Kulit memiliki banyak jenis, dari mulai jenis kulit normal, berminyak, kombinasi, hingga jenis kulit berjerawat. Di tengah berbagai jenis kulit yang beragam, tentunya perawatannya pun berbeda-beda, terlebih jenis kulit yang bermasalah seperti kulit berjerawat. Cukup berbeda dengan jenis kulit lainnya, jenis kulit berjerawat yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti gen, hormon, bahkan makanan ini biasanya memiliki cara khusus dalam perawatannya. Jika salah merawat, bisa-bisa jerawat pada kulit menjadi lebih parah. 

Untuk itu, buat kamu yang memiliki permasalahan dengan jenis kulit yang satu ini dapat menemukan beberapa cara merawat wajah berjerawat yang tepat agar kulitmu tetap sehat dan dapat menjadi lebih bersih. Apa saja ya itu? Yuk simak terus artikelnya!

1. Selalu menjaga kebersihan kulit wajah

7 Cara Merawat Wajah Berjerawat yang Tepat Agar Kulit Tetap Sehatcosmeticsbusiness.com

Bakteri p acne kerap disebut sebagai penyebab jerawat semakin berkembang sehingga terjadi peradangan pada kulit wajah. Hal tersebut terjadi karena disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan termasuk kebersihan kulit wajah. 

Sebagai cara merawat wajah berjerawat yang tepat, tentu kamu pun harus lebih memperhatikan kebersihan wajah dengan lebih memperhatikan helm, sarung bantal, dan benda lainnya yang hendak dipakai sehari-hari. 

2. Gunakan pencuci wajah khusus kulit berjerawat

7 Cara Merawat Wajah Berjerawat yang Tepat Agar Kulit Tetap Sehatthelist.com

Menjaga kebersihan kulit terasa tak cukup jika tidak dilengkapi dengan penggunaan pencuci wajah khusus untuk kulit berjerawat. Karena biasanya, produk pencuci wajah untuk kulit berjerawat memiliki kandungan aktif yang bekerja dalam mengatasi peradangan pada jerawat serta mengangkat sel kulit mati. Tentulah, cara merawat wajah berjerawat yang tepat ini sangat membantu sebagai langkah awal dalam hal merawat kulit.

3. Pastikan kulit wajah bersih menggunakan toner

7 Cara Merawat Wajah Berjerawat yang Tepat Agar Kulit Tetap Sehatvineverareviews.com

Tak hanya sekedar menggunakan pembersih wajah, cara merawat wajah berjerawat yang tepat lainnya juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan toner sehabis mencuci wajah. Toner bekerja untuk memastikan kulit wajah sudah bersih dan kotoran terangkat dengan sempurna sehingga mencegah timbulnya jerawat kembali.

4. Gunakan clay mask sebagai perawatan mingguan

7 Cara Merawat Wajah Berjerawat yang Tepat Agar Kulit Tetap Sehatthelaborganics.com.au

Sebagai salah satu cara merawat wajah berjerawat yang tepat, menggunakan clay mask setiap seminggu sekali dapat kamu lakukan. Clay mask memang diciptakan untuk kulit berminyak, berjerawat, maupun kulit yang memiliki tampilan pori-pori besar. Diformulasikan khusus untuk mengangkat kotoran, mengontrol minyak berlebih, serta merawat kulit wajah sehingga terhindar dari masalah jerawat.

5. Jangan lupa untuk menggunakan produk yang dapat mengeksfoliasi

7 Cara Merawat Wajah Berjerawat yang Tepat Agar Kulit Tetap Sehatlorealparisusa.com

Proses eksfoliasi atau yang biasa dikenal sebagai proses pengangkatan sel kulit mati ini memang sangat diperlukan oleh pemilik kulit berjerawat. Untuk itu, lakukanlah cara merawat wajah berjerawat yang tepat dengan menggunakan berbagai produk yang dapat mengeksfoliasi seperti yang memiliki kandungan aktif, biasa disebut chemical peeling dan juga produk scrub yang juga dapat mengangkat sel kulit mati secara physical.

6. Gunakan treatment spot untuk mengobati jerawat

7 Cara Merawat Wajah Berjerawat yang Tepat Agar Kulit Tetap Sehatallure.com

Nah, menggunakan obat jerawat tentu tak boleh terlupakan. Karena cara yang satu ini merupakan salah satu cara merawat wajah berjerawat yang tepat. Tak perlu susah untuk mencarinya, obat jerawat sangat mudah untuk ditemukan. Sadar akan kebutuhan banyak orang, berbagai merk kecantikan pun mulai menawarkan jenis treatment praktis yang satu ini. Tak hanya dijual bebas, dokter kulit pun memiliki obat jerawat khusus yang juga fokus untuk mengatasi jerawat.

7. Menghindari makanan pemicu jerawat

7 Cara Merawat Wajah Berjerawat yang Tepat Agar Kulit Tetap Sehathealth.am

Tahu nggak sih, salah satu cara merawat wajah berjerawat yang tepat ialah juga menjaga dari dalam yaitu dengan lebih memperhatikan makanan yang hendak kamu konsumsi. 

Selain itu, kamu juga harus menghindari berbagai makanan yang dikenal sebagai pemicu jerawat seperti makanan yang mengandung gula, makanan cepat saji, makanan berminyak, makanan dengan kandungan susu, dan masih banyak jenis makanan pemicu jerawat lainnya.

Jadi, buat kamu yang memiliki jenis kulit rentan berjerawat, lakukanlah beberapa cara yang sudah Popbela bagikan. Ketujuh cara merawat wajah berjerawat yang tepat tersebut dapat benar-benar membantumu dalam mengontrol keluarnya jerawat pada kulit. Semoga artikelnya bermanfaat!

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami