Pernahkah kamu mengalami alergi? Jika pernah, pasti kamu tahu rasanya! Beberapa penelitian membuktikan bahwa hampir seluruh orang pernah mengalami alergi. Seseorang yang sedang mengalami alergi biasanya disertai dengan berbagai tanda pada tubuhnya seperti rasa gatal pada kulit, munculnya bintik-bintik kemerahan, beberapa anggota tubuh menjadi bengkak mendadak, merasakan pusing yang luar biasa, diare, pilek, dan masih banyak tanda lainnya yang sangat mengganggu kenyamanan. 

Selain beberapa tanda alergi, kamu pun juga wajib mengetahui penyebab alergi untuk lebih memudahkanmu saat hendak mengatasinya. Yuk simak!

1. Seafood

Siapapun pasti tahu dengan penyebab alergi yang satu ini. Yup, makanan laut atau seafood kerap kali menjadi lawan bagi hampir banyak orang. Beberapa jenis seafood yang menjadi penyebabnya ialah udang, kerang, lobster, gurita, dan cumi-cumi. Dari kebanyakan kasus, biasanya seseorang yang mengalami alergi seafood akan merasakan pembengkakan pada beberapa area wajah, sesak napas, kulit terasa gatal disertai kemerahan, dan berbagai tanda lainnya.

2. Susu sapi

Susu sapi yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi memang sangat baik untuk kesehatan karena kaya akan manfaat. Namun, untuk sebagian orang, kandungan protein yang terdapat pada susu sapi dapat menjadi masalah yang menimbulkan alergi. Itu sebabnya, susu sapi pun dapat termasuk penyebab alergi yang menyebabkan kulit gatal kemerahan disertai berbagai tanda lainnya.

Penting Banget untuk Diketahui, Kenali 7 Penyebab Alergi Berikut Ini!mirror.co.uk

3. Telur

Nggak heran jika telur disebut sebagai salah satu penyebab alergi. Telur memang dapat menimbulkan peradangan pada kulit seperti jerawat atau bisul. Hal itulah yang juga membuat telur dapat menimbulkan alergi dengan tanda kulit yang gatal kemerahan. Namun, biasanya dapat langsung diatasi dengan mengonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter kok.

4. Kacang-kacangan

Penyebab alergi selanjutnya ialah makanan yang dikenal dengan berbagai kandungan vitamin serta proteinnya yang cukup tinggi. Seseorang yang mengalami alergi akibat kacang tanah dapat menimbulkan asma, perut mulas, serta rasa gatal pada kulit.

Penting Banget untuk Diketahui, Kenali 7 Penyebab Alergi Berikut Ini!vfiles.com

5. Bulu hewan

Buat kamu yang selalu bersin yang disertai tanda lainnya seperti mata perih dan kulit gatal akibat bersentuhan dengan hewan, bisa jadi penyebab alergi tersebut dikarenakan kamu memiliki alergi dengan bulu hewan. Buat kasus seperti itu, sebaiknya kamu menghindari bersentuhan dengan jenis hewan yang berbulu juga pakaian atau aksesori yang terbuat dari bulu hewan asli.

6. Udara

Kerap disebut sebagai penyebab alergi yang paling mudah terjadi pada hampir semua orang, biasanya seseorang akan menunjukkan reaksinya seperti sesak napas, kulit kemerahan, dan gatal saat berada di daerah yang bersuhu dingin, terlalu panas atau udara yang berpolusi tinggi. Namun, tak perlu khawatir karena cara mengatasinya pun cukup untuk mempersiapkan obat alergi khusus atau menggunakan pelindung seperti masker dan aksesori lainnya.

Penting Banget untuk Diketahui, Kenali 7 Penyebab Alergi Berikut Ini!fashiongonerogue.com

7. Obat-obatan

Penyebab alergi yang satu ini memang tak dialami oleh semua orang, namun untuk beberapa orang yang alergi jenis obat-obatan tertentu seperti antibiotik, aspirin, dan obat-obatan herbal akan mengalami tanda seperti batuk, hidung penuh dengan lendir, kulit menjadi kemerahan, serta berbagai tanda lainnya. Jika kamu mengalaminya saat mengonsumsi obat tertentu, sebaiknya hentikan segera obat yang sedang kamu minum dan cari cara mengatasinya dengan pergi langsung ke dokter.

Jadi, itu dia beberapa penyebab alergi yang kerap kali membuat resah. Jika kamu sudah tahu apa yang menjadi penyebab alergi, sebaiknya hindari dan cari tahu cara mengatasinya.

Baca Juga: Jika Sering Alami 5 Hal Ini, Bisa Jadi Kamu Alergi Terhadap Gluten!