Air mawar merupakan salah satu skincare yang dari dulu sudah dikenal akan kemampuannya dalam merawat dan menjaga kesehatan kulit. Mulai dari membersihkan , membantu mengecilkan pori-pori, memberi kelembapan, hingga menenangkan kulit irtasi.

Diformulasikan dengan kandungan anti-inflamasi, anti-oksidan, anti-bakteri dan anti-mikroba, nggak heran jika air mawar masih saja menjadi primadona. Tapi, jika digunakan tidak tepat, air mawar bisa memicu timbulnya iritasi pada kulit. Untuk itu, kamu bisa ikuti lima cara menggunakan air mawar yang benar berikut ini!

1. Air mawar untuk membersihkan wajah

5 Cara Menggunakan Air Mawar yang Benar, Biar Maksimal!lorealparisusa.com

Cara menggunakan air mawar yang pertama yaitu untuk sebagai cleanser yang berfungsi untuk membersihkan dan mengangkat kotoran di wajah. Caranya, tuangkan air mawar pada kapas dan gosok secara perlahan di wajah hingga kotoran terangkat. lalu, lanjutkan dengan mencuci wajah menggunakan facial wash dan air bersih, ya.

2. Toner untuk kulit sensitifKulit lembap dengan face mist

5 Cara Menggunakan Air Mawar yang Benar, Biar Maksimal!womenshealthmag.com

Jika kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif, air mawar bisa menjadi alternatif toner. Nggak hanya melembapkan kulit, air mawar juga berfungsi untuk mengembalikan Ph setelah mencuci muka, sehingga kulit lebih siap menerima skincare selanjutnya. Kamu bisa mengaplikasikan dengan kapas atau di tap-tap langsung menggunakan telapak tangan.  

3. Mengurangi iritasi kulit

5 Cara Menggunakan Air Mawar yang Benar, Biar Maksimal!

Untuk meredakan kulit iritasi, gatal, dan kemerahan, kamu juga bisa mengompres wajah menggunakan air mawar. Karena, air mawar berfungsi sebagai anti-inflamasi, sehingga dapat menenangkan kulit yang sedang iritasi. Caranya, basahi kapas menggunakan air mawar, lalu tempelkan pada kulit iritasi.

4. Kulit lembap dengan face mist

5 Cara Menggunakan Air Mawar yang Benar, Biar Maksimal!lorealparisusa.com

Kurang nyaman karena kulit kering atau ketarik? Kamu bisa banget lho menggunakan face mist yang terbuat dari air mawar untuk memberikan kelembapan serta membuat kulit jadi terasa segar. Face mist ini praktis banget karena bisa digunakan kapanpun dan dimanapun. 

5. Campuran untuk masker wajah

5 Cara Menggunakan Air Mawar yang Benar, Biar Maksimal!fitandelegant.com

Kalau yang ini pasti sudah pada tahu, ya. Yup, air mawar dapat dijadikan campuran untuk membuat masker wajah. Jika kamu memiliki bubuk masker, campurkan dengan air mawar agar teksturnya menjadi lebih lembut dan jadi mudah diaplikasikan. Selain itu, air mawar juga membuat masker wajah bekerja lebih efektif. 

Jadi, itu dia lima cara menggunakan air mawar yang benar agar khasiatnya lebih sempurna. Semoga membantu dan selamat mencoba, Bela! 

Baca Juga: Bikin Wajah Makin Bersinar, Ini 5 Air Mawar Lokal yang Wajin Dicoba

Baca Juga: Serbaguna, Ini 7 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Mencoba Air Mawar untuk Kulit Wajah