Banyak perempuan yang memilih produk perawatan yang memiliki kandungan pemutih. Namun ternyata penggunaan krim pemutih, khususnya wajah akan membuat kulit lehermu tidak senada dengan warna wajah yang sudah diaplikasikan degan krim pemutih. Namun kini perempuan modern lebih memilih untuk menggunakan krim pencerah daripada krim pemutih. Ingin tahu alasannya? Coba cek jawabannya di sini, Bela!
 
Whitening vs Brightening, Bagus yang Mana Sih?

Pemutih kulit khusus dirancang untuk memutihkan kulit dengan menghambat aksi tirosinase enzim di dalam kulit. Enzim ini bertanggung jawab untuk memproduksi pigmen melanin melalui proses oksidasi. Melanin yang diproduksi dalam sel melanosit bekerja pada lapisan bawah epidermis kulit, sedangkan produksi melanin memberikan kulitmu perlindungan dari sinar UV matahari yang berbahaya, produksi berlebihan atau akumulasi melanin dapat menyebabkan noda gelap, hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak merata. Secara tradisional pemutih seperti HQ (hydroquinine) biasannya ditambahkan ke dalam krim untuk memutihkan kulit. Hydroquinine juga sangat efektif dalam memperlambat produksi melanin, tetapi penelitian menunjukkan bahwa terdapat efek samping yang serius terkait dengan penggunaan jangka panjang dari bahan sintetis.

Whitening vs Brightening, Bagus yang Mana Sih?

Produk pencerah kulit umumnya dirancang untuk meningkatkan kulit kusam melalui pengelupasan kulit. Kulit kusam dapat disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari, faktor stres atau faktor lingkungan, seperti polusi. Meskipun kulit secara alami memperbaharui dirinya sendiri, dari waktu ke waktu proses pembaharuan sel kadang bisa tidak bekerja dengan baik dan sel kulit mati cenderung untuk membangun, sehingga meninggalkan kulit lelah dan kulit yang kurang halus. Brightening krim atau serum biasanya mengandung exfoliant dikombinasikan dengan anti-oksidan dan ekstrak alami yang akan menenangkan dan merevitalisasi kulit.

Whitening vs Brightening, Bagus yang Mana Sih?

Krim pencerah kulit berisikan bahan yang dirancang untuk mencerahkan atau memutihkan kulit. Sementara semua produk yang memiliki kandungan pencereah dapat membantu meningkatkan kulit keseluruhan kulitmu, beberapa dokter percaya perbedaannya dari krim pemutih dan pencerah terletak pada kombinasi bahan-bahan digunakan. Sementara beberapa bahan dirancang untuk menjadikan kulitmu terkelupas dan mencerahkan atau meningkatkan penampilan kulit, yang lainnya bertindak sebagai pemutih yang benar-benar mampu memutihkan kulit dengan menghambat produksi melanin pada lapisan atas kulit. Jadi, tergantung pada hasil yang ingin kamu capai, namu sebaiknnya kamu memeriksa bahan-bahan dalam produk sebelum membeli.

Whitening vs Brightening, Bagus yang Mana Sih?
 

Krim pencerah mengandung bahan yang dirancang untuk mencerahkan kulit. Bahan-bahan ini bekerja untuk menghambat produksi melanin dan memperbaiki penampilan matahari kulit yang rusak, bintik hitam bekas jerawat, hiperpigmentasi. Untungnya ilmu pengetahuan telah menemukan sejumlah pemutih kulit alami, yang telah terbukti sama efektifnya dengan hydroquinine, sehingga lebih baik untuk menemukan produk alami yang baik yang mengandung bahan-bahan seperti kojic acid, ekstrak bearberry dan ekstrak murbei. Hal ini penting untuk kamu yang memiliki rutinitas dibawah terik matahari. Kamu juga bisa memakai topi dan menggunakan tabir surya atau SPF tinggi karena kulitmu dapat lebih sensitif ketika menggunakan produk pemutih dan kamu ingin meminimalkan risiko kerusakan lebih lanjut.

 

Whitening vs Brightening, Bagus yang Mana Sih?
 

Pengelupasan tidak akan secara teknis membuat kulitmu terlihat lebih putih tapi akan membuat kulitmu terlihat lebih segar, kencang dan halus. Pengelupasan memberikan kulitmu menjadi sehat, berseri, dan lebih bercahaya sehingga secara alami menjadi "terang". Menghapus sel kulit yang tua yang mengandung pigmentasi gelap dari permukaan kulit dan meminimalkan munculnya bintik gelap dan noda sehingga produk ini juga dapat membuat kulit tampak lebih terang.

Makan diet seimbang dan minum banyak air juga akan membantumu untuk memiliki kulit cerah dan bercahaya, Bela!

Baca Juga : 5 Cara Memutihkan Wajah Agar Tidak Terlihat Kusam