Dunia kecantikan seringkali memanfaatkan khasiat minyak sebagai bahan dasar. Selama ini kita lebih mengenal manfaat dari minyak zaitun, padahal ada beberapa jenis minyak khasiatnya tak kalah dengan minyak zaitun. Salah satunya minyak argan yang berasal dari buah pohon argan. Pohon ini tumbuh subur di wilayah Maroko, uniknya pohon argan hanya berbuah saat mencapai usia 30 tahun saja.  

Kandungan vitamin E yang tinggi membuat minyak argan lebih unggul dari minyak zaitun. Berkat khasiat yang luar biasa, minyak argan dijadikan sebagai ramuan rahasia kecantikan perempuan di Timur Tengah. Makin penasaran kan, apa saja sih khasiat minyak argan. Simak manfaat minyak argan untuk untuk kulit di bawah ini yuk, siapa tahu kamu bisa memiliki kecantikan yang sama dengan perempuan Timur Tengah.  

1. Melembapkan kulit

Ungkap 5 Manfaat Minyak Argan yang Jarang Diketahui Freepik.com

Tak jauh dengan Indonesia, dataran Timur Tengah juga memiliki suhu ekstrim yang menyebabkan permasalahan pada kulit. Kandungan minyak argan dipercaya dapat melembapkan kulit sehingga tidak mengalami kering, kusam sampai memerah. Teksturnya yang cair membuat, minyak argan mudah menyerap dan beradaptasi dengan kulit.

2. Hilangkan garis halus wajah

Ungkap 5 Manfaat Minyak Argan yang Jarang Diketahui Freepik.com

Masih berusia tapi sudah tampak garis halus pada wajah? Tenang, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan rutin mengoleskan minyak argan. Karena minyak argan menjaga elastisitas dan menambah resistensi kelembapan kulit secara menyeluruh. Manfaat minyak argan untuk kulit juga sekaligus dapat memperbaiki seluruh permasalahan yang dapat memberikan dampak buruk pada kulit. 

3. Mengobati jerawat

Ungkap 5 Manfaat Minyak Argan yang Jarang Diketahui Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jerawat sering dinobatkan sebagai penyebab stres pada perempuan. Pasalnya, kehadiran jerawat bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang. Kandungan asam linoleat pada minyak argan dapat mengobati peradangan kulit penyebab jerawat. Bahkan, bekas jerawat juga bisa hilang jika rutin mengoleskannya. 

4. Cegah kulit gosong akibat sinar matahari

Ungkap 5 Manfaat Minyak Argan yang Jarang Diketahui elitedaily.com

Rutinitas yang tinggi membuat kamu sering terkena paparan sinar matahari yang menyengat. Akibatnya, kulit terbakar dan tampak gosong. Bila tak ingin kondisi ini berlarut-larut, sebaiknya oleskan minyak argan sebelum dan sesudah aktivitas di luar ruangan. Formula antioksidan pada minyak argan akan menghempaskan radikal bebas penyebab kulit kusam dan gosong. 

5. Menjadikan rambut berkilau

Ungkap 5 Manfaat Minyak Argan yang Jarang Diketahui freepik.com/racool-studio

Sebagai mahkota perempuan, rambut mendapat tempat teristimewa. Makanya nggak heran, kalau rambut mendapat perawatan ekstra setelah wajah. Minyak argan juga dipercaya memelihara dan memperbaiki permasalahan rambut. Mulai dari kering, ketombe, kulit kepala sensitif, bau apek dan rambut bercabang. 

Nah, itu dia Bela, ragam manfaat minyak argan untuk kulit yang bisa kamu ketahui. Tertarik untuk mencobanya? 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Minyak Alami untuk Rambut Sehat dan Berkilau