepemimpinan Perempuan ala Alina Darmadi

Baca Juga: #IMGS2022: Yura Yunita dan Tantangannya Sebagai Musisi Perempuan

Baca Juga: #IMGS2022: 7 Tips Keuangan untuk Para Sandwich Generation