Hampir semua perempuan sudah sadar pentingnya menggunakan skincare sejak sedini mungkin. Namun, nggak sedikit yang kurang tepat dalam urutan mengaplikasikan skincare. Meski terkesan sepele, namun urutan yang benar akan memberikan dampak yang besar bagi kesehatan kulitmu. 

Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu sudah mengaplikasikan skincare dengan urutan yang tepat. Tenang aja, kalau kamu masih bingung, Popbela akan dengan senang hati membagikan urutan skincare berdasarkan cara pakai yang nggak ribet namun efektif. Penasaran? Simak baik-baik! 

1. Mengangkat kotoran dan membersihkan wajah

Urutan Skincare Berdasarkan Cara Pakai, Efektif dan Praktis!stocksy.com

Sebelum menggunakan skincare apapun, pastikan wajahmu sudah bebas dari kotoran, debu, ataupun residu makeup yang tertinggal. Karena, skincare akan bekerja lebih maksimal jika kulit dalam keadaan bersih. 

Pertama-tama, gunakan cleansing oil/balm untuk mengangkat sisa makeup, jangan lupa membersihkan makeup waterproof dengan makeup remover. Lalu, lanjut menggunakan facial foam atau wash favoritmu dan bilas menggunakan air bersih. Gunakan sabun yang tidak membuat kulitmu kering, ya! 

2. Gunakan toner untuk menghidrasi dan mengeksfoliasi

Urutan Skincare Berdasarkan Cara Pakai, Efektif dan Praktis!indiadeets.com

Setelah memastikan wajah sudah bersih,  kamu bisa lanjut menggunakan toner. Tahapan ini berfungsi mengembalikan Ph dan kelembapan kulit setelah mencuci muka. Perlu kamu ketahui, kini toner terdiri dari beberapa jenis, umumnya ada dua yaitu hydrating toner dan exfoliating toner.

Untuk hydrating toner, berfungsi menghidrasi kulit dan bisa digunakan baik pagi maupun malam hari. Sedangkan exfoliating toner bekerja mengangkat sel-sel kulit mati, jadi hanya dapat digunakan pada malam hari saja. Keduanya bisa diaplikasikan menggunakan kapas ataupun dengan cara ditepuk-tepuk. 

3. Aplikasikan serum sesuai jenis kulitmu

Urutan Skincare Berdasarkan Cara Pakai, Efektif dan Praktis!blog.skinsolutions.md

Urutan menggunakan skincare selanjutnya adalah serum. Yups, skincare item yang tengah digandrungi ini sebaiknya digunakan setelah toner. Biasanya, serum memiliki tekstur yang  ringan, sehingga mudah diserap kulit. Selain itu, serum juga dianggap efektif memperbaiki dan menutrisi kulit karena memiliki partikel yang lebih kecil dari pelembap.

Saat ini sudah banyak jenis serum tersedia di pasaran, dan bisa disesuaikan dengan jenis dan permasalahan kulitmu. Cara menggunakan serum juga mudah sekali. Cukup tuangkan beberapa tetes serum pada bagian telapak tangan, lalu aplikasikan di wajah dengan cara di tepuk-tepuk. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pada bagian leher, ya!

4. Jangan sampai melewatkan eye cream

Urutan Skincare Berdasarkan Cara Pakai, Efektif dan Praktis!naukrinama.com

Area disekitar mata menjadi bagian kulit yang paling tipis sehingga rentan kering dan muncul garis-garis halus. Oleh karena itu menggunakan eye cream bisa kamu lakukan sedini mungkin. 

Mengaplikasikan eye cream juga tak bisa asal, caranya ambil eye cream kira-kira sebesar biji kacang hijau, lalu tepuk secara perlahan menggunakan jari manis. Karena area mata cukup tipis, hindari gerakan menggeser atau menekan. 

5. Kunci kelembapan kulit dengan moisturizer

Urutan Skincare Berdasarkan Cara Pakai, Efektif dan Praktis!lorealparisusa.com

Setelah empat tahap di atas, penting banget memberikan kulitmu kelembapan dengan menggunakan moisturizer. Nggak hanya itu, moisturizer juga berfungsi menjaga dan memperbaiki skin barrier. Oiya, meskipun kulitmu cenderung berminyak, jangan pernah skip mengaplikasikan moisturizer, ya! 

6. Wajib mengaplikasikan sunscreen

Urutan Skincare Berdasarkan Cara Pakai, Efektif dan Praktis!allure.com

Urutan skincare untuk siang hari akan diakhiri dengan mengaplikasikan sunscreen. Meski di rumah aja, dianjutkan untuk tetap menggunakan sunscreen, pasalnya sinar matahari bisa menembus lewat jendela atau pintu rumahmu 

Sunscreen berfungsi melindungi kulitmu dari bahaya paparan sinar matahari, mencegah kulit terbakar, membantu memperlambat tanda-tanda penuaan kulit, hingga menangkal kanker kulit. Jadi jangan lupa menggunakan sunscreen!

So, itu dia enam urutan skincare berdasarkan cara pakai. Mudah dan simpel banget kan, Bela? Semoga membantu ya! 

Baca Juga: 7 Rekomendasi Skincare Lokal untuk Memperbaiki Skin Barrier

Baca Juga: Bisa Buat Beli Rumah, Intip Mahalnya Skincare Seleb Indonesia 

Baca Juga: 9 Skincare Lokal yang Cocok untuk Kulit Berminyak, Sudah Coba?