Kulit terpapar sinar matahari menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam dan terjadinya penuaan dini. Untuk menjaga kulit, kamu wajib menggunakan sunscreen sebelum beraktivitas. Tetapi, pemilik kulit berminyak seringkali melewatkan sunscreen karena nggak nyaman dan kulit terasa greasy. 

Padahal, kini sudah banyak brand perawatan kulit yang meluncurkan sunscreen yang aman dan nyaman digunakan kulit berminyak. Nggak boleh asal pilih, kamu harus memilih sunscreen yang tepat untuk kulit berminyak lewat lima tips di bawah ini!  

1. Pilih sunscreen yang non-comedogenic

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Wajib Tahu! 

Untuk menentukan apakah sunscreen cocok di kulit berminyak adalah pastikan produk bebas dari minyak dan non-comedogenic. Artinya, produk tersebut sudah dirancang sedemikian rupa agar tak menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat.

Nah, beberapa kandungan yang dapat menyumbat pori-pori, diantaranya adalah berbagai jenis oil dan beeswax heavy. Jadi, pastikan untuk cek ingredients list sebelum membeli sunscreen baru. 

2. Sunscreen dengan tekstur gel bikin wajahmu nggak terasa berminyak

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Wajib Tahu! thebrightside.supergoop.com

Berbagai macam produk sunscreen hadir menawarkan proteksi untuk menjaga kulit dari bahaya sinar matahari. Tetapi jika kamu memiliki kulit berminyak, sebaiknya memilih sunscreen dengan tekstur gel yang ringan.

Karena tekstur sunscreen yang ringan akan lebih mudah menyerap di kulit dan tidak menutup pori-pori. Berbeda ketika kamu menggunakan sunscreen dengan tekstur yang terlalu thick, kulit akan terasa lebih greasy dan lengket. 

3. Hasil akhir matte biar kulit nggak greasy

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Wajib Tahu! blog.curology.com

Seringkali sunscreen memiliki hasil akhir yang dewy. Namun, bagi kulit berminyak hasil akhir tersebut sebaiknya dihindari, karena membuat wajah kamu tampak seperti kilang minyak. Untuk itu, ada baiknya pilih sunscreen yang memiliki hasil akhir matte agar penampilanmu terlihat fresh sepanjang hari. 

4. Aman dan nyaman menggunakan sunscreen tanpa wangi tambahan

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Wajib Tahu! huffpost.com

Ada baiknya memilih sunscreen yang tidak mengandung wangi. Walau tak berdampak langsung untuk kulit berminyak, tetapi sebagian kulit bisa mengalami rekasi negatif jika terkena wewangian, terlebih yang terbuat dari bahan kimia. Adanya parfum bisa menyebabkan kemerahan, gatal-gatal, jerawat, hingga iritasi. Untuk itu, sebaiknya pilih sunscreen yang fragrance-free. 

5. Proteksi kulit secara optimal dengan SPF 30-50

5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Wajib Tahu! blog.purpletea.com

Pastikan menggunakan sunscreen yang nggak hanya nyaman untuk kulit berminyak, tetapi juga memiliki proteksi yang optimal. Untuk itu, sunscreen yang mengandung SPF 30 cukup untuk menjaga kulit. Tetapi, jika kamu terpapar sinar matahari langsung, sebaiknya pilih SPF 50. Perlu diketahui, SPF tinggi dapat menghalangi UVB lebih banyak!  

So, itu dia lima tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak. Jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas agar kulit terjaga dan bebas noda hitam! 

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Perbedaan Physical Sunscreen dan Chemical Sunscreen!

Baca Juga: Sambut Musim Panas dengan 7 Sunscreen Lokal Terbaik Ini

Baca Juga: Lebih Teliti Yuk! 7 Tanda Ini Menunjukkan Kamu Salah Membeli Sunscreen