Beberapa perempuan pasti pernah mengalami kesulitan dalam mengatasi masalah kulit kusam. Beberapa faktor seperti kurangnya merawat kulit wajah atau terlalu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan dapat menjadi penyebab terbesar kulit kusam. Kulit wajah kusam dapat membuat tampilan wajah tampak lesu dan kurang segar. 

Melihat hal tersebut, banyak perempuan yang mendambakan kulit wajah bersih dan cerah. Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara untuk mengatasi kulit kusam, kali ini Popbela akan menjawabnya pada artikel kali ini. Jadi, buat kamu yang ingin tahu, ikuti terus ya artikelnya!

1. Rajin membersihkan wajah

7 Cara Mengatasi Kulit Kusam health.com

Langkah awal sebagai cara mengatasi kulit kusam ialah rajin membersihkan kulit wajah untuk mengangkat sisa minyak dan kotoran penyebab warna kulit tampak sangat kusam. Cukup mencuci wajah sebanyak 3 kali dalam sehari, jangan terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

2. Rutin melakukan eksfoliasi

7 Cara Mengatasi Kulit Kusam besthealthmag.ca

Melakukan eksfoliasi sangat dikenal sebagai cara mengatasi kulit kusam yang sangat ampuh. Terdapat dua jenis eksfoliasi yaitu eksfoliasi secara kimia yaitu menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan aktif dan eksfoliasi secara physical yaitu menggunakan scrub. Dengan melakukan eksfoliasi, kulit mati penyebab kulit kusam akan terangkat dengan sempurna.

3. Sering menggunakan masker

7 Cara Mengatasi Kulit Kusam indulgeme.ie

Cara mengatasi kulit kusam lainnya adalah dengan rutin menggunakan masker sebagai perawatan rutin. Jenis masker yang disarankan ialah sheet mask dan clay mask yang memiliki kandungan pemutih sehingga kulitmu tampak lebih cerah.

4. Menggunakan krim pencerah

7 Cara Mengatasi Kulit Kusam lorealparisusa.com

Kamu juga bisa menggunakan krim pencerah sebagai cara mengatasi kulit kusam yang mudah untuk kamu lakukan. Pilih produk krim pencerah dengan kandungan yang aman sehingga kulitmu tampak cerah natural.

5. Jangan lupa membersihkan sisa makeup

7 Cara Mengatasi Kulit Kusam hartleybeauty.com

Buat kamu yang sering menggunakan makeup, bisa jadi bahan kimia yang terkandung di dalam produk makeup yang kamu gunakan dapat menyebabkan kulit semakin kusam. Sebagai cara mengatasi kulit kusam, penting sekali lho memperhatikan kebersihan wajah dengan rajin untuk membersihkan makeup seusai menggunakan. Bersihkan makeup hingga benar-benar bersih agar bahan kimia yang terkandung di dalamnya tak merusak kulit wajahmu.

6. Tak lupa menggunakan sunscreen saat hendak keluar

7 Cara Mengatasi Kulit Kusam MSN.com

Paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit wajah semakin kusam. Namun, tak perlu khawatir karena cara mengatasi kulit kusam yang satu ini cukup familiar. Gunakan produk sunscreen sebagai pelindung kulit wajahmu dari paparan sinar matahari.

7. Hindari kebiasaan buruk

7 Cara Mengatasi Kulit Kusam californiawineryadvisor.com

Salah satu hal yang cukup penting untuk kamu lakukan sebagai cara mengatasi kulit kusam adalah dengan menghindari berbagai kebiasaan buruk penyebab kulit kusam seperti merokok, minum alkohol, begadang, mengonsumsi makanan cepat saji, dan lain-lain. Sebaiknya bangun kembali gaya hidup sehat agar kulitmu tampak segar selalu.

Jadi, itulah cara mengatasi kulit kusam yang wajib kamu lakukan agar kulit wajahmu tampak lebih cerah dan segar. Jangan lupa juga untuk terus melakukan beberapa langkah perawatan wajah untuk menjaganya. Semoga artikelnya bermanfaat ya Bela!

Baca Juga: Ini Dia Kandungan Skincare untuk Kulit Berjerawat