Pembaca setia Popbela pasti sudah akrab dengan berbagai produk kosmetik. Namun sayangnya nggak semua paham bagaimana cara menyimpan kosmetik yang baik dan benar. Salah penyimpanan bisa-bisa membuat produk favorit kamu mudah terkontaminasi dan jadi tidak awet. 

Hmm, tapi nggak perlu khawatir lagi, karena Popbela punya lima cara menyimpan kosmetik agar awet dan tahan lama. Apa saja? Langsung simak baik-baik, ya! 

1. Jauhkan kosmetik dari sinar matahari

5 Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama /skincare.com

Nggak hanya kulit, beberapa produk kosmetik juga perlu dilindungi dari sinar matahari, terutama skincare yang memiliki kandungan seperti Retinol, Vitamin C dan Benzoyl Peroxide. Nah, agar skincare favoritmu bertahan lebih lama, kamu bisa menyimpan skincare di wadah yang tertutup. 

2. Letakkan skincare di dalam kulkas

5 Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama / agoodhueblog.com

Jika kamu pengguna skincare dengan kandungan bahan-bahan alami, sebaiknya letakkan produk tersebut ke dalam kulkas. Cara ini juga bisa kamu lakukan pada skincare yang tidak mengandung pengawet. Nah, untuk menambah sensasi segar dan dingin, letakkan sheet mask dan eye cream di dalam kulkas. Cara ini ampuh untuk menyimpan kosmetik agar awet dan tahan lama.  

3. Jangan menaruh kosmetik di tempat lembap

5 Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama/ pinterest.com

Ruang yang lembap akan membuat masa pakai kosmetik kamu jadi lebih pendek karena dapat memicu pertumbuhan bakteri. Untuk itu mulai sekarang jangan lagi meletakkan skincare, makeup atau parfum di kamar mandi ya, Bela. 

4. Tempatkan brush di wadah khusus

5 Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama / marieclaire.co.uk

Meski terlihat sepele, brush yang kotor dan jarang dibersihkan menjadi sarang bakteri penyebab munculnya jerawat. Jika sering digunakan, sebaiknya cuci brush seminggu dua kali agar tidak ada bakteri atau kuman yang menempel. Usai dibersihkan, pastikan brush disimpan di wadah yang bersih dan rapi. 

5. Pindahkan produk ke wadah berbentuk pump atau spray

5 Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama Cara Menyimpan Kosmetik Agar Awet dan Tahan Lama /freepik.com

Jika memiliki produk kosmetik dengan kemasan jar, baiknya kamu pindahkan ke dalam wadah yang berbentuk pump atau spray. Karena, kemasan jar lebih rentan terkontaminasi bakteri dari jarimu. Jadi jangan malas untuk pindahkan produk favorit agar jangka pengunaannya jadi lebih panjang ya. 

Nah, itu dia lima cara penyimpanan kosmetik agar awet dan tahan lama. Yuk, aplikasikan mulai sekarang!

Baca Juga: 8 Lipstik dari Brand Kosmetik Artis yang Wajib Kamu Coba

Baca Juga: 3 Cara Mudah Membedakan Kosmetik Asli dan Palsu

Baca Juga: Beda Abis! Begini 7 Gaya Iklan Kosmetik Jadul dan Kini