Jerawat menjadi masalah kulit yang  paling mengganggu, Tak hanya menurunkan kepercayaan diri, jerawat juga terasa perih sampai pusing. Jerawat merupakan kondisi kulit yang tersumbat dengan minyak dan sel-sel kulit mati. 

Kondisi ini semakin diperparah dengan tekanan emosional yang meningkatkan jerawat. Selain itu, jerawat juga dianggap sebagai biang masalah, bahkan jerawat seringkali dikaitkan dengan mitos-mitos yang mengkhawatirkan. Berikut ini mitos dan fakta seputar jerawat wajah yang wajib kamu ketahui. 

1. Makeup tebal menyebabkan jerawat

Ungkap 5 Mitos dan Fakta Jerawat Pada Wajah Freepik.com

Penggunaan makeup yang terlalu tebal membuat pori-pori kulit menjadi tersumbat. Minimnya udara akibat tertimbun foundation, bedak dan produk lainnya, membuat kulit kurang mendapatkan ruang bebas. 

Jika aktivitas kamu mengharuskan menggunakan foundation dan bedak tebal, sebaiknya pilih produk kosmetik yang mengandung bahan silika, titanium dioksida dan zinc oxide. Kamu juga bisa menggunakan produk non komedogenik dan non acnegenic.  

2 Makan kacang memicu tumbuhnya jerawat

Ungkap 5 Mitos dan Fakta Jerawat Pada Wajah Pixabay.com

"Jangan makan kacang banyak-banyak, nanti jerawatan", ungkapan tersebut seringkali didengar. Beberapa orang menyarankan agar membatasi diri dalam mengonsumsi kacang. Kacang memang mengandung lemak yang tinggi, namun bukan berarti kacang memicu pertumbuhan jerawat dengan cepat. 

Karena, kacang tidak menyebabkan penumpukkan minyak atau lemak yang menyumbat pori-pori wajah. Jika jerawat muncul usai makan kacang, bisa jadi reaksi tubuh kamu terhadap suatu makanan atau alergi. 

3. Mengempeskan jerawat dengan pasta gigi

Ungkap 5 Mitos dan Fakta Jerawat Pada Wajah Pixabay.com/Bruno Glätsch

Siapa yang pernah menggunakan pasta gigi atau odol sebagai obat jerawat? mitos ini terlanjur berkembang di masyarakat tanpa mengetahui kebenarannya. Padahal pasta gigi mengandung soda kue, hidrogen peroksida, alkohol mentol, triclosan, dan minyak esensial khusus untuk perawatan gigi dan mulut bukan untuk kulit. Apabila, pasta gigi dioleskan pada kulit yang berjerawat, justru kondisinya bisa memburuk. 

4. Makan coklat memperparah jerawat

Ungkap 5 Mitos dan Fakta Jerawat Pada Wajah Freepik.com

Pertumbuhan jerawat akan semakin meningkat bila terlalu sering mengonsumsi makanan manis. Pasalnya, makanan manis memiliki indeks glikemik tinggi yang dapat meningkatkan kadar kortisol darah. Apalagi bisa dikombinasikan dengan karbohidrat olahan, maka produksi sebum akan semakin meningkat dan menyebabkan pori-pori tersumbat. 

5. Pakai sunscreen jerawat makin banyak

Ungkap 5 Mitos dan Fakta Jerawat Pada Wajah Freepik.com

Kamu harus tahu, nggak semua sunscreen memperburuk kondisi kulit berjerawat. Produk sunscreen yang mengandung zinc oxide justru mampu mengatasi jerawat. Karena bahan aktif pada sunscreen tidak akan membuat kulit breakout. Kesalahan saat menyimpan sunscreen yang membuat ketidakefektifan sunscreen terhadap jerawat. Misalnya, sunscreen yang terpapar sinar matahari akan mengurangi kandungan bahan aktif produk tersebut. Oleh sebab itu, pentingnya memilih dan menyimpan sunscreen secara tepat.  

Itulah mitos dan fakta seputar jerawat pada wajah yang wajib kamu ketahui. 

Baca Juga: 7 Langkah Tepat Merawat Kulit Berjerawat

Baca Juga: Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Buruk Ini Picu Tumbuhnya Jerawat

Baca Juga: 7 Acne Spot Lokal yang Ampuh Kempeskan Jerawat, Efektif Banget!