Setiap hari kulit akan memproduksi sel kulit mati dan untuk mendapatkan kulit yang lebih mulus tentunya pergantian sel kulit harus lebih sehat. Walaupun ada banyak kandungan yang dipercaya dapat bekerja maksimal dalam pergantian sel kulit baru namun ada bahan yang dipercaya lebih maksimal dari apapun yaitu bahan retinol atau yang biasa dikenal sebagai vitamin A. 

Kandungan bahan retinol banyak kamu temui pada produk serum anti aging atau krim untuk kulit berjerawat. Walau begitu banyak orang yang memiliki kulit sensitif untuk tidak berani bersentuhan dengan bahan yang satu ini. Padahal retinol bisa digunakan oleh semua jenis kulit kalau penggunaannya benar, supaya tahu bagaimana sih cara menggunakan retinol yang benar untuk kulit sensitif? Simak terus ulasannya!

1. Mencuci wajah menggunakan cleanser bertekstur lembut

Bagi Pemilik Kulit Sensitif, Ini Cara Tepat Menggunakan Retinolkiehls.com

Banyak dokter yang menyarankan untuk mencuci wajah terlebih dahulu untuk memastikan kebersihan wajah. Cleanser yang dianjurkan pun tak sembarangan, bagi kulit sensitif, cleanser dengan tekstur yang lembut adalah bagian dalam mempersipakan kulit untuk terhindar dari iritasi.

2. Jangan lupa untuk menggunakan moisturizer

Bagi Pemilik Kulit Sensitif, Ini Cara Tepat Menggunakan Retinolrd.com

Karena bahan retinol memang dikenal sedikit keras, maka bagi si kulit sensitif, hidrasi kulit wajah terlebih dahulu. Dengan kulit wajah yang lembap, maka kulit akan menyerap bahan retinol dengan sempurna. Gunakan moisturizer sebelum menggunakan bahan retinol ya Bela.

3. Hindari penggunaan bahan keras dalam rangkaian skincare lainnya

Bagi Pemilik Kulit Sensitif, Ini Cara Tepat Menggunakan Retinoltheskincareedit.com

Untuk mencegah iritasi pada kulit, sebaiknya saat kamu sedang menggunakan bahan retinol, cukup fokus dengan bahan tersebut. Jangan gunakan skincare berbahan asam lainnya karena dapat mengikis kulitmu. 

4. Jangan pakai retinol secara berlebihan

Bagi Pemilik Kulit Sensitif, Ini Cara Tepat Menggunakan Retinolbustle.com

Penggunaan bahan retinol memiliki aturannya sendiri lho. Pasalnya dokter menyarankan untuk menggunakan bahan tersebut sebesar kacang polong saja. Jangan sampai kamu menggunakan produk terlalu banyak, alih-alih ingin kulit mulus, malah menjadi bencana untuk kulitmu.

5. Melatih kulitmu dengan menggunakan bahan retinol secara rutin

Bagi Pemilik Kulit Sensitif, Ini Cara Tepat Menggunakan Retinolfaizabeautycream.com

Bisa karena terbiasa sepertinya berlaku dalam penggunaan skincare. Untuk membiasakan kulitmu yang sensitif, gunakan bahan yang satu ini secara perlahan tapi pasti. Gunakan sedikit demi sedikit tetapi secara rutin. Dan percayalah kulitmu akan terbiasa dengan bahan retinol.

Ternyata bahan retinol tidak semenakutkan itu ya Bela? 

Baca Juga: Beberapa Fakta Tentang AHA yang Mungkin Belum Kamu Ketahui