Masalah jerawat adalah salah satu masalah yang belum bisa benar-benar saya tuntaskan sejak usia belasan tahun. Memiliki kulit berminyak, dehidrasi dan sensitif membuat saya jadi langganan singgahnya jerawat, terutama yang berjenis whiteheads dan pustules. Walaupun sudah jauh berkurang sejak menginjak usia 30an, kulit saya bisa langsung berjerawat kembali jika kurang tidur, stress atau sedang tidak mengawasi asupan makanan.

Sejak awal 2020, kulit saya kian membaik karena jarang menggunakan makeup dan rajin skincare-an akibat banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Tapi bulan Agustus 2020 atau sekitar 5 bulan lalu, saya tengah menghadapi kondisi pekerjaan yang cukup stressful. Otomatis, jam tidur terganggu dan diikuti kebiasaan makan buruk (I'm an emotional eater, will talk about this other time) dan stress yang melanda. Hanya dalam kurun waktu sebulan, wajah saya sukses dipenuhi breakout. Whiteheads dan comedones berkumpul di daerah pipi, dagu dan leher.

Review: Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot SolutionDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Untungnya, saya sudah memiliki rutinitas untuk meredakan jerawat yang aktif. Walaupun begitu, hingga bulan November 2020 kulit wajah saya masih banyak dipenuhi bekas jerawat yang tak kunjung hilang (memang sih, akhir tahun 2020 lalu saya lagi malas sekali menggunakan skincare). Minggu pertama Desember 2020, saya menerima sebuah PR Package super extra dari Kiehl's Indonesia. Terbalut rapi dalam kemasan kayu ramah lingkungan berbentuk boom box, Kiehl's Indonesia mengirimkan Limited Holiday Edition tahun 2020 yang bekerjasama dengan ilustrator Maite Franchi. Buat kamu yang ketinggalan koleksi ini, tidak usah khawatir karena Kiehl's selalu mengeluarkan limited holiday edition setiap akhir tahunnya. Penasaran deh, akhir tahun 2021 ini siapa yang akan diajak kolaborasi oleh Kiehl's untuk Limited Holiday Edition mereka!

Review: Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot SolutionDok. Popbela.com/Judithya Pitana

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media. 

Tentu saja package ini tiba dengan Advent Calendar berisi rangkaian produk Kiehl's yang pernah dibahas di media sosial Popbela. Selain limited edition packaging yang sangat menggemaskan, ada satu produk yang jadi highlight buat saya. Di antara produk yang dikirimkan, saya menemukan Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot Solution, atau yang sering juga disebut sebagai salah satu holy grail skincare pemudar bekas jerawat. Very convenient, karena saat itu saya baru saja kehabisan serum vitamin C, dan langsung ingin mencoba khasiat dari Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot Solution ini.

Review: Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot SolutionDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Kiehl's sendiri sudah menjadi langganan dalam rangkaian skincare yang selalu saya gunakan, di antaranya Calendula Toner dan Midnight Recovery Serum (yang bekerja dengan sangat baik di kulit saya saat menggunakan retinoid!). Brand kecantikan asal Amerika yang sudah ada sejak tahun 1851 ini saya sukai berkat inovasi dan sentuhan klinisnya. Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot Solution sendiri diformulasikan menggunakan beberapa bahan alami, yang dikombinasikan dengan formula klinis untuk bisa memudarkan bekas jerawat serta menghaluskan tekstur serta warna kulit. Tiga bahan utama yang saya perhatikan pada produk ini adalah kandungan Activated C, White Birch dan Peony Extract.

Review: Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot SolutionDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Activated C: Vitamin C derivative yang dapat memudarkan dark spots dan mencegah formasi baru dari warna kulit tidak rata. Kandungan Vitamin C yang potent ini dapat menyerap dengan cepat dan dalam ke lapisan kulit, membantu meratakan warna kulit sekaligus mencerahkan.

White Birch Extract: Dikenal dengan kapabilitasnya untuk menghidrasi dan menutrisi kulit. Bahan aktif ini menyempurnakan Activated C untuk meratakan warna kulit.

Peony Extract: Sering digunakan di obat-obatan tradisional Tiongkok, ekstrak bunga peoni memiliki antioksidan natural yang melindungi kulit. Dalam produk ini, tugasnya adalah untuk memaksimalkan kulit agar lebih bersih dan cerah.

Review: Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot SolutionDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Hadir dalam kemasan botol kaca yang cantik dilengkapi ilustrasi Maite Franchi, produk ini langsung jadi pusat perhatian di antara skincare saya yang lain. Walau cantik dilihat, tapi packaging botol kacanya memang sedikit tricky jika dibawa traveling, ya. Pengambilan produk dengan pipet juga cukup rumit, because I don't like to see air bubbles on my skincare products. Walau begitu, hal tersebut tidak mengurangi semangat saya rutin menggunakan serum ini. Karena sedang mengalami kondisi bekas jerawat yang cukup parah, serta masih ada beberapa jerawat aktif di wajah, saya memutuskan untuk menggunakan produk ini bersamaan dengan serum lain dengan kandungan salicylic acid, dan saya gunakan selang-seling dengan penggunaan retinoid plus Midnight Recovery Serum di malam hari. Tentu saja, penggunaan sun screen yang maksimal selalu saya gunakan selama satu bulan belakangan.

Review: Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot SolutionDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Begini perbandingan kondisi kulit saya berselang kurang lebih satu bulan. Sangat memuaskan, bukan? Tentu saja, ada berbagai skincare lain yang saya gunakan dalam rangkaian sehari-hari, dan Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot Solution jadi salah satu penyelamat kulit saya dari jerawat dan bekasnya yang membandel. Hanya dalam sekitar satu bulan, saya merasakan tekstur kulit jadi lebih halus, dengan pori-pori kian mengecil. Banyak bekas jerawat yang sangat memudar, dan kemerahan pada wajah jauh berkurang. Kulit juga terasa lebih lembut dan kenyal, thanks to all the products I've been using (Check out my Instagram page highlight to see other products that works well on my skin). Memang sih, belum sepenuhnya pudar dan bersih dari bekas jerawat, but I am happy with the progress!

Review: Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot SolutionDok. Popbela.com/Judithya Pitana

Salah satu hal yang saya cintai dari produk ini adalah kemampuannya untuk menyerap dengan cepat di kulit tanpa menimbulkan bau dan rasa lengket, tidak seperti Vitamin C serum pada umumnya. Teksturnya cukup cair, almost watery, dan dapat diratakan dengan cepat di kulit saya. Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot Solution ini juga cukup melembabkan di kulit, walaupun pada malam hari saya tetap menambahkan produk hidrasi lainnya. Overall, saya merasakan kulit menjadi lebih cerah sejak menggunakan serum ini. Harganya memang termasuk di kategori medium - high, tapi khasiatnya cukup terasa dengan baik, apalagi jika digunakan dengan rutin dan telaten.

Rating saya untuk Kiehl's Clearly Corrective Dark Spot Solution: 4,5 dari 5 bintang