Jerawat merupakan masalah klasik yang ada di wajah. Bahkan kehadirannya juga sangat menyiksa karena menimbulkan rasa sakit, gatal, dan mengganggu penampilan. Namun sadarkan kamu Bela, bahwa hadirnya jerawat bisa jadi disebabkan karena reaksi dari tubuhmu sendiri. Artinya, sedang ada sesuatu yang tidak beres di dalam tubuhmu. Setidaknya inilah lima hal yang bisa menjadi penyebab kenapa kamu berjerawat.

Simak Baik-baik! Ini 5 Penyebab Utama Kenapa Kamu Berjerawat

Kadar kortisol dalam tubuh akan meningkat ketika kamu sedang stres apalagi sampai kurang tidur, sehingga memicu produksi minyak yang lebih. Sedangkan kelebihan minyak pada wajah beresiko untuk meningkatkan infeksi karena bakteri pada pori-pori. Nah, jerawat karena stres ini biasanya muncul di kening, pelipis, dan daun telinga.

Simak Baik-baik! Ini 5 Penyebab Utama Kenapa Kamu Berjerawat

Ketidakseimbangan hormon estrogen, progesterone, dan testosterone dalam tubuh juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Bagi wanita, biasanya paling sering muncul ketika masa PMS. Jerawat karena hormone ini biasanya akan muncul di dagu dan area sekitar bibir.

Simak Baik-baik! Ini 5 Penyebab Utama Kenapa Kamu Berjerawat

Nah untuk yang satu ini, jerawat bisa muncul di area mana saja. Penggunaan produk yang kurang tepat dapat memimbulkan reaksi alergi dengan munculnya jerawat. Atau produk yang kamu gunakan menyumbat pori, sehingga memperbesar kemungkinan jerawat untuk hadir di wajah cantikmu.

Simak Baik-baik! Ini 5 Penyebab Utama Kenapa Kamu Berjerawat

Pola makan yang tidak benar juga bisa menjadi penyebab kenapa kamu berjerawat. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi garam, jerawat akan muncul di hidung. Jika kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berminyak dan kurang, jerawat akan muncul di area sekitar alis, bawah mata, dagu, atau rahang.

Simak Baik-baik! Ini 5 Penyebab Utama Kenapa Kamu Berjerawat

Penyebab terakhir yaitu lingkungan sekitarmu. Terlalu sering terpapar sinar matahari dan debu juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Biasanya akan muncul jerawat di pipi jika penyebabnya adalah karena lingkungan yang tidak bersih, misalnya debu, asap rokok, atau sirkulasi udara yang tidak bagus.

Dengan tahu lima penyebab utama kenapa kamu berjerawat, sekarang kamu juga tahu bahwa cara mengatasinya pun tidak semua sama. Kenali dulu penyebab jerawatmu, agar kamu dapat mengatasinya dengan efektif.

BACA JUGA: 4 Makanan Ini Siap Jadi Sahabat Kulit dan Rambutmu!