Setiap orang pasti ingin memiliki kulit wajah yang mulus tanpa pori-pori yang terlihat bukan? Walau memiliki fungsi yang baik untuk kulit, pori-pori wajah terkadang dapat mengganggu penampilan sekaligus dapat menjadi tempat tumbuhnya komedo dan jerawat. 

Untuk itu, banyak sekali orang yang mencari cara mengecilkan pori-pori yang mudah untuk dilakukan. Melihat hal tersebut, Popbela akan membahas 7 cara yang dapat dilakukan langsung di rumah. Penasaran kan? Disimak terus sampai habis!

1. Mencuci wajah menggunakan air dingin

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Mudah untuk Dilakukanyoutube.com

Langkah cara mengecilkan pori-pori yang paling mudah untuk kamu lakukan ialah mengubah kebiasaan mencuci wajahmu. Kalau mungkin biasanya kamu menggunakan air hangat untuk mencuci wajah, sebaiknya ganti dengan air dingin. Suhu dingin dapat membantu menjaga elastisitas kulit dan dapat membantu mengecilkan pori-pori.

2. Lakukan perawatan dengan es batu

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Mudah untuk Dilakukancarwash.com

Selain mencuci wajah dengan air dingin, menggosokkan wajah dengan es batu pun dapat dilakukan sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori yang mudah untuk kamu lakukan. Selain dapat mengecilkan pori-pori, es batu juga dapat membantu wajah tampak lebih bercahaya.

3. Kurangi melakukan facial

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Mudah untuk Dilakukanvictoriabourque.com

Walaupun kelihatannya baik untuk wajah, namun proses facial pun dapat mempengaruhi ukuran pori-pori menjadi lebih besar. Sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori yang dapat kamu lakukan ialah dengan menghindari perawatan facial untuk menjaga agar kulit tetap mulus.

4. Selalu menggunakan sunscreen

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Mudah untuk Dilakukanvixendaily.com

Pasti kamu masih bingung dengan cara mengecilkan pori-pori yang satu ini bukan? Walaupun kelihatannya seperti tidak ada hubungannya, namun sunscreen dapat bekerja untuk melindungi kulit dari kerusakan kulit akibat sinar matahari yang daapt menyebabkan penuaan dini yang cukup berpengaruh pada ukuran pori-pori sehingga menjadi lebih membesar.

5. Lakukan steam wajah

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Mudah untuk Dilakukanbluestoneessentials.com

Untuk menjaga pori-pori agar tetap bersih dan kencang ialah dengan melakukan cara mengecilkan pori-pori yang satu ini. Steam wajah sudah dikenal sejak dulu sebagai perawatan ampuh dalam menjaga kesehatan kulit. Uap yang dihasilkan dapat merawat serta melindungi pori-pori juga.

6. Rajin maskeran

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Mudah untuk Dilakukanjapanobjects.com

Sebagai salah satu cara mengecilkan pori-pori yang terbaik, kamu pun tak dapat melewati penggunaan masker seperti perawatan mingguan. Gunakan masker berjenis sheet mask yang dapat memberikan kelembapan serta membuat pori-pori menjadi tampak lebih kecil.

7. Mengonsumsi makanan sehat

7 Cara Mengecilkan Pori-Pori yang Mudah untuk Dilakukanthedoctorweighsin.com

Terkahir, kamu bisa melakukan cara mengecilkan pori-pori dengan banyak mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Kandungan bergizi yang terdapat pada makanan tersebut dapat meregenerasi kulit serta merawatnya dari dalam, secara otomatis pori-pori wajah pun menjadi mengecil.

Jadi, itu dia 7 cara mengecilkan pori-pori yang mudah untuk dilakukan. Semoga artikelnya bermanfaat dan selamat mencoba!

Baca Juga: 5 DIY Masker Wajah Alami untuk Bersihkan Pori-pori Tersumbat