Merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang dialami sebagian perempuan, flek hitam pun dapat terjadi pada siapa saja. Walau kehadirannya dapat disamarkan, flek hitam tetap sangatlah mengganggu. Banyak berbagai cara yang ditawarkan untuk dapat menghilangkan masalah kulit yang satu ini. 

Sebelum kamu memilih cara yang tepat untuk mengatasinya, sebaiknya kenali dulu penyebab flek hitam pada kulit wajahmu ya Bela!

1. Sinar ultraviolet

Penyebab Flek Hitam yang Wajib Kamu Ketahuiwomeninbalance.org

Sebagai penyebab flek hitam yang paling terkenal, tentunya kamu harus melindungi kulit wajahmu dengan rajin menggunakan sunscreen yang mengandung SPF cukup tinggi. Karena sinar ultraviolet dapat meningkatkan produksi melanin yang kemudian menimbulkan bercak flek hitam pada beberapa bagian wajahmu.

2. Polusi udara

Penyebab Flek Hitam yang Wajib Kamu Ketahuishutterstock.com

Tak hanya sinar ultraviolet saja, ternyata polusi udara pun mengambil peran dengan menjadi salah satu penyebab flek hitam. Efek radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi udara dapat berpengaruh pada tampilan kulitmu, untuk itu sebaiknya lindungi juga dari dalam dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

3. Hormon

Penyebab Flek Hitam yang Wajib Kamu Ketahuinetdoctor.co.uk

Tak hanya jerawat saja yang dapat disebabkan oleh perubahan hormon, nyatanya flek hitam juga dapat disebabkan oleh faktor yang satu ini lho! Sebagai salah satu penyebab flek hitam, perubahan hormon dapat diseimbangkan oleh gaya hidup yang sehat.

4. Gen

Penyebab Flek Hitam yang Wajib Kamu Ketahuiidentity-mag.com

Salah satu penyebab flek hitam juga datang dari gen lho! Jika kamu memiliki orangtua yang lahir dengan flek hitam pada kulit, tentunya hal tersebut juga dapat terjadi pada dirimu. Meski faktor yang satu ini mungkin sedikit sulit untuk diatasi, namun kamu tetap bisa merawatnya dan membuat kulit tampak lebih cerah.

5. Mengonsumsi obat

Penyebab Flek Hitam yang Wajib Kamu Ketahuifamilylivingtoday.com

Meski kadang obat sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit pada tubuhmu, bukan berarti obat aman-aman saja saat digunakan. Kandungan bahan kimia yang terdapat pada obat yang kamu konsumi dapat berefek pada kulitmu dengan menciptakan hiperpigmentasi yang berlebihan. Penyebab flek hitam yang satu ini dapat kamu hindari dengan mengurangi konsumsi obat dan cobalah untuk mengonsumsi bahan natural.

6. Efek facial

Penyebab Flek Hitam yang Wajib Kamu Ketahuiallure.com

Walau salah satu penyebab flek hitam yang satu ini kurang dapat dipahami, namun percayalah hal tersebut tidak berbicara tentang alat facial yang kamu gunakan, tetapi bahan kimia yang digunakan pada kulit wajahmu dapat meningkatakan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.

7. Terserang penyakit

Penyebab Flek Hitam yang Wajib Kamu Ketahui100percentpure.com

Tak boleh disepelekan, terkadang penyebab flek hitam dapat muncul dari hal-hal yang tidak terduga seperti penyakit kulit yang dapat berlanjut lebih parah. Untuk itu penting sekali menjaga kesehatan kulitmu ya.

Itulah penyebab flek hitam yang wajib kamu ketahui agar kamu juga lebih mudah saat mengatasinya. Selamat mencoba ya Bela!

Baca Juga: Ikuti Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami