Melembabkan wajah menjadi salah satu kewajiban dalam rutinitas skincare yang dijalani. Dengan rajin menggunakan moisturizer atau pelembap wajah, bukan saja wajah kita menjadi lebih halus dan lembap, rutin mengaplikasikannya dapat menutrisi wajah kita dan membuatnya lebih sehat. Tapi, pernahkah kamu merasa pelembapmu tidak berfungsi dengan baik? Atau wajahmu tetap tidak terasa lembap tidak peduli semahal apapun pelembap wajahmu atau sebanyak apapun produk yang kamu gunakan? Mungkin ini penyebabnya!

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Pelembapmu Bekerja Maksimal!

Jika kamu mengaplikasikan pelembapmu dengan cara memijatnya sambil memutar jarimu guna meratakannya, mungkin inilah salah satu penyebabnya tidak berfungsi. Dengan melakukan ini, sama saja kamu menghapus pelembab dengan jarimu. Mulai sekarang, ganti caramu dengan mengaplikasikan pelembap di titik-titik wajah seperti jidat, pipi, dan dagu, lalu baurkan dengan cara menepuk-nepuk bagian tersebut dengan jari secara lembut. Jangan lupa untuk menggunakan pelembapmu sesaat setelah mencuci wajah, saat kondisinya masih lembap, agar produk yang kamu  gunakan dapat terserap dengan sempurna.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Pelembapmu Bekerja Maksimal!

Sel kulit mati pada wajah menjadi salah satu masalah yang memberikan dampak buruk. Tidak hanya membuat wajah terlihat kusam dan terasa kasar, sel kulit mati membuat pori tersumbat sehingga menghalangi masuknya nutrisi atau vitamin dari pelembap yang kamu aplikasikan. Untuk itu, penting untuk rajin melakukan eksfoliasi pada wajah, minimal 2 kali seminggu, agar sel kulit mati terangkat. Kamu bisa menggunakan produk scrub yang tersedia di pasaran, atau jika kamu memiliki kulit sensitif kamu bisa menggunakan DIY recipes seperti campuran gula dan madu atau oatmeal dengan sedikit susu.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Pelembapmu Bekerja Maksimal!

Ketika mencari pelembap wajah, pastikan kamu memerhatikan komposisi yang terkandung di dalamnya. Jangan sekadar mencari yang bisa memutihkan atau mencerahkan, tapi cari yang dapat menghidrasi wajah secara baik. Periksa apakah pelembap wajahmu sudah mengandung Hyaluronic Acid yang mampu menyeimbangkan dan mempertahankan kelembapan wajah, glycerin yang dapat membuatnya halus serta mengurangi kekeringan pada wajah, dan ceramides yang merupakan molekul di lapisan terluar kulit, mampu untuk melindungi wajah agar tidak kehilangan kelembapannya.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Pelembapmu Bekerja Maksimal!

Jika kamu memiliki kulit berminyak, hindari penggunaan pelembap wajah yang oil-based dan memiliki konsistensi terlalu creamy, tapi pastikan kamu menggunakan yang berbahan dasar air. Jika kamu memiliki kulit kering, berarti pelembab bebentuk krim akan memberi manfaat yang luar biasa untuk wajahmu. Jadi, pastikan kamu mengetahui jenis kulit wajahmu dengan benar agar kamu bisa memilih pelembap yang sesuai.

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Pelembapmu Bekerja Maksimal!

Kunci dalam melakukan perawatan wajah adalah konsistensi. Jika hari kamu kamu melakukannya, lalu besoknya tidak, dan begitu seterusnya, jangan kecewa jika perawatan wajahmu tidak berhasil. Begitu pula dengan menggunakan moisturizer. Diperlukan waktu dan ketelatenan dalam menggunakannya agar hasilnya dapat terlihat. Lakukan setiap hari, pagi dan malam. Jika kamu rajin memakainya, tidak ada lagi kalimat pelembapmu tidak bekerja.

Semoga bermanfaat, Bela!

BACA JUGA: Kamu Wajib Coba! 5 Rekomendasi Produk Pelembab Wajah untuk Kulit Berminyak