Selama satu bulan penuh para umat Islam akan menjalankan puasa. Tak hanya ibadah, nyatanya berpuasa juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya pada bagian kulit dan wajah.

Yups, menahan lapar dan haus selama hampir 13 jam rupanya juga menyimpan manfaat baik untuk kecantikan kulitmu. Mulai dari mengatasi berbagai masalah seperti eksim hingga mencegah jerawat.

Untuk itu, langsung simak aja yuk lima manfaat puasa untuk kecantikan kulit dan wajah berikut ini!

1. Membantu mencerahkan kulit

Ini 5 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit dan Wajahfreepik.com

Jika berbuka dan sahur dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi, berpuasa juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Ketika tidak makan atau minum, tubuh melakukan proses detoksifikasi yang membuat kulitmu akan lebih menyerap nutrisi makanan yang dikonsumsi. Sehingga, kulit akan terlihat lebih cerah dan sehat.

2. Mengatasi masalah eksim kulit

Ini 5 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit dan Wajahshape.com

Siapa yang masih struggle dengan eksim? Selain menggunakan perawatan yang tepat, berpuasa juga bisa meredakan eksim. Ketika perut dalam keadaan kosong, tubuhmu tidak terfokus kepada sistem pencernaan, jadi tubuh dapat melakukan proses yang lain yaitu meregenerasi sel-sel kulit baru.

3. Menjaga kulit terlihat awet muda

Ini 5 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit dan Wajahghp-news.com

Nggak hanya menyehatkan tubuhmu, proses detoksifikasi ketika berpuasa juga mampu mengeluarkan radikal bebas, sehingga akan terjadi peningkatan produksi anti-oksidan yang menjaga kulitmu dari berbagai tanda-tanda penuaan kulit. Kulit jadi lebih awet muda dan kencang. 

4. Mengatasi jerawat

Ini 5 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit dan Wajahfreepik.com

Banyak yang tak menyangka, ternyata puasa juga membantu merawat dan mengatasi jerawat. Ketika berpuasa tubuhmu beristirahat dalam mencerna makanan, dan sistem regenerasi sel akan bekerja lebih baik dalam menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, wajahmu akan bebas dari jerawat ketika berpuasa sebulan penuh. 

5. Meredakan kulit iritasi

Ini 5 Manfaat Puasa untuk Kecantikan Kulit dan Wajah

Manfaat puasa untuk kecantikan kulit dan wajah terakhir adalah mampu meredakan kulit iritasi. Racun yang keluar dari tubuh ketika berpuasa dapat menghilangkan pemicu timbulnya kulit iritasi. Ketika berpuasa, kulitmu akan terhindar dari kemerahan, gatal, maupun rasa panas.

So, itu dia lima manfaat puasa untuk kecantikan kulit dan wajah. Yuk semangat berpuasanya!

Baca Juga: Cara Ampuh Mengatasi Bibir Kering Saat Puasa, Mudah Banget!

Baca Juga: Ini Alasan Kulit Kering dan Kusam Saat Puasa Serta Cara Mengatasinya

Baca Juga: 7 Makanan yang Mampu Mengembalikan Energi Setelah Berpuasa