Sama halnya dengan masalah kulit jerawat, kehadiran milia cukup mengganggu banyak orang. Milia merupakan masalah kulit berbentuk benjolan kecil pada kulit yang menyerupai jerawat namun berwarna putih dan biasanya terdapat pada area mata. 

Disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati yang terjebak pada kulit bagian dalam, kerap kali masalah kulit yang satu ini dikira jerawat, padahal penyebab dan cara penanganannya pun sangtlah berbeda. 

Buat kamu yang mencari tahu cara menghilangkan milia, baca terus artikel ini sampai habis ya!

1. Gunakan sabun wajah berbahan alami

Nggak Susah, Ini Cara Mudah Menghilangkan Miliahealth.com

Langkah cara menghilangkan milia yang pertama untuk dapat kamu lakukan tentu dimulai dari proses pembersihan wajah. Hal sederhana yang satu ini wajib kamu perhatikan dengan memilih produk pencuci wajah yang bebas dari berbagai bahan berbahaya seperti silikon, paraben, dan bahan lainnya yang dapat memperparah milia. Pilih produk pencuci wajah dengan kandungan bahan alami yang dapat merawat serta membantu mengurangi milia pada wajah.

2. Lakukan terapi uap pori-pori

Nggak Susah, Ini Cara Mudah Menghilangkan Miliatheduskybeauty.com

Setelah memilih produk pencuci muka yang tepat, beralihnya ke cara menghilangkan milia selanjutnya yaitu dengan melakukan terapi uap pori-pori. Tenang, nggak sulit kok. Kamu cukup mengambil satu baskom air panas, gunakan uapnya untuk membuka pori-pori kulitmu dan lakukan perawatan selanjutnya yaitu eksfoliasi.

3. Rutin melakukan eksfoliasi wajah

Nggak Susah, Ini Cara Mudah Menghilangkan Miliaelitedaily.com

Penting sekali untuk melakukan cara menghilangkan milia yang satu ini. Eksfoliasi tak hanya mampu untuk mengangkat sel kulit mati, tetapi juga dapat menghaluskan permukaan kulit wajah termasuk menghilangkan milia secara perlahan. Agar tak terluka, pilih produk dengan scrub bertekstur lembut.

4. Gunakan produk toner berbahan lembut

Nggak Susah, Ini Cara Mudah Menghilangkan MiliaByrdie.com

Cara menghilangkan milia selanjutnya ialah dengan memastikan kulit bersih dan agar semakin maksimal dalam penyerapan produk lainnya dengan menggunakan produk toner yang tepat. Untuk yang bermasalah dengan milia, hindari toner dengan kandungan alkohol dan pilih toner berbahan lembut seperti tanaman herbal atau bunga.

5. Coba melakukan perawatan dengan berbagai bahan alami pilihan

Nggak Susah, Ini Cara Mudah Menghilangkan Miliaorganicfacts.net

Tak hanya mencoba cara menghilangkan milia dengan produk yang dijual bebas saja, tetapi kamu juga dapat melakukan cara lainnya dengan berbagai bahan alami pilihan yang terbukti ampuh untuk menghilangkan milia, seperti salah satunya adalah madu yang memiliki kandungan antibakteri.

6. Gunakan krim retinoid

Nggak Susah, Ini Cara Mudah Menghilangkan Miliacoveteur.com

Tak hanya ampuh dalam menghilangkan jerawat, krim retinoid yang mengandung vitamin A nyatanya juga sering digunakan sebagai cara menghilangkan milia. Namun, sebelum mencobanya, sebaiknya tanyalah dahulu kepada ahli kulit agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.

7. Periksakan ke dokter kulit

Nggak Susah, Ini Cara Mudah Menghilangkan Miliahaberturk.com

Jika beberapa cara menghilangkan milia diatas sudah kamu coba dan tak berhasil, mungkin kamu bisa segera memeriksakannya ke dokter kulit untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Jadi, buat kamu yang sedang bermasalah dengan masalah kulit yang satu ini, tentu saja beberapa cara menghilangkan milia direkomendasikan untuk kamu coba sendiri. Semoga artikelnya membantu ya Bela!

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Komedo yang Wajib Kamu Tahu Kebenarannya