Dari banyaknya permasalahan kulit yang ada, jerawat masih menjadi salah satu kondisi kulit yang paling banyak dialami. Selain mengganggu penampilan, munculnya jerawat juga menyebabkan rasa tak nyaman, apalagi ada beberapa jenis jerawat yang ketika tersentuh akan timbul rasa sakit. Untuk itu, banyak orang yang memilih memencet jerawat dengan harapan rasa tak nyaman bisa segera hilang.
 
Namun, sayangnya kebiasaan memencet jerawat dapat memberikan efek negatif untuk kulit, terlebih jika dilakukan dengan sembarangan. Lewat artikel ini, kamu bisa tahu apa aja bahaya sering memencet jerawat! Simak baik-baik, ya.

1. Memperburuk kondisi jerawat

Ini 5 Bahaya Sering Memencet Jerawat, Nggak Bisa Dianggap Remeh!Bahaya Sering Memencet Jerawat, freepik.com

Setelah memencet jerawat pasti timbul perasaan lega, nih. Tetapi jika sering dilakukan justru membuat kondisi jerawat kian memburuk. Apalagi kalau kamu memiliki jerawat yang sedang meradang atau jerawat batu. Bukannya cepat hilang, jerawat justru makin betah 'nongkrong' di kulit kamu.

2. Menyebabkan jerawat menjadi infeksi

Ini 5 Bahaya Sering Memencet Jerawat, Nggak Bisa Dianggap Remeh!Bahaya Sering Memencet Jerawat, freepik.com

Memencet jerawat menyebabkan terjadinya luka. Lalu bakteri yang ada di tangan bisa berpindah dan membuat luka di jerawat tersebut menjadi terinfeksi. Tentu saja, ketika sudah infeksi, proses penyembuhan juga akan semakin sulit. Nggak hanya itu aja, memencet jerawat juga membuat jaringan kulit rusak, lho. Jangan coba-coba, deh! 

3. Menimbulkan bopeng

Ini 5 Bahaya Sering Memencet Jerawat, Nggak Bisa Dianggap Remeh!Bahaya Sering Memencet Jerawat, freepik.com

Bahaya sering memencet jerawat selanjutnya adalah membuat kulit jadi bopeng. Ketika memencet jerawat, kelenjar minyak di kulit akan pecah dan keluar. Lalu, bagian dari kulit tersebut akan kosong dan memicu terjadinya bopeng.

Untuk mengembalikan kulit yang bopeng juga tak bisa dilakukan hanya dengan pengunaan skincare saja, kamu harus mendapatkan treatment dan membutuhkan waktu yang tak sebentar. Untuk itu, jangan sekali-kali memencet jerawat, ya.

4. Meninggalkan noda hitam bekas jerawat

Ini 5 Bahaya Sering Memencet Jerawat, Nggak Bisa Dianggap Remeh!Bahaya Sering Memencet Jerawat/ biolitedubai.com

Bekas luka yang terjadi setelah memencet jerawat secara perlahan akan meninggalkan noda hitam. Tentu saja hal ini menganggu penampilan kamu. Selain itu, bekas jerawat yang kehitaman juga cenderung sulit hilang, lho. Jadi lebih baik nggak usah dipencet, kan?

5. Mendorong timbulnya jerawat baru

Ini 5 Bahaya Sering Memencet Jerawat, Nggak Bisa Dianggap Remeh!Bahaya Sering Memencet Jerawat, freepik.com

Mati satu tumbuh seribu menjadi peribahasa yang tepat jika kamu sering memencet jerawat. Tangan yang tak higienis saat menyentuh jerawat akan menyebabkan bakteri dan kuman menginfeksi jaringan kulit yang lain. Hal ini lah yang membuat timbulnya jerawat baru. Hmm, coba perhatikan lagi, mungkin penyebab jerawat mu tak kunjung reda karena sering dipencet.
 
So, itu dia lima bahaya sering memencet jerawat yang wajib kamu tahu. Mulai sekarang, jangan pernah memencet jerawat kalau nggak mau kondisi kulitmu makin parah. Sebaiknya gunakan skincare khusus kulit berjerawat, ubah pola hidupmu, dan bersabar. Pasti jerawat akan segera mereda, kok. Semangat!

Baca Juga: Nggak Cuma Enak, 7 Makanan Ini Bantu Atasi Jerawat

Baca Juga: 7 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Munculnya Jerawat Pada Wajah

Baca Juga: 9 Rekomendasi Merek Obat Jerawat di Apotek dan Harganya