Kalau kamu membuka artikel ini, selamat! Ini tandannya luka yang terjadi di kulitmu sudah sembuh. Tetapi permasalahan tersebut belum usai, kini saatnya menghilangkan bekas luka. Meski sudah tak terasa sakit lagi, tetapi bekas luka ini bisa mengurangi kepercayaan dirimu, lho, apalagi jika bekas luka berubah warna jadi kehitaman. 

Tapi tenang aja dan nggak perlu khawatir, kamu bisa coba tujuh cara menghilangkan bekas luka menghitam secara alami a la Popbela. Cara-cara ini juga hemat banget karena bisa dilakukan selagi di rumah aja. Penasaran? Simak baik-baik, ya! 

1. Madu

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami / freepik.com

Sepertinya kehebatan madu sudah terbukti, salah satunya adalah untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam. Madu berfungsi sebagai anti radang, anti mikroba dan anti jamur, sehingga mampu mengembalikan warna kulit aslimu.

Caranya juga mudah banget dong, cukup oleskan madu secara rutin di daerah yang membutuhkan dan diamkan selama setengah jam. Lalu bilas menggunakan air hangat. Jika rutin dilakukan maka kulitmu akan kembali cerah. 

2. Jeruk nipis

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami / freepik.com

Buah dengan rasa asam ini juga menyimpan banyak manfaat baik untuk kulit. Nah, jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavanoid yaitu antioksidan yang dapat memperkuat kolagen, jadi efektif mengembalikan bekas luka yang menghitam.

Caranya, iris jeruk nipis dengan ketebalan kurang lebih 5mm, lalu gosokan irisan jeruk nipis pada area yang membutuhkan, diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Bisa digunakan seminggu tiga kali.

3. Kunyit

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami / freepik.com

Di dapur kamu pasti selalu tersedia kunyit, deh. Memberikan rasa sedap untuk masakan, ternyata kunyit terdapat Kandungan anti-oksidan dan kurkumin yang berfungsi menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Untuk mengaplikasikannya, parut kunyit hingga halus dan campurkan dengan madu, lalu aduk hingga rata dan aplikasikan ke ketiak. Diamkan selama 20-30 menit atau hingga mengering setelah itu bilas menggunakan air dingin. 

4. Mentimun

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami / thetelegraphandargus.co.uk

Lezat di santap dan kaya akan manfaat, mentimun bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas luka yang menghitam, karena dapat mendorong pergantian sel-sel kulit baru. Nggak hanya itu, mentimun juga tinggi akan mineral dan vitamin. 

Caranya, iris mentimun dengan ketebalan sekitar 5mm, lalu aplikasikan ke kulit yang membutuhkan. Lalu diamkan selama 20 menit dan bersihkan menggunakan air dingin. Masker mentimun ini bisa kamu gunakan dua hingga tiga kali dalam seminggu. 

5. Cuka apel

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami / dailysabah.com

Nggak hanya bagus untuk mengatasi jerawat meradang, ternyata cuka apel juga berfungsi menghilangkan bekas luka menghitam secara alami, karena mengandung asam asetat dan asam sitrat yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri. 

Caranya simpel dan gampang sekali, pertama campurkan dua sendok teh cuka apel dan bubuk soda kue, lalu aplikasikan secara merata pada bekas luka yang menghitam. Lakukan tiga kali seminggu, ya. 

6. Minyak zaitun

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami / thedailymeal.com

Cara menghilangkan bekas luka menghitam secara alami berikutnya adalah dengan rutin menggunakan minyak zaitun. Yups, kaya akan vitamin K dan vitamin E membuat minyak zaitun baik untuk kesehatan kulit. Apalagi minyak zaitun mengandung antioksidan dan asam yang tinggi, jadi efektif menghilangkan bekas luka. 

Untuk mengaplikasikannya, campurkan minyak zaitun dengan baking soda, lalu gosok secara perlahan ke area bekas luka. Untuk hasil optimal gunakan secara rutin. 

7. Lidah buaya

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami Cara Menghilangkan Bekas Luka Menghitam Secara Alami / freepik.com

Selain baik untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut, ternyata kandungan vitamin A dan E di dalam lidah buaya juga dapat menghilangkan bekas luka yang menghitam. Nggak hanya itu saja, lidah buaya juga mengandung poliskarida dan auksin yang mendorong pertumbuhan sel kulit baru.

Cara membuatnya juga mudah sekali, cukup kupas lidah buaya yang sudah dibersihkan, lalu aplikasikan ke bekas luka. Diamkan selama 15 menit, dan terakhir bilas menggunakan air hangat.

So, itu dia tujuh cara menghilangkan bekas luka menghitam secara alami yang bisa kamu dapatkan dan lakukan di rumah aja. Tertarik mencoba cara yang mana, nih? 

Baca Juga: Simak 7 Penyebab Rambut Rontok yang Mungkin Kamu Alami

Baca Juga: 7 Bahan Alami yang Bantu Hilangkan Komedo

Baca Juga: Lip Scrub Alami yang Bisa Dibuat dari Bahan-bahan di Rumah