Apakah kamu pernah bermasalah dengan kulit yang iritasi? Pasti, beberapa di antara kamu pernah merasakannya. Kulit menjadi iritasi biasanya disertai dengan beberapa tanda seperti rasa gatal yang sedikit perih atau panas serta kulit menjadi kemerahan. Beberapa faktor yang menjadi penyebab iritasi pada kulit biasanya karena cuaca, benda asing, kurangnya pertahanan kulit, makanan, dan bahan kimia yang terdapat pada produk kecantikan yang digunakan. 

Namun, tak perlu khawatir, karena ada beberapa bahan alami untuk menenangkan kulit iritasi yang patut untuk menjadi solusi terbaikmu. Kita lihat yuk apa saja bahan alami tersebut!

1. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal dengan gel-nya yang kerap kali dimanfaatkan pada berbagai produk kecantikan karena keampuhannya untuk mengatasi iritasi serta bersifat menenangkan. Hal tersebut yang membuat lidah buaya disebut sebagai salah satu bahan alami untuk menenangkan kulit iritasi yang paling populer. 

2. Madu

Selain lidah buaya, bahan alami untuk menenangkan kulit iritasi lainnya ialah madu. Tekstur madu yang sangat lembut dapat memberikan kenyamanan saat diaplikasikan pada kulit yang sedang mengalami iritasi. Selain teksturnya, kandungan antioksidan yang tinggi pada madu juga sangat bagus untuk mengunci kelembapan pada kulit.

Wow, 7 Bahan Alami untuk Menenangkan Kulit Iritasi Ini Ampuh Banget!Twitter.com

3. Mentimun

Siapa sih yang tak pernah memanfaatkan mentimun sebagai perawatan kulit? Tentu saja, hampir semua perempuan pernah menggunakannya. Disebut sebagai salah satu bahan alami untuk menenangkan kulit iritasi, mentimun yang dikenal dengan kandungan airnya yang sangat tinggi ini mampu mengatasi kulit iritasi, kering, gatal, dan merawatnya hingga kembali sehat.

4. Minyak kelapa

Walaupun jarang diketahui, namun minyak kelapa pun tak kalah dari bahan alami untuk menenangkan kulit iritasi lainnya. Beberapa orang yang pernah bermasalah dengan kulit sensitif pun mengatakan bahwa minyak kelapa mampu menenangkan kulit yang bermasalah serta membasmi bakteri yang terdapat pada area sekitar kulit.

Wow, 7 Bahan Alami untuk Menenangkan Kulit Iritasi Ini Ampuh Banget!zhangjingna.com

5. Oatmeal

Oatmeal yang terbuat dari gandum utuh pun dikenal dengan manfaatnya yang sangat beragam, salah satunya ialah kemampuannya dalam mengatasi peradangan dan iritasi. Bahan alami untuk menenangkan kulit iritasi yang satu ini bisa kamu gunakan langsung sebagai masker dan hasilnya kulit iritasi pun tampak berkurang serta menjadi lebih halus.

6. Pepaya

Termasuk ke dalam salah satu bahan alami untuk menenangkan kulit iritasi, pepaya dengan kandungan enzim papain-nya terbukti sangat baik untuk kulit dan teruji ampuh dalam mengatasi berbagai masalah kulit termasuk kulit iritasi. Pepaya juga memiliki kandungan air yang dapat memberikan kelembapan maksimal pada kulit.

Wow, 7 Bahan Alami untuk Menenangkan Kulit Iritasi Ini Ampuh Banget!philjones-photography.co.uk

7. Alpukat

Sudah tak diragukan lagi, buah favorit semua orang ini dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menenangkan kulit iritasi yang sangat ampuh dan direkomendasikan. Nggak hanya karena teksturnya yang lembut, tetapi kandungan yang terdapat pada alpukat dapat mendorong produksi kolagen sehingga iritasi dan luka pada kulit dapat teratasi dengan sempurna.

Jadi, buat kamu yang sedang mengalami iritasi dan bingung untuk mengobatinya, kamu bisa mencoba ketujuh bahan alami untuk menenangkan kulit iritasi yang dipilih pada artikel yang satu ini. Semoga artikelnya bermanfaat ya, Bela!

Baca Juga: 6 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Bruntusan