Nggak hanya jerawat, bruntusan juga menjadi salah satu masalah kulit yang mengganggu penampilan kamu. Bruntusan sendiri merupakan kondisi kulit yang permukannya kasar dan tidak rata. Jika diraba, bruntusan ini akan terasa kasar dan terdapat bintik-bintik kecil.

Umumnya, bruntusan ini terjadi pada satu bagian wajah dan mengumpul, seperti di jidat. Agar kepercayaan diri meningkat, kamu bisa aplikasikan tujuh cara menghilangkan bruntusan di jidat berikut ini! Ampuh banget karena menggunakan bahan-bahan alami!

1. Oatmeal

7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Nggak Ribet dan Ampuh!Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat/ freepik.com

Kalau kamu sedang program penurunan berat badan, pasti bersahabat deh dengan sumber pangan satu ini, yaitu oatmeal. Ternyata, oatmeal juga bisa menghilangkan bruntusan di jidat, lho. Karena, oatmeal memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu meredekan peradangan dan aman digunakan kulit sensitif. 

Cara menggunakannya, lumatkan oatmeal menggunakan blender dan campurkan dengan air hangat, lalu aplikasikan dengan lembut ke kulit. Pijat dan gosok secara perlahan selama 10 menit, lalu bila menggunakan air hangat. Jika digunakan secara rutin, maka beruntusan bisa berkurang.

2. Lemon

7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Nggak Ribet dan Ampuh!Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat/ freepik.com

Selain efektif untuk mencerahkan wajah, lemon juga mampu menghilangkan bruntusan di jidat. Kandungan vitamin C yang ada di dalam lemon berfungsi sebagai anti-septik dan anti-inflamasi.

Untuk mendapatkan manfaat dari lemon, kamu bisa membuatnya menjadi masker. Pertama-tama, peras satu buah lemon dan campurkan dengan putih telur. Setelah itu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit. 

Karena lemon memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, masker ini tidak ditujukan untuk pemilik kulit sensitif, ya.

3. Tomat

7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Nggak Ribet dan Ampuh!Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat/ freepik.com

Cara menghilangkan bruntusan di jidat selanjutnya adalah dengan menggunakan tomat. Rasa nikmat dari tomat juga mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kecantikan kulit, sehingga mampu meredakan bruntusan.

Mengaplikasikannya juga mudah sekali, kamu cukup menghaluskan tomat, lalu aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air. Selain menghilangkan bruntusan, tomat juga ampuh untuk melembapkan kulit, lho.

4. Madu

7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Nggak Ribet dan Ampuh!Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat/ codeeight.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu menyimpan manfaat baik untuk kesehatan kulit. Yups, madu mengandung anti-bakteri dan anti-oksidan sehingga mampu menghilangkan bruntusan di jidat.

Kamu bisa menggunakan madu sebagai masker atau dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti telur, yogurt, ataupun lemon. Jika rajin diaplikasikan, dijamin wajahmu bebas dari bruntusan.

5. Tea tree oil

7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Nggak Ribet dan Ampuh!Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat/ freepik.com

Kamu pasti udah nggak asing lagi dengan jenis essential oil yang satu ini. Tea tree oil mengadung senyawa anti-mikroba dan anti-radang, jadi efektif banget menghilangkan bruntusan di jidat.

Kamu bisa menggunakan beberapa tetes tea tree oil yang dicampur air ke area yang bruntusan. Atau pilih produk perawatan kulit yang mengandung tea tree oil. Untuk hasil maksimal, gunakan secara berkala. 

6. Teh hijau

7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Nggak Ribet dan Ampuh!Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat/ freepik.com

Memiliki rasa yang nikmat dan memberikan kesegaran, teh hijau juga baik untuk memperbaiki dan menjaga keindahan kulit. Karena, teh hijau kaya akan antioksidan dan mengandung senyawa polifenol, sehingga efektif menghilangkan bruntusan di jidat dan mengurangi jerawat.

Cara menggunakannya, kamu bisa membuat masker teh hijau yang dicampur bahan-bahan alami seperti madu atau gel lidah buaya. Bisa juga dengan menyeduh teh hijau lalu dikonsumsi agar hasil makin optimal. 

7. Es batu

7 Cara Menghilangkan Bruntusan di Jidat, Nggak Ribet dan Ampuh!

Iya, kamu nggak salah baca kok. Es batu juga bisa menghilangkan bruntusan di jidat, lho. Rasa dingin yang dihasilan oleh es batu mampu mengurangi rasa gatal dan perih akibat bruntusan.

Caranya siapkan handuk lalu masukan beberapa es batu ke dalamnya. Kompreskan ke bagian wajah secara perlahan agar kulit terasa lebih tenang. Kamu bisa mengulang langkah ini sesering mungkin.

Jadi itu dia tujuh cara menghilangkan bruntusan di jidat yang efektif dan alami. Kamu mau mencoba cara yang mana nih, Bela?

Baca Juga: Rekomendasi Skincare Lokal untuk Wajah Bruntusan, Wajib Coba!

Baca Juga: Luxcrime Aurora Serum Essence, Bikin Bruntusan Reda dalam 4 Hari!

Baca Juga: Ternyata, Ini Perbedaan Jerawat, Komedo, dan Bruntusan