Lulur atau body scrub adalah salah satu perawatan kulit yang biasa dilakukan oleh kaum hawa. Selain mudah dilakukan, body scrub juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Dengan melakukan luluran, sel-sel kulit mati yang ada di tubuhmu terangkat dan membuat tubuhmu menjadi lembut dan halus. Walau memberikan manfaat yang bagus untuk tubuh, luluran hanya bisa dilakukan maksimal seminggu dua kali, ya!

Saat ini berbagai macam jenis body scrub dapat ditemukan dengan mudah. Tentunya jenis-jenis body scrub ini memberikan manfaat yang berbeda untuk kulit tubuhmu. Penasaran dengan jenis body scrub yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu? Yuk, cari tahu lewat tulisan ini!

1. Salt Body Scrub

Jenis Body Scrub yang Bisa Dicoba Sesuai Kebutuhanmupexels.com

Jika kamu pemilik kulit berminyak dan mudah berjerawat, cobalah body scrub berbahan dasar garam laut. Garam dikenal sebagai eksfoliator alami. Menggunakan salt body scrub membantu menghilangkan minyak berlebih dan dapat membunuh bakteri yang ada di kulit tubuhmu.

2. Sugar Body Scrub

Jenis Body Scrub yang Bisa Dicoba Sesuai Kebutuhanmupexels.com

Terlalu banyak makan gula memang tidak baik untuk tubuh, namun jika digunakan untuk scrub malah membawa banyak keuntungan. Body scrub berbahan dasar gula pasir atau gula merah cocok untuk kamu yang berkulit sensitif dan kulit normal hingga kering. Hal ini karena butiran gula cenderung lebih halus. Sugar body scrub akan mengunci kelembapan tubuhmu dan mendorong pergantian sel lebih cepat.

3. Coffee Body Scrub

Jenis Body Scrub yang Bisa Dicoba Sesuai Kebutuhanmupexels.com

Selain dijadikan minuman, kopi juga bisa menjadi salah satu bahan dasar body scrub-mu. Selain aroma kopi yang menenangkan, body scrub berbahan dasar kopi sangat bagus untuk melawan selulit dan mengencangkan kulit. Untuk kamu pencinta kopi, tertarik mencoba?

4. Herbal Body Scrub

Jenis Body Scrub yang Bisa Dicoba Sesuai Kebutuhanmupexels.com

Tidak ada resep pasti dalam herbal body scrub. Kamu bisa memilih bahan herbal yang disukai, seperti lavender, kulit jeruk, hingga rosemary. Efeknya pun akan berbeda sesuai bahan yang kamu pilih.

5. Moisturizing Body Scrub

Jenis Body Scrub yang Bisa Dicoba Sesuai KebutuhanmuUpcominghealth.com

Kelembapan menjadi salah satu masalah untuk pemilik kulit kering, maka body scrub ini sangat cocok untuk mereka. Umumnya body scrub ini mengandung oatmeal, serat berry, atau biji kacang.