Bebas keriput dan awet muda di usia yang sudah matang pasti menjadi impian setiap perempuan. Namun, tentu saja untuk mendapatkan hal tersebut, kamu harus merawat kulit sedini mungkin. Tetapi, siapa sangka bahwa munculnya keriput bisa terjadi karena kebiasaan yang tidak sengaja kamu lakukan. Wah, harus hati-hati nih, Bela. Untuk itu, yuk hindari lima kebiasaan di bawah ini agar kulit terbebas dari keriput!

1. Tidak menggunakan sunscreen

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Kebiasaan yang Membuat Kulit Keriputfreepik.com

Nggak ada lelahnya mengingatkan kalian untuk jangan lupa menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Pasalnya, sunscreen dapat menjaga kulit dari sinar UV agar terhindar dari kanker kulit, flek hitam dan kerutan di wajah. Oiya, walaupun di rumah aja jangan lupa untuk tetap mengaplikasikan sunscreen ya! 

2. Mencuci wajah terlalu kasar

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Kebiasaan yang Membuat Kulit Keriputfreepik.com

Eits, membersihkan wajah dengan kasar bukan berarti mampu mengangkat kotoran dan sel kulit mati secara optimal lho, Bela. Justru, jika dilakukan secara kasar, maka dapat memicu munculnya kerutan di bagian bawah mata, leher dan dahi. Hal tersebut terjadi karena kulit wajah cenderung sangat tipis dan rapuh. Oleh karena itu pastikan membersihkan wajah secara lembut dan perlahan agar kulit tidak mudah muncul kerutan.

3. Posisi tidur yang salah

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Kebiasaan yang Membuat Kulit Keriputfreepik.com

Salah satu kebiasaan yang dapat membuat munculnya keriput adalah posisi tidur. Jika kamu tidur dalam keadaan tengkurap atau miring, maka wajah akan mendapatkan banyak tekanan. Hal ini dapat memicu kulit mendapatkan garis keriput terutama di bagian mata dan pipi. 

4. Menggunakan kosmetik berlebihan

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Kebiasaan yang Membuat Kulit Keriputfreepik.com

Menggunakan kosmetik memang menyenangkan, namun siapa sangka jika digunakan secara berlebihan bisa menjadi salah satu pemicu munculanya kerutan. Hal tersebut dapat terjadi karena residu dari kosmetik akan menumpuk di kulit. 

Jika tidak dibersihkan secara seksama, maka terjadi penyumbatan di pori-pori dan memicu munculnya keriput. Untuk itu, ada baiknya gunakan kosmetik secukupnya, dan biarkan kulitmu bernafas secara alami. Say bye-bye to kulit keriput! 

5. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

Wajib Tahu, Ternyata Ini 5 Kebiasaan yang Membuat Kulit Keriputfreepik.com

Aneka boba dan kue manis memang memanjakan lidah kalian. Tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab timbulnya kerutan. Karena, gula dan karbohidrat dapat meningkatkan gula dalam darah, sehingga menyebabkan peradangan pada kulit. Selain itu, gula juga bersifat mengikat kolagen yang membuat kulit menjadi kenyal dan awet muda. Jadi, mulai sekarang batasi konsumsi gula agar kulit tak mudah keriput. 

So, itu dia lima kebiasaan yang dapat memicu timbulnya keriput di wajah. Agar kulit awet muda, selalu bersinar, dan terhindar dari keriput, yuk hindari semua kebiasaan tersebut ya Bela! 

Baca Juga: Begini Cara Merawat Kulit Keriput yang Ampuh

Baca Juga: Stop Percaya! 7 Hal Mengenai Keriput Ini Hanyalah Sebuah Mitos

Baca Juga: Potensi Keriput di Bawah Matamu Harus Mulai Dicegah Dari Sekarang, Bela!