Sukses di industri hiburan Tanah Air tampaknya tak menyurutkan semangat Bunga Zainal untuk melebarkan sayapnya ke dunia bisnis. Aktris kelahiran 23 Maret 1987 ini bahkan sudah memiliki sejumlah kerajaan bisnis yang cukup sukses dan beromzet besar. Mulai dari bisnis kecantikan, barang-barang branded, hingga bisnis menjanjikan seperti perhiasan berlian.

Tapi siapa sangka, di balik kesuksesannya ini, Bunga juga sempat merasakan pahitnya ditipu oleh rekan bisnisnya sendiri. Namun, ia tetap bangkit dan kini bahkan berhasil menciptakan bisnis yang lebih besar lagi. Semangat dan totalitas Bunga Zainal sebagai female entrepreneur ini tentu selaras dengan campaign “Future is Female” yang digagas oleh Popbela.

Seperti diketahui, pemain film Dancing in the Rain ini merupakan salah satu artis perempuan pertama yang terjun ke bisnis skin care dan kini berhasil meraih respons positif di pasaran. Lantas, seperti apakah perjalanan Bunga Zainal dalam membangun bisnis ini? Bagaimana pandangannya tentang arti kecantikan dan caranya menghadapi insecurity? Simak obrolan lengkapnya bersama Popbela berikut ini!

Sudah berbisnis sejak masa sekolah

Jaga Kesehatan Kulit, Kunci Tampil Cantik Natural a la Bunga ZainalInstagram.com/bungazainal05

Sukses menjadi seorang artis dan hidup serba berkecukupan, nyatanya Bunga Zainal tidak hanya mengandalkan penghasilan dari profesinya sebagai entertainer saja. Tak ingin stuck di dunia hiburan, istri dari produser film, Sukhdev Singh, ini pun memilih untuk terjun ke dunia bisnis.

Rupanya, Bunga memang sudah memiliki jiwa berbisnis sejak remaja, lho. Dimulai dari berjualan pakaian online saat masih sekolah, kini ia lebih memilih untuk fokus ke bisnis kecantikan. Hingga akhirnya, perempuan berusia 33 tahun ini mendirikan bisnis skin care di tahun 2018. Beruntungnya, keinginan Bunga untuk berbisnis ini juga mendapatkan dukungan penuh dari sang suami.

Jaga Kesehatan Kulit, Kunci Tampil Cantik Natural a la Bunga ZainalInstagram.com/bungazainal05

“Sebenarnya aku memang lebih senang bisnis sih. Dunia entertainment senang juga, tapi itu udah berapa tahun yang lalu aku lewatin. Aku mau coba sesuatu yang beda dan nggak mau stuck di dunia entertainment, jadi aku mulai coba bisnis. Kalau main bisnis online, dari zaman sekolah dulu aku suka banget jualin barang online. Dulu lebih ke fashion sih bisnisnya, kayak baju. Tapi, belakangan aku pikir skin care udah marak banget, skin care lokal juga banyak banget disukai dan nggak kalah sama di luar. Keluarga support, suami support, jadi daripada di rumah juga nggak ngapa-ngapain ya udah jalan,” tutur Bunga di tengah sesi pemotretan campaign “Future is Female” bersama Popbela.

Sempat ditipu rekan bisnisnya sendiri

Jaga Kesehatan Kulit, Kunci Tampil Cantik Natural a la Bunga ZainalPopbela.com/Andre Wiredja

Mendirikan sebuah bisnis yang besar tentu tak lepas dari segala suka dan duka yang harus dilewati. Pemilik nama lengkap Bunga Nurlaila Martha Sari Zainal Fazri ini menceritakan bahwa dirinya bahkan sempat merasakan dimanfaatkan dan ditipu rekan bisnis sendiri. Atas hal ini, ia pun harus merasakan kerugian yang cukup besar.

Namun, Bunga tetap bangkit kembali. Ia memutuskan untuk ‘pecah kongsi’ dan mendirikan bisnis bersama suaminya saja. Setahun berselang, Bunga mendirikan BUZA Skin Care and Cosmetics, tepatnya pada Februari 2019. Kejadian pahit yang pernah ia alami sebelumnya pun menjadi pelajaran yang amat berharga baginya untuk tak lagi memberikan kepercayaan penuh, sekalipun pada rekan bisnisnya sendiri.

Jaga Kesehatan Kulit, Kunci Tampil Cantik Natural a la Bunga ZainalInstagram.com/bungazainal05

“Aduh sering ya (mengalami suka duka), ditipu juga pernah. Mungkin karena rasa kepercayaan yang berlebih sama seseorang, jadi akhirnya kita terlalu percaya, jadinya kita dimanfaakan. Salah satu alasannya kenapa kemarin aku pisah sama partner aku juga ada sebab ‘begitu’ juga. Tapi aku pikir, ya udahlah itu pengalaman dan pelajaran buat aku. Sekarang aku lebih hati-hati. Apa yang terjadi waktu dua tahun lalu itu pelajaran banget. Aku nggak boleh lagi lakukan hal itu di produk dan brand aku sekarang,” cerita Bunga.

Tak hanya BUZA Skin Care and Cosmetics saja, Bunga Zainal kini juga melebarkan bisnisnya dengan membuat minuman kolagen bertajuk BUZA Beauty Drink, serta bisnis katering dan florist bernama BUNGABOX. 

Cantik itu natural

Jaga Kesehatan Kulit, Kunci Tampil Cantik Natural a la Bunga ZainalInstagram.com/bungazainal05

Beberapa tahun silam, Bunga Zainal sempat dirumorkan telah melakukan operasi plastik lantaran penampilan wajahnya yang dinilai berbeda. Padahal, kenyataannya justru sebaliknya. Di saat banyak orang memilih untuk mengubah penampilan mereka dengan operasi plastik dan treatment kecantikan lainnya, Bunga justru bergeming. Aktris berzodiak Aries ini memilih untuk mempertahankan wajah aslinya secara natural tanpa dirombak sedemikian rupa. 

Sebagai seorang perempuan yang bergelut di bisnis kecantikan, Bunga pun memiliki pandangan tersendiri soal arti cantik di matanya. Baginya, cantik itu ketika kita bisa merawat kulit agar tetap sehat dan ternutrisi dengan baik. Tak hanya itu, Bunga menilai bahwa beauty is a natural. 

“Cantik itu yang penting kulitnya sehat ya, jadi nggak harus putih. Kalau dulu bayangan aku tuh cantik itu harus putih bahkan aku pernah terobsesi dengan kulit putih karena dulu kulit aku agak cokelat gitu. Tapi makin ke sini aku malah pikir yang penting sehat aja sih, mau warna dan jenis kulit apa pun yang penting kulit sehat aja,” ungkapnya.

Cara Bunga Zainal hadapi insecurity

Jaga Kesehatan Kulit, Kunci Tampil Cantik Natural a la Bunga ZainalPopbela.com/Andre Wiredja

Bukan rahasia umum lagi bahwa dunia hiburan akan selalu mengalami regenerasi. Banyak artis muda yang seolah ‘menggantikan’ posisi artis yang lebih senior untuk tampil di layar kaca. Rupanya, hal ini juga sempat menimbulkan kekhawatiran tersendiri di benak Bunga Zainal. Selama ini kita mengenal bahwa Bunga adalah sosok artis yang selalu cantik dan awet muda, tapi rupanya ia pun memiliki insecurity layaknya perempuan pada umumnya.

Pemain film The Perfect Husband ini mengaku bahwa di usianya yang sudah memasuki kepala 3, ia kerap merasa tak lebih cantik dan muda dibandingkan lawan mainnya yang lain. Namun, kekhawatirannya itu segera ia tepis. Caranya, dengan bersyukur bahwa penampilannya saat ini masih natural tanpa perlu treatment di klinik kecantikan.

Jaga Kesehatan Kulit, Kunci Tampil Cantik Natural a la Bunga ZainalInstagram.com/bungazainal05

“Aku masih super natural. Tapi, kadang-kadang aku insecure juga kalau di tayangan dan ngerasa kayak, ‘Aduh gue harus botox deh kayaknya, harus tarik benang’. Itu kan salah satu insecurity. Tapi aku balik lagi, gitu-gitu kan udah ada waktunya, mungkin nanti. Dan aku merasa beauty itu is a natural. Kalau kamu lebih natural ya mungkin kamu lebih cantik. Ketika lagi insecure, yaudah aku balik lagi, disyukuri aja karena aku merasa banyak orang yang gagal dalam mengubah penampilan mereka. Jadi aku masih bersyukur masih natural,” aku Bunga.

Rahasia cantik a la Bunga Zainal

Jaga Kesehatan Kulit, Kunci Tampil Cantik Natural a la Bunga ZainalInstagram.com/bungazainal05

Tetap cantik meski tampil natural, tentunya banyak orang penasaran apa sih tips cantik a la Bunga Zainal? Jawaban ternyata ada dalam asupan makanan yang dijaga olehnya. Ibu dua anak ini rupanya nggak sembarangan makan, bahkan ia sudah 12 tahun tidak mengonsumsi daging merah, lho.

“Paling aku jaga makan juga ya, nggak sembarangan semua aku makan. Sebenarnya aku udah 12 tahun nggak makan daging merah. Nggak vegan atau vegetarian juga, tapi daging merah memang enggak. Tahun ini aku juga udah mulai sama sekali nggak makan daging-dagingan, entah ayam atau kambing. Sekarang makan proteinnya itu lebih ke ikan karena menurut aku itu pengaruh banget sih untuk kulit,”  jelasnya.

Pentingnya self-love dan beranilah melangkah

Jaga Kesehatan Kulit, Kunci Tampil Cantik Natural a la Bunga ZainalInstagram.com/bungazainal05

Di akhir perbincangan, Bunga Zainal juga memberikan pesan untuk para perempuan yang belum berani untuk melangkah dan memulai bisnis, serta pentingnya self-love dalam diri masing-masing.

"Kita harus berani untuk memulai, speak up itu penting banget karena banyak perempuan yang nggak berani untuk speak up, dan mulailah untuk mencintai diri sendiri. Kita boleh bergaul, kita boleh modern, tapi kita juga harus lihat kita harus mencitai diri sendiri dan melihat lingkungan kita. Jangan pernah takut untuk melakukan sesuatu yang menurut kita baik dan membuat kita berkembang," tutupnya.

Photo Credits

Photographer: Andre Wiredja 

Fashion Editor: Michael Richards 

Stylist: Tbmyudi 

Assistant Stylist: Shita Aliefia 

Makeup Artist: Ranggi Pratiwi 

Hair Stylist: Kimmy 

Wardrobe: kimono & rok ERIDANI, aksesori milik stylist, heels milik Bunga  

Baca Juga: Mirip Seleb Korea, Begini Penampilan Bunga Zainal Sekarang

Baca Juga: 4 Cara Bunga Zainal Bagi Waktu Antara Pekerjaan dan Keluarga

Baca Juga: Merakit Mimpi Versi Yura Yunita: Nggak Boleh Gampang Menyerah!