Kamu mungkin sering menggunakan masker wajah dengan bahan alami, seperti misalnya tomat. Sebagai salah satu jenis sayuran yang mudah ditemui dan murah, tomat ternyata mengandung banyak manfaat, lho. Tomat mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Tomat juga mengandung potassium, vitamin A, vitamin B, dan magnesium. Lalu, apa saja sih manfaat menggunakan masker tomat untuk kulit wajahmu?

1. Melindungi kulitmu dari kanker kulit

8 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan yang Perlu Kamu TahuAbcnews.go.com

Paparan sinar matahari adalah faktor risiko untuk kanker kulit nonmelanoma. Tomat mengandung lycopene, zat karotenoid yang ditemukan di berbagai jenis buah-buahan. Senyawa alami ini memberi warna merah pada tomat. Likopen juga memiliki efek antikanker yang kuat.

2. Mengurangi risiko terbakar sinar matahari

8 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan yang Perlu Kamu TahuBlog.safetyglassesusa.com

Tomat bukan pengganti tabir surya, tapi likopen didalamnya memiliki efek perlindungan yang baik. Mengonsumsi tomat yang kaya akan likopen dapat menurunkan sensitivitas terhadap radiasi UV. 

3. Mempercepat penyembuhan luka

8 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan yang Perlu Kamu TahuStylecraze.com

1 cangkir tomat mengandung sekitar 30 gram vitamin C. Vitamin C umumnya ditemukan dalam produk perawatan kulit. Vitamin C dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan ikat baru yang juga dapat membantu memperbaiki luka dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Meredakan peradangan kulit

8 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan yang Perlu Kamu TahuTapitata.com

Beberapa senyawa dalam tomat memiliki efek antiinflamasi. Senyawa ini meliputi likopenbeta, karoten, lutein, vitamin E, dan vitamin C. Ketika dioleskan pada kulit, senyawa ini dapat membantu meringankan rasa sakit yang akibat iritasi kulit atau karena terbakar sinar matahari. 

5. Meningkatkan produksi kolagen

8 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan yang Perlu Kamu TahuFamilylivingtoday.com

Tomat adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Selain meningkatkan sistem kekebalanmu, vitamin C dapat membantu merangsang produksi kolagen. Jika, diaplikasikan secara topikal, vitamin C dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit. Hal itu bisa membuat kulitmu menjadi lebih kencang. 

6. Membantu mengangkat sel kulit mati

8 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan yang Perlu Kamu TahuTamara.com.ng

Pengelupasan menghilangkan sel kulit mati. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan dan penampilan kulitmu. Enzim dalam tomat dapat merangsang pengelupasan kulitmu ketika diaplikasikan pada kulit.

7. Memiliki sifat anti-penuaan

8 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan yang Perlu Kamu TahuEarth.com

Vitamin B sangat penting untuk kesehatan kulit. Tomat memiliki vitamin B yang lengkap, mulai dari B-1, B-3, B-5, B-6, sampai B-9. Vitamin ini memiliki sifat anti-penuaan. Zat ini terbukti mengurangi bintik-bintik hitam, garis-garis halus, dan kerutan. Vitamin B juga berkontribusi pada perbaikan sel. Mereka dapat mengurangi hiperpigmentasi dan kerusakan akibat sinar matahari. 

8. Dapat melembapkan kulit

8 Manfaat Masker Tomat untuk Kecantikan yang Perlu Kamu TahuJanoos.ca

Kulit kering yang tidak diobati dapat menyebabkan gatal-gatal, pecah-pecah, dan mengelupas. Minyak dan krim pelembab dapat mengatasi kekeringan. Kamu juga bisa menggunakan masker jus tomat mengatasi kulit kering.Tomat adalah sumber kalium yang sangat baik. Penurunan kadar kalium dapat menyebabkan kulit kering. Jadi, menggunakan tomat untuk kulit keringmu sangat bermanfaat, lho.

Nah, itu dia manfaat menggunakan masker tomat untuk wajahmu. Sangat banyak bukan? Jadi, jangan ragu menggunakannya ya, Bela. Selamat mencoba!